Kamis, 22 November 2012

Sakit Tenggorokan? Hindari 6 Makanan & Minuman Ini

img Perubahan cuaca seringkali ditandai dengan datangnya beberapa penyakit, salah satunya sakit tenggorokan. Biasanya sakit tenggorokan juga disertai dengan batuk. Meminum teh herbal atau obat batuk mungkin bisa menyembuhkan sakit yang satu ini. 

Namun perlu diketahui, ada beberapa makanan dan minuman yang seharusnya Anda hindari. Misalnya, secangkir kopi panas bisa membuat Anda lebih nyaman namun dapat memperburuk sakit tenggorokan. Seperti yang dikutip dari Boldsky, ini beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari ketika nyeri tenggorokan.

1. Makanan Asam
Makan asam seperti acar, buah jeruk, jus lemon, atau permen asam bisa membuat tenggorokan Anda menjadi lebih gatal dan menyakitkan. Hindari juga makanan yang mengandung banyak cuka atau vinegar.

2. Makanan Pedas
Ketika tengorokan terasa nyeri, sebaiknya tidak lagi mengonsumsi makanan pedas dan berbumbu. Cabai, pala, cengkeh, black pepper atau rempah-rempah lainnya yang dapat membahayakan sakit tenggorokan.

3. Produk susu
Banyak orang yang menyarankan untuk meminum segelas susu coklat hangat untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun nyatanya, produk susu bis memperburuk nyeri pada tenggorokan. Oleh karena itu hindarilah makanan atau minuma yang terbuat dari susu.

4. Makanan Kering
Tidak hanya membuat tenggorokan semakin sakit, makanan kering juga biasanya lebih sulit ditelan. Hindari memakan kacang-kacangan, biskuit dan makanan kemasan lainnya. Ada baiknya Anda memakan makan yang lembut dan mengandung air agar lebih mudah tertelan dan tidak menimbulkan rasa nyeri.

5. Kafein
Secangkir kopi hangat dapat membuat tenggorokan Anda terasa lebih baik, tapi itu hanya bersifat sementara. Setelah itu, biasanya tenggorokan menjadi lebih gatal dan sakit. Ketimbang kopi, lebih baik cobalah teh herbal seperti teh jahe hangat. Minum dengan air hangat untuk menghindari gatal.

6. Alkohol
Minuman seperti rum dan brandy dapat membuat tubuh terasa hangat di musim hujan seperti sekarang ini. Tapi sayangnya, minuman ini justru bisa memperburuk keadaan tenggorokan Anda yang sedang sakit. Hindari mengonsumsi alkohol, jika Anda ingin menyebuhkan sakit tenggorokan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar