Rabu, 26 Oktober 2011

Buat Jantung, Kentang Jagonya!

image
Kentang goreng dan keripik kentang mungkin saja buruk untuk kesehatan. Namun kentang yang diolah dengan benar, sebetulnya baik untuk kesehatan jantung.
Hal ini diungkapkan oleh seorang peneliti University of Scranton di Pennsylvania Joe Vinson setelah melakukan penelitian terhadap 18 orang yang mengonsumsi enam hingga delapan kentang ungu kecil dua kali sehari selama satu bulan.

Ditemukan bahwa beberapa porsi kentang per hari menurunkan tekanan darah setara havermut tanpa menyebabkan kenaikan berat badan. Tekanan darah sistolik dan diastoliknya menurun sebesar 3,5 dan 4,5 persen.

"Kentang bisa saja menjadi makanan sehat ketika mereka tidak diolah sebagai kentang goreng dan keripik, atau dikombinasikan dengan topping tinggi lemak seperti keju," tutur Vinson.

Selain itu kulit kentang, baik kentang merah atau putih dianggap memiliki kandungan antioksidan tinggi. Kulit kentang mengandung banyak nutrisi sehingga disarankan untuk tidak mengupasnya.

Juru bicara American Dietetic Association Lona Sandon juga menambahkan kalau kentang merupakan sumber kalium yang baik. Zat ini dikenal dapat membantu mengontrol tekanan darah.

"Kentang merupakan makanan pokok cukup sehat karena gizinya rendah lemak, relatif rendah kalori dan sarat dengan gizi, terutama di kulit," tambahnya.(tam)
sumber:sehatnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar