Sabtu, 29 Oktober 2011

Setting Email Di Telepon Genggam Anda



Haryo Dewanto
Andai berlangganan blackberry terlalu mahal bagi teman-teman, ini ada yang murah dan tentunya jika telepon genggam Anda mendukungnya. Email yang kita miliki bisa diakses lewat telepon genggam dengan mudah, semudah menerima dan mengirim SMS. Untuk mendapatkan fasilitas ini, perlu setting dulu di telepon genggam. Dan jangan takut semua operator kini telah mendukung. Mau tahu caranya?
Walau belum bisa bersaing dengan SMS, Email di telepon genggam semakin populer saja. Padahal jika dihitung-hitung fasilitas yang mengandalkan internet ini bisa lebih murah. Namanya “Push Mail”. Jika ada pesan baru akan langsung masuk ke ponsel layaknya SMS. Bagi teman-teman yang menggunakan email di Gmail.com, Yahoo.co.id dan email perusahaan/pribadi bisa menggunakan fasilitas ini dengan gratis, asal email Anda mendukung layanan POP3/SMTP.
Bagaimana setting/configurasi agar dapat menggunakan fasilitas ini, Berikut yang teman-teman harus dilakukan:
1. Gmail
Email : user@gmail.com
Password : 123456
Maka settingnya adalah sebagai berikut:
Mailbox name : Gmail
Akses point : Pilih sesuai dengan operator Anda (misal: gprstelkomsel)
Alamat email : user@gmail.com
Username : user@gmail.com
Password : 123456
Outgoing Mail server : smtp.gmail.com
Incoming Mail server : pop.gmail.com
Mailbox type : POP3
Incoming Port : 995
Outgoing Port : 465
SSL : ON
Authentication : On
2. Yahoo.co.id
Email : user@yahoo.co.id
Password : 123456
Maka settingnya adalah sebagai berikut:
Mailbox name : Yahoo
Akses point : Pilih sesuai dengan operator Anda (misal: gprstelkomsel)
Alamat email : user@yahoo.co.id
Username : user
Password : 123456
Outgoing Mail server : smtp.mail.yahoo.co.id
Incoming Mail server : pop.mail.yahoo.co.id
Mailbox type : POP3
Incoming Port : 995
Outgoing Port : 465
SSL : ON
Authentication : On
Untuk informasi bahwa, yahoo.com tidak bisa dipakai untuk Outlook Xxpress, artikel di atas hanya untuk yahoo yang support POP3 seperti, Yahoo.co.uk, yahoo.com.sg, yahoo.co.id, yahoo.fr.
3.Email perusahaan/pribadi
perusahaan.info
Email : user@perusahaan.info
Password : 123456
Maka settingnya adalah sebagai berikut:
Mailbox name : perusahaan
Akses point : Pilih sesuai dengan operatormu (misal: gprstelkomsel)
Alamat email : user@perusahaan.info
Username : user@perusahaan.info
Password : 123456
Outgoing Mail server : mail.perusahaan.info
Incoming Mail server : mail.perusahaan.info
Mailbox type : POP3
Incoming Port : 110
Outgoing Port : 25
SSL : Off
Authentication : On
Catatan kalau dengan “@” tidak dapat akses, Anda bisa gunakan “%” atau”+”.
Setting di atas berlaku secara umum dan untuk semua jenis ponsel. Jadi hanya perlu disesuaikan saja dengan jenis/tipe telepon genggam. Jika menggunakan email perusahaan/pribadi, silakan tanyakan langsung ke bagian teknologi informasi perusahaan tempat Anda bekerja mengenai setting hosting untuk Incoming Mail Server dan Outgoing Mail Server-nya.
Semoga bermanfaat.

Kisah Para Gadis Cantik Penjual Sapi






Mereka tertarik karena merupakan profesi yang unik.


Desy Afrianti, Nila Chrisna Yulika
Ladies Cowboy, penjual sapi di Depok. (Nila Chrisna/VIVAnews)
 Via, gadis cantik berkemeja kotak-kotak merah dengan jeans hitam dan sepatu boath lengkap ditambah topi ala cowboy dengan ramahnya melayani calon pembeli sapi.

Saat dihampiri VIVAnews.com, Via langsung memperkenalkan diri sebagai ladies cowboy. Dia enggan disebut Sales Promotion Girl (SPG).

"Jangan sebut kami SPG, kesannya nanti beda karena kami sebenarnya stafnya pak haji, namanya Ladies Cowboy," kata Via di showroom sapi H Doni, di Jalan Akses Kepala Dua, Cimanggis, Depok, Sabtu 29 Oktober 2011.

Dia keberatan disebut SPG karena menurutnya, dia memang staf. "Dari awal, saya sudah stafnya pak haji dari dua tahun yang lalu. Saya membantu pelayanan penjualan," katanya.

Mahasiswi semester akhir di salah satu universitas swasta di Jakarta Selatan ini tertarik bekerja menjual sapi karena menurutnya ini adalah profesi yang unik.

"Kok lucu sih. Kerjanya lucu, hal yang unik. Banyak yang tertarik juga pengen bergabung," kata mahasiswi jurusan design grafis.

Lalu bagaimana bisa bekerja di tempat ini? "Teman saya mencari tempat buat magang, yang kebetulan dia mengambil jurusan peternakan. Dia datang ke sini, lalu tiba-tiba pak haji berfikir untuk memeriahkan penjualan sapinya. Akhirnya, teman saya ajak kami untuk bergabung," ujarnya.

Via menambahkan, orang tuanya tak keberatan dia menjalani profesi ini. "Orang tua sudah tau, dan tidak keberatan," ungkap dia.

Dia mengaku paham mengenai jenis-jenis sapi karena sebelum bekerja, terlebih dahulu ditraining mengenai sapi. "Tahu, kami juga dikasih pengajaran untuk tahu jenis-jenis sapi," tuturnya.

Selama menjalani profesi ini, Via mengaku tidak pernah mendapati pembeli yang jahil. Sebaliknya, kata dia, showroom sapi milik bosnya menjadi semakin ramai pembeli.
"Tidak ada pembeli yang usil, selama ini sopan semua kok. Malah semakin banyak yang beli," terang Via.

Meski demikian, Via mengungkapkan penjualan sapi milik bosnya semakin ramai pembeli bukan karena adanya Ladies Cowboy. "Tapi karena sapinya bagus-bagus dan sudah terkenal Pak Haji Doni," kata dia.

Via juga membantah bosnya menyuruh dia dan teman-temannya menggunakan pakaian yang seksi untuk menarik pengunjung.
"Kami tidak pernah pakai celana pendek, watu itu kami salah kostum, ada kesalahan informasi mengenai seragam, kami kira menggunakan celana pendek tapi ternyata tidak," dia menjelaskan.
• VIVAnews

PDIP: Rakyat Kini Tak Perlu Pusing Biaya RS




DPR dan pemerintah telah sepakat mengesahkan RUU BPJS menjadi undang-undang semalam

Syahid Latif, Mohammad Adam
Seorang warga penerima Jamkesmas (Subekti | Surabaya Post)

  Pengesahan Undang-undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang sempat mengalami ketidakjelasan 7 tahun diharapkan bisa membuat masyarakat Indonesia tidak lagi pusing memikirkan biaya rumah sakit.
Hal tersebut disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, dalam keterangan tertulis yang diperoleh VIVAnews.com, Sabtu, 29 Oktober 2011. "Ini hari yang bersejarah bagi bangsa kita," kata dia.
Puan menjelaskan, dengan adanya UU BPJS yang memberikan kepastian penyelenggaraan sistem jaminan sosial nasional (SJSN), masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke kini tak perlu lagi khawatir ketika mengalami sakit.  "Karena sudah dijamin oleh negara," ujar Puan.
Sebagai informasi, DPR dan pemerintah semalam menyepakati pengesahaan RUU BPJS menjadi undang-undang. DPR dan pemerintah sepakat bahwa BPJS Kesehatan akan berjalan penuh tanggal 1 Januari 2014. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan, akan didirikan 1 Januari 2014 dan berlaku penuh paling lambat bulan Juli 2015.

UU BPJS adalah kelanjutan dari UU Nomor 40/2004 tentang SJSN yang disahkan di masa Presiden Megawati Soekarnoputri. UU ini belum dapat direalisasikan sebelum ada undang-undang yang mengatur tentang lembaga pelaksanaannya.
Karena pembahasan RUU BPJS memakan waktu, menurut Puan, sejak diundangkan pada tahun 2004 SJSN tetap menjadi sebuah mimpi hingga sekarang. Untuk itu, Puan mengaku gembira dengan pengesahan UU BPJS tersebut. Sebab, dengan pengesahan itu, sistem jaminan sosial nasional saat ini sudah dapat diterapkan.
"Sekarang sistem jaminan sosial nasional sudah memiliki kejelasan dengan hadirnya BPJS," imbuh Puan seraya memastikan bahwa kehadiran BPJS akan benar-benar dirasakan oleh seluruh masyarakat.
• VIVAnews

Pangeran Charles Mengaku Keturunan Drakula

Karena itulah, dia membeli rumah di Transylvania.

Denny Armandhanu
Pangeran Charles (VIVAnews/Tri Saputro)
 
  Pangeran kerajaan Inggris, Charles, mengungkapkan bahwa dia adalah keturunan Vlad si Pembantai, tokoh yang menginspirasi karakter Drakula. Karena itu, dia merasa berkewajiban untuk melestarikan wilayah Transylvania, Rumania, tempat Drakula tinggal.
Dilansir dari Time, Sabtu 29 Oktober 2011, Charles menyampaikan hal ini pada sebuah siaran televisi di Inggris, Wild Carpathia. Dia mengatakan, berdasarkan nasab keluarga kerajaan, Vlad si Pembantai terhubung dengan nenek moyangnya, Ratu Mary.
Atas dasar hubungan nasab inilah, Charles membeli rumah di wilayah hutan Transylvania. Dia bersama pemerintah setempat berupaya melestarikan wilayah yang disebutnya sebagai harta karun Rumania tersebut.
"Transylvania mengajarkan kita banyak. Ini adalah sudut terakhir di Eropa yang masih asri. Kita harus mempelajarinya sebelum terlambat," kata Charles.
Menurut pembawa acara tersebut di Daily Mail, Charlie Ottley, Charles terlihat bangga memiliki keturunan seorang pembantai. Walaupun, seharusnya tidak ada yang perlu dibanggakan.
Nama Vlad diganti menjadi Drakula, vampir penghisap darah, dalam novel besutan Bram Stoker tahun 1857 bukan tanpa alasan. Ketika berusaha menguasai Eropa pada abad ke-15, Vlad membantai 80.000 orang. Kepala korbannya dipajang diujung tongkat, memenuhi seluruh purinya.
• VIVAnews

DUA PENYAMUN SATU YESUS

Baca: Lukas 23:33-43



Lalu ia berkata: “Yesus, ingatlah aku, apabila Engkau datang sebagai Raja” (Lukas 23:42)


Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 1-4


Dua orang, pada satu tempat, satu waktu, dihadapkan pada hal yang sama, ternyata bisa membuat dua keputusan berbeda. Ini terjadi pada dua penyamun yang disalibkan bersama Yesus. Masing-masing di samping kiri dan kanan-Nya. Mereka menerima hukuman itu karena kejahatan yang sudah mereka lakukan.

Sebelum sampai ke salib, kedua penyamun ini mungkin sudah malang-melintang di dunia kejahatan. Namun, aha, siapa lelaki di tengah ini? Apa kejahatan yang Dia perbuat? Mengapa Dia diam ketika disesah sedemikian rupa? Benarkah Dia menyebut diri-Nya Raja?

Penyamun pertama menghujat Yesus. Mungkin ia berpikir, jika orang yang berbuat baik dan berbuat jahat sama saja nasibnya, untuk apa menyusahkan diri dengan sedikit kebaikan dan empati? Penyamun kedua, walau awalnya menghujat, tertegun dengan sosok Yesus. Ada kepasrahan dan sikap koreksi diri darinya. Ada keyakinan bahwa kebenaran itu tetap ada walaupun tersangkut di tiang salib: Yesus tak bersalah. Saya bersalah.

Kepada Yesus, penyamun kedua menyampaikan permintaanya: “Yesus, ingatlah aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.” Ia hanya meminta Yesus mengingatnya. Itu lebih dari cukup baginya. Namun, Yesus memberi jauh melebihi yang ia minta. Tidak sekadar mengingat, tetapi hari itu juga ia bersama dengan Yesus di Firdaus.

Dua orang, satu waktu, satu tempat, satu kejadian, memandang satu Yesus. Apa yang mereka lihat dalam diri Yesus bisa berbeda satu sama lain, tetapi orang yang memilih yang terbaik, sudah bersama-sama dengan Yesus di Firdaus hari itu juga. Bagaimana dengan kita? —SL

BISA ADA BANYAK PANDANGAN ORANG TERHADAP YESUS
NAMUN YANG PENTING: BAGAIMANA KITA MEMANDANG YESUS?

INILAH FOTO MAHASISWI TELANJANG DI DEPAN KAMPUS UK PETRA SURABAYA

BlackBerry Messenger (BBM). Beberapa situs berita sudah memasang foto tersebut namun sudah diblur. Saya mencoba mencari foto mahasiswa telanjang yang asli tersebut, namun sepertinya hampir semua foto yang diupload sudah diblur.





Motif mahasiswi telanjang tersebut diduga stress karena diputus pacar. Beberapa sumber menyebutkan hubungan mahasiswi berinisial F tersebut sedang rumit dengan seorang pria berinisial R. R mengaku kecewa terhadap F karena sulit diatur, yang berujung pada pemutusan hubungan kekasih (PHK).

F pun menjadi stress dan nekad telanjang di keramaian, hingga tubuh mulusnya menjadi tontonan banyak orang. Walah...
sumber:http://bookingcewek.blogspot.com

Kekurangan Wanita, Istri Dibagi di India

Jika menolak, mereka disiksa. Seorang wanita bahkan mengaku dibakar.


Denny Armandhanu

Wanita di India, korban perdagangan manusia (REUTERS/TrustLaw/Nita Bhalla)
Kepercayaan primitif India yang mengagungkan anak lelaki dan menafikkan kelahiran wanita berujung pada timpangnya jumlah kedua gender. Hal ini, menciptakan praktek yang bertentangan dengan moral, yaitu berbagi istri dengan para saudara.

Hal ini terjadi di wilayah utara India, tepatnya di distrik Baghpat, hanya sekitar dua jam dari kota metropolitan New Delhi. Adalah Munni, wanita pertengahan 40an yang mengisahkan penderitaannya menjadi seorang istri dari suami sekaligus pemuas nafsu adik-adik suaminya.
"Suamiku dan orangtuanya bilang, saya harus membagi diri saya dengan adik-adiknya," kata Munni, dikutip dari Daily Mail, Sabtu 29 Oktober 2011.
Dua adik suaminya adalah bujangan lapuk yang tidak memiliki istri. Antara lain disebabkan tidak mencukupinya jumlah wanita di desa tersebut. Munni saat ini memiliki tiga orang anak, hasil hubungannya dengan suami, dan dua adiknya.

"Mereka menggagahi saya kapanpun mereka mau, siang atau malam. Jika saya menolak, mereka memukuli saya dengan apa saja. Kadang mereka mengusir saya untuk tidur di luar, saya juga pernah disiram minyak tanah dan dibakar," kisah Munni yang akhirnya berhasil kabur.

Munni hanyalah satu dari puluhan wanita di Baghpat yang mengalami hal yang sama. Kasus-kasus penyiksaan dan penyimpangan ini kebanyakan tidak dilaporkan ke polisi. Wanita-wanita ini jarang dapat keluar rumah sendirian, sehingga sulit untuk kontak dengan dunia luar.

Warga desa mengatakan praktek berbagi istri ini memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah menghindari perpecahan akibat berebut lahan dan aset di antara para pewaris keluarga. Selain itu, praktek ini juga membebaskan wanita miskin dengan menikahinya, mendapatkan nafkah dari banyak lelaki.

Bhagyashri Dengle, direktur eksekutif Children's Charity Plan India, mengatkaan praktek ini terjadi akibat menurunnya jumlah wanita dibandingkan lelaki. Kebanyakan warga di India mengaborsi bayi wanita karena dianggap tidak berguna di masa depan.

"Kita harus melakukan sesuai jika tidak situasi akan memburuk. Wanita di India akan semakin beresiko diculik, diperkosa atau jauh lebih buruk lagi," kata Dengle.
Menurut sensus India tahun 2011, saat ini hanya terdapat 858 wanita untuk 1.000 orang lelaki di Baghpat. Jumlah wanita terus menurun. Hal ini juga terjadi di distrik Haryana, Punjab, Rajashtan dan Gujarat.
"Di setiap desa, terdapat lima atau enam bujangan yang tidak dapat menemukan istri. Dalam satu keluarga, terdapat tiga atau empat lelaki yang belum menikah," kata Dengle lagi.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah membeli pengantin dari distrik lain seharga 15.000 rupee atau sekitar Rp2,7 juta. Namun, inipun hanya membawa penderitaan kepada kaum wanita, karena kebanyakan harus menikah dengan lelaki yang jauh lebih tua.
• VIVAnews

Jumat, 28 Oktober 2011

Seorang Pria CUPU Mimisan Saat Melihat Wanita Cantik

Seorang pria tampaknya tertarik untuk mengambil foto para wanita cantik dan seksi pada sebuah panggung pameran yang dikunjungi….Ternyata ngeliat gadis cantik bisa berefek pendarahan pada hidung loh gan !















http://www.dhaniels.com/2011/10/seorang-pria-cupu-mimisan-saat-melihat.html#ixzz1btZisc5r

Eeh Lahirkan Bayi Tanpa Hamil Dulu, Aneh!



image
Seorang warga Kampung Sindangsaluyu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang, Cianjur, Jabar, Rabu, melahirkan tanpa hamil terlebih dahulu.
Eeh (35) ibu rumah tangga istri dari Oman (45), warga tersebut, melahirkan bayi tanpa hamil terlebih dahulu, selang beberapa saat merasakan sakit teramat sangat di bagian perutnya.

Gejalanya dirasakan Eeh, sepulang dari kebun, sesampainya di rumah, dia merasakan sakit di bagian perut, layaknya orang yang hendak buang air dan langsung menuju kamar mandi.
    
Betapa terkejutnya dia, saat berada di kamar mandi, tiba-tiba perutnya membesar layaknya orang yang sedang hamil. Mendapati hal tersebut, setengah berteriak, dia meminta suaminya segera memangil dukun beranak.

Melihat kondisi istrinya yang mendadak hamil itu, Oman segera menjemput dukun beranak untuk memeriksa perut isterinya. Dari keterangan dukun beranak tersebutlah diketahui, perut Eeh berisi janin yang sudah siap dilahirkan.

Namun, ketika dukun beranak pamit sebentar pulang kembali ke rumahnya, untuk mengambil peralatan melahirkan, jabang bayi berkelamin perempuan yang ada di rahim Eeh, akhirnya keluar dengan kondisi sudah bersih dengan berat 2,5 Kilogram.

"Bayi yang keluar dari dalam rahim istri saya itu, sangat cantik sekali. Meskipun kami tidak menyangka akan punya bayi lagi," kata Oman.
    
Meskipun terkejut dengan peritiwa yang tergolong aneh bagi pasangan suami istri dan warga sekitar itu, keduanya mengaku bahagia, memiliki anak ke lima yang diberi nama Anggi Anggraeni.

"Tidak ada tanda-tanda sama sekali, bahkan tidak ada firasat aneh yang sama alami. Namun tiba-tiba dalam satu hari, kami memiliki bayi yang sangat cantik," tutur Eeh, sambil mengendong bayinya.

Sementara itu, warga sekitar bahkan warga dari kampung tetangga, sejak mendapat kabar yang cukup mengegerkan itu, silih berganti berdatangan ke rumah keluarga Oman, untuk melihat bayi ajaib yang lahir dalam satu hari itu. (ant)
sumber:sehatnews.com

Hidangan Penyubur Untuk Wanita



image
Agar Anda subur, cobalah konsumsi makanan seperti yang kami sajikan dalam resep berikut. Siapa tahu tokcer
Banana Lemonade (Untuk 2 porsi)
Bahan :
• 2 buah pisang ambon
• 400 ml jus nanas
• 4 sdm air lemon
• 100 ml es krim rasa vanila
• 50 gram almond panggang, cincang kasar
Cara membuat :
1. Masukkan pisang, jus nanas, lemon, dan es krim rasa vanila ke dalam blender, haluskan.
2. Sajikan dalam gelas dan taburi dengan almond panggang.
Kandungan gizi per 1 porsi :
Energi : 203 kalori
Protein : 3.2 gram
Lemak : 6.5 gram
Karbohidrat : 38.6 gram
Sumber : Sexy & Tasty; Hidangan Aphrodisiac Peningkat Kesuburan Pria & Wanita (Hindah Muaris)

Hidangan Penyubur untuk Pria



image
Anak adalah dambaan hampir setiap pasangan yang sudah menikah. Namun tak semua bisa beruntung bisa mendapat momongan dengan cepat.
Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk memperbaiki kesuburan adalah merubah pola makan. Berikut adalah beberapa resep penyubur bagi pria dan wanita yang dikutip dariSexy & Tasty; Hidangan Aphrodisiac Peningkat Kesuburan Pria dan Wanita karangan Hindah Muaris :
Kerang Aprodit
Kerang banyak mengandung mineral seng yang berperan penting dalam pembentukan dan kualitas sperma. Untuk 5 porsi
Bahan :
• 500 gram kerang hijau
• 1 butir telur, kocok lepas bersama sedikit garam
• 50 gram tepung roti
• 100 gram keju parmesan (secukupnya)
Bumbu perendam :
• ½ sdm air jeruk lemon
• ½ sdm jahe parut
• 2 siung bawang putih, cincang
• ½ sdm cabai bubuk
• 1 sdm kecap inggris
Cara membuat :
1. Cuci bersih kerang hijau, keluarkan dagingnya dan bersihkan kulitnya.
2. Rendam daging kerang dalam bumbu perendam selama 30 menit. masukkan lagi ke dalam kulit kerang. Tambahkan 1 sdt telur ke masing-masing kerang. Taburkan tepung roti dan keju parmesan, lalu panggang dalam oven hingga matang.
Kandungan gizi perporsi :
Energi : 142 kalori
Protein : 19.9 gram
Lemak : 3.5 gram
Karbohidrat : 6.4 gram
sumber:sehatnews.com

Labu Siam Singkirkan Sembelit



image
Siapa yang mau jika harus mengalami sulit buang air besar? Tidak ada pastinya. Cobalah labu siam untuk mengatasinya.
Selama ini labu siam lebih sering disantap dalam bentuk sayur olahan, seperti lodeh atau sayur asam. Namun, tahukah Anda bahwa khasiat sayuran bergetah ini akan lebih tinggi nilainya jika direbus atau sebagai lalapan saja.

Dalam buku The Visual Food Encyclopedia, disebutkan kalau labu mengandung asam amino dan vitamin c yang amat berguna bagi tubuh. Selain itu, sayuran ini juga kaya serat sehingga cocok untuk mengatasi sembelit.

Kita sering mendengar sembelit biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan serat. Ini cukup menyiksa, apalagi jika harus menahan sampah di dalam perut selama berhari-hari.

Serat yang terdapat labu siam juga berfungsi menghambat proses penyerapan kembali kolestrol jahat yang terjadi di usus, sekaligus menghambat penyerapan lemak dari makanan.

Dengan demikian, kadar gula dalam darah menurun dan perlahan mengurangi risiko terjadinya hipertensi. Karena sifatnya yang juga menyejukkan, labu siam kukus atau rebus juga baik untuk membantu proses penyembuhan sariawan. (tam)
sumber:sehatnews.com

Bersihkan Darah dengan Jus Jeruk, Berry dan Bit



image
Jus jeruk kaya akan manfaat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan bahan lain seperti bit dan buah berry dapat untuk mendetoks darah Anda.
Mengonsumsi jus jeruk sangat baik karena mengandung vitamin C untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bit memberi kita super betaine plus yang terkenal dengan sifatnya membersihkan darah.

Sedangkan buah berry meliputi strawberry, rasberry, blueberry, dan blackberry tinggi serat dan antioksidan yang membantu membersihkan tubuh dari racun. Ketiganya bisa dicampurkan untuk memperoleh manfaat berlipat ganda.

Jus Bit dan Berry ( 4 porsi)

Bahan:
- 1 buah bit mentah besar yang sudah dikupas
- 100 gram campuran buah berry beku dan segar
- 250 ml jus jeruk

Cara membuat:
1. Potong bit menjadi empat bagian
2. Campur jadi satu bit dan buah berry ke dalam jus
3. Jus campuran bahan tadi menggunakan blender
4. Tuang ke dalam gelas dan sajikan. (tam/bbc)
sumber:sehatnews.com

Cara Membuat Tepung dari Kulit Pisang



image
Tepung dari beras, ketela itu biasa. Tapi tepung dari kulit pisang itu baru luar biasa. Inilah cara membuatnya
Kurangnya produksi bahan pangan seperti beras, tepung terigu, kedelai, minyak goreng dan gula di Kalimantan Barat, menyebabkan pedagang memasok sekitar 80 persen bahan pangan tersebut dari Pulau Jawa.

Transportasi pengangkutan lewat laut yang terhambat gelombang besar menyebabkan harga bahan pangan melonjak tinggi. Seperti harga tepung terigu dari Rp 6.500 per kilogram, naik menjadi Rp 7.000 per kilogram.

Ini mengakibatkan produk pangan dengan bahan dasar tepung, seperti mie harganya juga melonjak. Adanya pemanfaatan limbah kulit pisang menjadi tepung dapat mensubstitusi tepung terigu sehingga harga tepung terigu yang mahal dapat diimbangi.

Kulit pisang mengandung vitamin C, vitamin B, kalsium, protein, dan juga lemak yang cukup (Sulffahri.2008). Hasil analisis kimia menunjukkan bahwa komposisi kulit pisang banyak mengandung air yaitu 68,90 persen dan karbohidrat (zat pati) sebesar 18,50 persen.

Karena kulit pisang mengandung zat pati maka kulit pisang dapat diolah menjadi tepung.

PILIH PISANG RAJA
Kulit pisang yang dipilih untuk diolah adalah kulit pisang raja karena mengandung kalsium (Ca) sebesar 10 mg. Selain itu kulit pisang raja lebih tebal dari kulit pisang lain (Sulfahri, 2008). Sehingga memiliki potensi pati yang cukup besar untuk diolah menjadi substituen tepung terigu.

Cara membuat tepung pisang mudah dan sederhana. Berikut ini cara membuat tepung pisang:

Bahan:
1. Pisang raja
2. Natrium tiosulfat (dapat dibeli di toko bahan kimia)

Alat:
1. Pisau
2. Perajang
3. Alat pengering
4. Alat penghancur atau penggiling
5. Ayakan atau saringan

Fungsi masing-masing peralatan:

1. Penggiling ukuran kecil untuk kapasitas satu kwintal atau lebih sesuai yang diinginkan. Penggilingan digunakan untuk menghancurkan potongan pisang menjadi tepung.
2. Pisau digunakan untuk memotong pisang menjadi ukuran kecil-kecil sebelum dilarutkan kedalam bahan natrium tiosulfat
3. Saringan/ayakan sebagai alat untuk menyaring/mengayak hasil tepung, guna mendapatkan tepung yang baik dan halus serta berkualitas.
4. Plastik yang lebar dan bersih sebagai alat untuk menaruh tepung pisang ketika dijemur agar supaya kering untuk memudahkan dalam proses penggilingannya.
5. Sinar matahari sangat diperlukan dalam proses pembuatan tepung pisang dalam proses pengeringan.
6. Plastik kemasan untuk membungkus tepung pisang telah jadi.
7. Plastik sealer, alat menutup kantong plastik.

Cara membuatnya:
1. Pisang yang telah tua dikupas kulitnya, dipisahkan daging buahnya.
2. Potong pisang kecil-kecil dengan ukuran kurang lebih 1 cm x 0,5 cm dengan pisau atau alat pengiris.
3. Rendam pisang dalam larutan natrium tiosulfat, setelah itu ditiriskan.
4. Keringkan potongan pisang. Pengeringan dengan sinar matahari perlu waktu kurang lebih dua hari. Jika menggunakan alat pengering gabah (dengan suhu 60 derajat celsius) proses pengeringan lebih cepat. Untuk mengeringkan dua kwintal pisang segar hanya perlu waktu 1 jam 20 menit.
5. Setelah kering atau kadar air kurang lebih 14 persen, potongan pisang dapat digiling/dihancurkan dengan menggunakan hammer mill atau ditumbuk.
6. Hasil penggilingan kemudian diayak.
7. Tepung pisang yang lolos dari ayakan dikemas dalam kantong plastik.

Penggunaan zat kimia Natrium tiosulfat bertujuan untuk menghambat terjadinya proses oksidasi pada kulit pisang, sehingga dapat mencegah timbulnya pencoklatan kulit pisang. Sehingga tepung yang dihasilkan akan lebih bersih.

Oleh Leyla Noviagustin, Riin Sandra Yanti, Utin Febri Yantika
Mahasiswa Pendidikan Kimia, Universitas Tanjungpura

Pelangsing Alami Teh Daun Jati Cina



image
Beragam cara untuk melangsingkan badan diburu banyak orang terutama oleh kaum hawa. Mulai dari yang operasi hingga perawatan alami.
Salah satu alami agar tubuh Anda singset adalah mengonsumsi seduhan teh daun jati Cina. Dalam tradisi Cina kuno, teh daun jati sudah sejak lama digunakan sebagai pelangsing alami. Selain melangsingkan, menurut beberapa penelitian, teh daun jati bahkan bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. 

Agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya tetap imbangi dengan latihan yang tepat dan pola makan yang sehat.

Dan berikut cara penyajian teh daun jati Cina
1. Ambil 1 sendok teh daun jati cina dan masukkan ke dalam gelas, tuang air panas secukupnya. Biarkan larut beberapa menit hingga terlihat warna kecoklatan. Kemudian saring dan airnya siap diminum. Atau bisa juga direbus dengan air 500 ml hingga mendidih dan tersisa 250ml.

2. Konsumsi 1x sehari selama seminggu pertama. Setelah satu minggu masa penyesuaian Anda bisa meningkatkan dosis 2x sehari. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kurangi makanan berlemak dan berolah-raga. (Lin)

Resep Nugget Bayam, Agar Anak Doyan Sayur



image
Anda yang bingung memberi makan si kecil karena susah makan sayur, cobalah mengolahnya dengan cara lain. Bahan bayam di sini bisa diganti wortel atau sayuran lain. Silakan mencoba
Bahan:
200 gr daging ayam bagian dada (fillet)
1 ikat bayam (sudah dirajang)
2 butir telur
3 sdm tepung sagu
100 gr tepung panir
100 gr tepung terigu

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
1 sdt lada
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Cincang daging ayam
2. Masukkan bayam dalam air mendidih, angkat segera setelah bayam layu.
3. Masukkan semua bahan (daging ayam cincang, bayam, 1 butir telur, tepung sagu) ke dalam food processor.
4. Setelah tercampur rata, masukkan dalam loyang yang telah diolesi margarin.
6. Kukus selama 30 menit. lalu angkat.
7. setelah dingin potong2 sesuai selera

Cara mengoreng:
1. Kocok 1 butir telur
2. Masukkan potongan nugget dalam kocokan telur.
3. Gulingkan ke tepung terigu. Masukkan lagi ke dalam kocokan telur.
4. Masukkan ke tepung panir.
5. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan
6. Sajikan
Retno Wulandari

Kutil Kelamin Akibat Virus HPV, Dapat Dicegah



image
Inilah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Human Papillomavirus (HPV), penyebab kanker serviks atau leher rahim.
Apa itu kutil kelamin?
Kutil kelamin adalah benjolan-benjolan yang tumbuh pada alat kelamin manusia dalam berbagai variasi ukuran, yang dapat pula berkembang dalam kelompok sehingga menjadi kumpulan kutil yang jika diteliti tampak seperti bentuk kembang kol.

Pada perempuan, kutil kelamin tumbuh pada area vulva dan cervix, serta di daerah sekitar anus dan vagina. Pada laki-laki, kutil kelamin akan cenderung muncul pada penis atau skrotum – dan dalam kasus-kasus tertentu kutil kelamin tumbuh pada sela selangkangan. Keluhan yang dirasakan adalah rasa gatal dan panas, perdarahan dan sakit pada penis, skrotum dan daerah anal.

Kasus kutil kelamin adalah penyakit kelamin menular yang paling banyak dilaporkan di seluruh dunia. Sekitar dua per-tiga orang dari seluruh dunia yang melakukan kontak seksual dengan pasangan yang menderita kutil kelamin biasanya akan langsung tertular dalam waktu kurang lebih 3 bulan.

HPV adalah biang keladinya
Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi virus Human Papillomavirus (HPV) – virus yang sama dengan penyebab kanker serviks, yang sedang hangat dibicarakan belakangan ini. Berbeda dengan kanker serviks yang disebabkan oleh HPV tipe 16 & 18,  maka kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe 6 & 11.

Mereka yang menderita harus menanggung beban sakit, mental dan psikologi serta biaya pengobatan

Di seluruh dunia, HPV adalah salah satu penyebab utama penyakit-penyakit menular seksual, dimana menurut Centers of Disease Control and Prevention (CDC) terdapat sekitar 6,2 juta kasus baru penyakit infeksi menular akibat HPV dilaporkan setiap tahun.

Pada perempuan, kutil kelamin umumnya muncul pada akhir usia belasan atau di awal usia 20-an. Sementara pada laki-laki, kutil kelamin biasanya tumbuh di antara awal usia 20-an sampai akhir usia 20-an.

Secara umum, merujuk pada penelitian medis, penyakit yang sangat mengganggu ini ditemui pada mereka yang berusia di antara 17 hingga 33 tahun. Penderitanya sangat mudah menularkan pada orang lain, dimana seseorang memiliki kemungkinan akan langsung terinfeksi meski hanya terekspos pada 1 kali kegiatan seksual dengan orang yang menderita kutil kelamin tersebut.

Bahkan, mengutip data di Amerika Serikat, sampai di satu waktu, sebanyak 1 juta orang diperkirakan akan menderita kutil kelamin – dan ini berarti setiap menitnya terdapat 1 kasus baru.

Penyakit ini bukan saja menciptakan beban pribadi bagi si penderita, namun jika dipikirkan lebih jauh, beban ekonomi bagi para individu dalam kerangka sosial ini cukuplah besar. Amerika Serikat sendiri mengalokasikan dana sebesar $140,000 juta bagi perencanaan kesehatan pribadi Amerika Serikat dalam kaitannya dengan diagnosa dan perawatan kutil kelamin.

Belum lagi beban tekanan psikologis bagi sang penderitanya; seperti menurunnya tingkat kepercayaan diri, persepsi diri yang negatif, rasa malu dan kecemasan.

Siapa lagi yang beresiko terkena infeksi HPV?
Kutil kelamin tampaknya lebih dari sekedar penyakit yang menimbulkan ketidaknyamanan secara kosmetik pada remaja dan orang dewasa. Penyakit ini juga berpotensi menyebabkan resiko pada bayi.

Kutil kelamin tidak hanya bisa ditularkan oleh antar pasangan seksual, namun juga dapat menempuh rute penularan oleh Ibu kepada bayinya – yaitu ketika sang bayi dilahirkan melalui jalan lahir Ibu. Bayi akan beresiko menderita gangguan pernapasan yang disebut respiratory papillomatosis, sebuah kondisi yang dikarakterisasikan dengan adanya lesi seperti kutil atau papilloma dalam saluran pernapasan.

Lebih jauh lagi, selain perempuan dapat mentransmisikan HPV penyebab kutil pada bayinya, mereka juga dapat menyebarkan tipe-tipe HPV yang menyebabkan kanker lainnya – yaitu mengarah pada pertumbuhan kanker di leher dan kepala pada anak-anak.

Penyakit berbahaya ini kini dapat dicegah
Seperti halnya kanker serviks yang disebabkan oleh HPV dan lebih dulu dikenal, infeksi HPV yang menyebabkan kutil kelamin ini juga dapat dicegah – selain tentunya berupaya menghindari faktor-faktor resikonya seperti kontak kulit antar organ genital dan melakukan hubungan seksual dengan lebih dari 1 pasangan.

Kedua penyakit ini dapat ditangkal dengan bantuan proteksi vaksin HPV quadrivalent yang dapat melindungi tubuh dari ancaman empat tipe HPV sekalligus; yaitu tipe 16 & 18 sebagai penyebab kanker serviks dan tipe 6 & 11 sebagai penyebab kutil kelamin. Vaksin HPV quadrivalent diaplikasikan sebanyak 3 kali suntikan; di bulan 0, bulan ke-2 dan bulan ke-6.

Dengan demikian, berita gembira mengenai vaksin ini tidak hanya dapat dinikmati oleh perempuan, tetapi juga oleh kelompok laki-laki yang mempunyai resiko sama besar menderita kutil kelamin.

CDC’s Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) merekomendasikan 3 dosis seri vaksinasi bagi anak perempuan sejak usia 11 tahun hingga wanita dewasa usia 26 tahun. Vaksin ini juga dapat diaplikasikan pada anak laki-laki sejak usia 9 tahun.

Lebih membesarkan hati, vaksin ini tidak hanya memberi keuntungan untuk dapat melindungi dari kanker serviks dan kutil kelamin, namun juga mampu melindungi dari lesi pra-kanker yang seringkali berkembang menjadi kanker pada vulva dan vagina.

Kisah sukses dari Australia

Angka kasus kutil kelamin pada kelompok perempuan muda di Australia menurun tajam sejak diperkenalkannya program vaksinasi nasional dengan vaksin HPV quadrivalent dalam mencegah kanker serviks pada bulan April tahun 2007 lalu.

Sebanyak 36.055 pasien dengan keluhan penyakit genital yang berkunjung ke klinik kesehatan Merlbourne antara Januari 2004 – Desember 2008 diobservasi perkembangan angka kasusnya.

Mulai tahun 2008, terjadi penurunan angka kasus kutil kelamin secara menggembirakan pada kelompok usia perempuan di bawah 28 tahun, yaitu sebanyak 25% di setiap kuartal tahun tersebut – dengan hanya sebesar 6,6% dari seluruh pasien yang berkunjung di tahun 2008 didiagnosa menderita kutil kelamin.

Jika dibandingkan dengan sepanjang kurun waktu sebelum vaksin HPV quadrivalent diperkenalkan, kenaikan kasus di kelompok umur tersebut adalah sebesar 1.8% di tiap kuartal-nya – dengan 13% dari seluruh pasien didiagnosa positif menderita kutil kelamin.

Penurunan angka kasus kutil kelamin juga terjadi pada kelompok laki-laki heteroseksual yaitu rata-rata sebesar 5% tiap kuartal-nya di tahun 2008.

Australia adalah salah satu negara di dunia yang mengimplementasikan vaksinasi dengan vaksin HPV quadrivalent melawan HPV. Vaksin tersebut diberikan secara cuma-cuma pada anak-anak usia sekolah antara 12 – 18 tahun sejak April 2007, diikuti oleh pemberian pada perempuan muda usia 26 tahun ke bawah melalui praktek-praktek dokter umum dan klinik masyarakat sejak bulan Juli 2007.

Australia menjadi negara dengan coverage vaksinasi quadrivalent HPV terluas di dunia dengan jangkauan sukses sebanyak 69%-75% pada kelompok usia anak-anak sekolah dan seluas 65%-70% pada kelompok perempuan dewasa muda.
sumber:sehatnews.com

Empat Alternatif Olahraga Ketika Sakit



image
Sakit, bukan berarti halangan untuk Anda tetap berolahraga. Hanya perhatikan waktu juga intensitasnya. Bila sakit Anda sedikit parah berikan waktu off satu hingga dua hari, selanjutnya coba beberapa olahraga ringan berikut:

Yoga atau Peregangan
Serangkaian pose yoga yang lembut dapat menjadi keajaiban ketika Anda sakit. Latihan ini membantu meningkatkan aliran darah ke otot dan mengendurkan tubuh Anda, yang merupakan cara yang bagus untuk meredakan ketegangan atau stres yang Anda alami.
Olahraga air
Lakukan jenis olahraga air yang santai. Dengan begitu tubuh tetap bergerak namun dalam intensitas aman. Selebihnya air juga berfungsi membawa kelembaban ekstra pada tubuh dan membantu melegakan saluran pernapasan.
Latihan kekuatan
Bukan jenis cardio berat yang biasa Anda lakukan selagi sehat. Namun versi lambat dan halus, dengan gerakan dalam latihan kekuatan ini tubuh tetap kuat tanpa mengeluarkan energi besar.
Berjalan cepat
Jalan cepat dapat memompa jantung dan aliran darah. Lakukan aktifitas ini di luar ruangan dan dapatkan udara segar sebagai bonusnya.(fen)
sumber:sehatnews.com

Baru, Penangkal Virus dari Ikan Hiu



image
Sebuah senyawa kimia yang ada pada tubuh hiu ternyata bisa menjadi senjata ampuh melawan virus bagi manusia, klaim para ilmuwan dari Amerika Serikat.
Senyawa yang disebut squalamine ini biasa digunakan ikan untuk melawan bakteri, namun tes laboratorium mengungkapkan squalamine juga bisa dijadikan antivirus yang baik. Sebab dapat membunuh spektrum yang luas dari virus manusia dan hewan.
Ini terlihat dari uji coba sintetis squalamine yang telah diberikan kepada pasien dalam uji klinis untuk menghentikan pertumbuhan pembuluh darah karena kanker, hasilnya terlihat tanpa efek samping besar. Dalam uji coba terlihat squalamine mengganggu interaksi membran yang diperlukan untuk replikasi virus.
"Senyawa ini merupakan harapan di dunia pengobatan. Mengingat profil keamanannya dan kemudahan untuk membuatnya, senyawa ini dengan cepat dapat diuji sebagai pengobatan baru yang potensial untuk penyakit virus mulai dari demam berdarah hingga hepatitis" jelas Prof Michael Zasloff dari  Georgetown University Medical Center, AS.(fen)
sumber:sehatnews.com

Obat TBC dan Malaria Baru dari Darah Kepik


image
Ternyata darah salah satu jenis kumbang yaitu kepik harlequin (Harmonia axyridis) dapat diberdayakan untuk membunuh kuman TBC dan parasit malaria.
Ini dijelaskan oleh penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Jerman. Mereka bahkan memproses darah kepik ini menjadi kandungan obat antibiotik baru untuk masa depan.
Darah kepik harlequin yang banyak ditemui di Inggris ini ternyata mengandung salah satu senyawa kimia yang bisa menjadi antibiotik yang kuat.
Dalam tes laboratorium, para peneliti menemukan cairan 'harmonine' yang mirip dengan darah kepik. Cairan ini ampuh memerangi 12 jenis bakteri, termasuk E. coli, super MRSA dan kuman TBC.
Para peneliti dari Universitas W├╝rzburg mengatakan temuan itu dapat membantu menjelaskan rahasia keberhasilan darah kepik harlequin itu.
"antimikroba dengan spektrum luas pada harmonine yang ada pada darah kepik merupakan faktor penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh" jelas peneliti pada Royal Society jurnal Biology Letters.
Mereka juga menambahkan bahawa substansi baru ini bahkan lebih bagus daripada obat tradisional dalam membunuh kuman, dengan menemukan cara kerjanya pengembangan obat baru berbahan dasar darah kepik ini pun bukan hal yang mustahil.(fen)
sumber:sehatnews.com

Darah Buatan Siap Diluncurkan Dua Tahun Lagi


image
Darah buatan yang dibuat dari sel induk telah siap untuk diuji dalam waktu dua tahun kedepan.

Para ilmuwan dari Universitas Edinburgh dan Bristol, Inggris yang berada di balik penelitian ini percaya bahwa darah buatan yang sedang mereka kerjakan membawa harapan besar di dunia medis. Khususnya menyelamatkan ribuan nyawa dalam proses transfusi darah, korban perang, hingga kasus-kasus kecelakan yang biasa terjadi sehari-hari.
Tim penelitian yang dipimpin oleh Profesor Marc Turner dari Universitas Edinburgh membuat darah merah buatan ini dengan cara mengambil sel induk dari tali pusar embrio. Kemudian mengembangbiakkan sel tersebut dengan sebuah mesin yang meniru kerja sumsum tulang belakang hingga menghasilkan darah merah buatan.
Meskipun belum serealistis darah sungguhan, namun darah merah buatan ini mereka klaim bebas dari infeksi dan aman untuk diberikan pada hampir semua golongan darah.
Sejauh ini tim sangat berharap dapat menyelesaikan sampel darah buatan golongan O negatif. Dimana golongan darah ini sangat universal, dan dapat diterima lebih dari 98 persen populasi manusia.
"Dalam dua sampai tiga tahun kedepan kita akan siap dengan suntikan darah buatan segar yang dapat menyelamatkan jiwa. Bahkan dalam 20 tahun kedepan kita sudah dapat memproduksi dua juta liter darah buatan yang sangat cukup dipakai untuk keadaan darurat di seluruh dunia" terang Turner.
Meskipun tak lepas dari pro dan kontra mengenai perkembangan ilmu medis. Turner dan rekan tetap yakin bahwa sejauh penelitian ini menuruti aturan dengan memperlakukan sel-sel induk dengan hormat, semuanya sah-sah saja dilanjutkan.(fen)

sumber:sehatnews.com

Jantung Python Dapat Perbaiki Jantung Manusia


image
Ternyata jantung ular Python dapat digunakan sebagai pengobatan terapi penyakit jantung manusia, sebuah penelitian menyebutkannya.

Ini semua berangkat dari penelitian seorang ahli biologi dari University of Colorado, Leslie Leinwand. Leinwand yang penasaran pada cara kerja jantung python yang dapat bertahan dari kerusakan dan begitu kuat membakar lemak sebagai bahan bakar.
Leinwand pun melakukan percobaan pada mencit, dan menemukan adanya molekul tertentu pada jantung python yang memberikan sinyal bagi jantung mencit untuk tetap tumbuh dan terjaga dari kerusakan.
Terlihat dari jantung mencit yang tetap tumbuh serta tidak ada tanda-tanda kekakuan otot yang menyertai pertumbuhan jantung seperti yang terjadi pada pasien dengan penyakit jantung.
Pada orang dengan penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, otot jantung sering membengkak karena bekerja lebih keras untuk memompa darah.(fen)
sumber:sehatnews.com

Potensi Gempa Patahan Lembang



Patahan memiliki sejarah gempa besar, antara 6 hingga 7 skala richter.


Mutia Nugraheni
Patahan Lembang di tol Cipularang (GREAT)

 Isu gempa patahan Lembang-Cimandiri akhir-akhir ini kembali terdengar. Ada ahli yang menilai Patahan Lembang-Cimandiri merupakan sesar aktif namun potensi gempanya kecil.

Tetapi ada juga ahli yang menyatakan bahwa patahan atau sesar Lembang memiliki sejarah gempa besar antara 6 hingga 7 skala richter. Berdasarkan catatan historis itulah patahan Lembang berpotensi gempa yang berdampak ke wilayah Bandung Raya atau Cekungan Bandung.

Kepala Bidang Rehabilitasi Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Dani Prianto Hadi, termasuk yang meyakini bahwa Sesar Lembang-Cimandiri menyimpan potensi gempa besar.

"Menurut para pakar geologi, Patahan Lembang memang aktif. Maka tentu sebagai BPBD kita harus mengantisipasinya, artinya membuat masyarakata waspada di saat tenang, tetapi bukan menakuti," kata Dani, kepada VIVAnews, Jumat 28 Oktober 2011.

Sesar Lembang, menurutnya, adalah patahan yang ujungnya ada di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang panjangnya sekitar 22 kilometer lebih, melintas di empat kecamatan. Yaitu,kecamatan Cisarua, Parongpong, Lembang, danMaribaya. Sedangkan ekor sesar ini ada di Gunung Manglayang di Kabupaten Bandung.

"Patahan Lembang ini bertemu dengan Sesar Cimandiri yang berada di Padalarang. Panjang patahan Cimandiri membentang hingga Pelabuhan Ratu yang ujungnya di Cilacap," katanya.

Sesar Lembang ini tidak hanya di KBB, tetapi Cimahi, cekungan Bandung dan Kabupaten Bandung. Jadi, menurut Dani, sesar ini bisa berdampak ke semua cekungan Bandung dan sekitarnya.

Berdasarkan penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 10 ribu tahun lalu sebuah sesar pernah mengalami gempa sangat besar. Maka, menurut Dani, sesar tersebut aktif.

"Dalam kurun waktu 1800 hingga 2011 ini, di sini sudah terjadi empat kali gempa. Artinya Sesar Lembang aktif," ungkapnya.

Ia menyayangkan ada opini bahwa Sesar Lembang tidak harus diwaspadai. Dalam menghadapi Sesar Lembang, perlu banyak pihak yang membantu. M dari para ahli geologi, BPBD antar kota/kabupaten, hingga masing-masing pemerintah Kabupaten/kota dan provinsi.

"Sesar Lembang tidak hanya dihadapi KBB saja. Jika terjadi sesuatu, Bandung dan Cimahi akan kena juga," ujarnya.

Sosialiasi


Dani mengklaim, sejauh ini pihaknya sudah berupaya melakukan sosialisasi kepada warga KBB terkait kewaspadaan menghadapi Sesar Lembang. Pihaknya, juga dibantu LIPI dalam proses ini termasuk upaya untuk menghadapinya. Salah satu caranya, LIPI berupaya memasukkan informasi keberadaan Sesar Lembang ke dalam sekolah-sekolah yang ada di KBB.

"Bagi warga KBB, kita berusaha melakukan pendekatan dimulai dari hal sederhana misalnya bagaimana memilih tanah untuk membangun rumah, mengatur peraboran rumah seperti cermin dan mebel, dan seterusnya," ujar Dani.

Namun, upaya sosialisasi perlu waktu dan biaya yang banyak. Terlebih kondisi warga KBB rata-rata belum paham akan keberadaan Sesar Lembang-Cimandiri. Buktinya, menurut Dani, banyak warga yang justru membangun rumah di tebing dan perbukitan.

Bahkan warga tidak sadar bahwa dia tinggal di tebing Sesar Lembang. Kondisi itu jelas menjadi kendala besar bagi BPBD KBB dalam upaya penyadaran kesiapsiagaan bencana (mitigasi).

"Sehingga jelas perlu upaya duduk bersama untuk membahas kenyataan itu di lapangan. Apalagi BPBD KBB baru dibentuk secara resmi Juni 2011," katanya.


Data LIPI

Menurut data LIPI, Jawa Barat adalah wilayah yang rawan bencana, termasuk di dalamnya  wilayah cekungan Bandung. Peneliti Paleoseismik LIPI, Eko Yulianto,  mengungkap kalau cekungan Bandung merupakan ataran tinggi di Jawa Barat yang dikelilingi pegunungan.

Cekungan ini berisi endapan danau muda yang belum terkonsolidasi dengan baik. Di dalam cekungan ini terdapat Kota Bandung, Kabupaten Bandung, kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Di sisi utara cekungan terdapat sebuah patahan sepanjang kurang lebih 22 km dari Maribaya hingga Cisarua, disebut patahan Lembang atau sesar Lembang.

Dari studi  hasil penggalian kerjasama LIPI pada beberapa titik di patahan Lembang, ditemukan jejak yang mengindikasikan pernah terjadi  gempa bumi pada 1400 dan 700 tahun yang lalu. "Juga ditemukan bukti-bukti bahwa patahan Lembang  adalah sebuah patahan aktif yang sedang bergerak sebesar 2 mm per tahun," sebut Eko.


Pendapat BPMIGAS


Sementara di tempat terpisah, geolog dari Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS), Awang Harun, mengatakan gempa besar tidak harus terjadi dalam setiap pertemuan antar sesar. Termasuk pertemuan Sesar Lembang dan Sesar Cimandiri.

"Tidak sesederhana itu. Dua sesar aktif lalu bertemu dan potensi gempanya besar. Setahu saya, Sesar Lembang dan Cimandiri belum banyak diteliti aktivitasnya. Jadi perlu dikaji bagaimana sejarahnya, pergerakannya, dan pola-pola geologinya," ujar Awang.

Ia memprediksi, paling besar Sesar Lembang akan menghasilkan gempa 6 SR, tidak lebih dari itu. Prediksi tersebut berdasarkan pergerakan Sesar Lembang yang menurut LIPI, dua milimeter per tahun.

"Tetapi gempa bisa kapan saja terjadi dan tak bisa diprediski. Misalnya patahan Kobe Jepang saja yang geraknya 2 mm pertahun, ternyata gempanya mencapai 8 SR. Tetapi untuk Sesar Lembang bukan termasuk yang sangat diwaspadai, meski tidak bisa diabaikan," katanya.

Laporan : Dani Redana, Bandung
• VIVAnews