Kamis, 29 Maret 2012

Biji Kopi Mentah Bisa Turunkan Berat Badan

imgBiji kopi yang belum dipanggang atau yang masih hijau karena dipetik hari itu juga bisa jadi memegang kunci penurunan berat badan yang murah dan efektif.
 
Hal tersebut berdasarkan studi yang dipresentasikan di pertemuan American Chemical Society di San Diego.

Joe Vinson, ahli kimia dari Universitas Scranton yang memimpin studi tersebut menyatakan bahwa ekstrak biji kopi hijau mengurangi penyerapan lemak dan glukosa dalam usus serta mengurangi kadar insulin yang akan meningkatkan fungsi metabolisme. Vinson pun melaporkan tidak ada tanda-tanda efek samping pada partisipan.

Selama 6 minggu, seluruh partisipan menelan kapsul suplemen 3 butir sehari, meminum 700-1.050 mg ekstrak kopi hijau sehari atau memakai plasebo. Partisipan pun tidak mengubah asupan kalori selama proses percobaan. Hasilnya, seluruh partisipan mengurangi lemak tubuh rata-rata sebesar 16 persen.

Satu-satunya kekurangan ekstrak kopi hijau adalah rasanya 'sangat pahit', bahkan ekstrak ini akan sulit untuk diminum tanpa banyak air, ungkap Vinson seperti dilansir dari The Seattle Times, Kamis (29/3/2012).

Dengan biaya 20 dolar AS (sekitar Rp 184.000) per bulan, bisa dibilang konsumsi ekstrak kopi hijau jauh lebih murah daripada pengobatan penurunan berat badan khusus atau dengan resep dokter.

Percobaan tersebut dilakukan di India dan dibiayai oleh Applied Food Sciences di Austin, Texas, sebuah perusahaan produsen ekstrak kopi hijau.

Sebagai sebuah suplemen diet, ekstrak kopi hijau tak membutuhkan persetujuan FDA. Bahkan faktanya, ekstrak ini sudah tersedia sebagai salah satu pengobatan naturopati dan antioksidan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar