Jumat, 28 Oktober 2011

Obat TBC dan Malaria Baru dari Darah Kepik


image
Ternyata darah salah satu jenis kumbang yaitu kepik harlequin (Harmonia axyridis) dapat diberdayakan untuk membunuh kuman TBC dan parasit malaria.
Ini dijelaskan oleh penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Jerman. Mereka bahkan memproses darah kepik ini menjadi kandungan obat antibiotik baru untuk masa depan.
Darah kepik harlequin yang banyak ditemui di Inggris ini ternyata mengandung salah satu senyawa kimia yang bisa menjadi antibiotik yang kuat.
Dalam tes laboratorium, para peneliti menemukan cairan 'harmonine' yang mirip dengan darah kepik. Cairan ini ampuh memerangi 12 jenis bakteri, termasuk E. coli, super MRSA dan kuman TBC.
Para peneliti dari Universitas Würzburg mengatakan temuan itu dapat membantu menjelaskan rahasia keberhasilan darah kepik harlequin itu.
"antimikroba dengan spektrum luas pada harmonine yang ada pada darah kepik merupakan faktor penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh" jelas peneliti pada Royal Society jurnal Biology Letters.
Mereka juga menambahkan bahawa substansi baru ini bahkan lebih bagus daripada obat tradisional dalam membunuh kuman, dengan menemukan cara kerjanya pengembangan obat baru berbahan dasar darah kepik ini pun bukan hal yang mustahil.(fen)
sumber:sehatnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar