Rabu, 09 Mei 2012

Kurangi Berat Badan Berlebih, Ini 10 Keuntungan yang Didapat

img Mengurangi beberapa kilogram dari berat badan yang berlebih, berarti juga menurunkan risiko kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain itu juga meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis.

Lebih dari itu, mungkin banyak yang belum tahu bahwa ukuran pinggang yang lebih kecil juga dapat membantu Anda tidur lebih baik, meningkatkan kesuburan serta dan membantu Anda tetap fokus. Setelah membaca beberapa keuntungan dari menurunkan berat badan berlebih yang dilansir Fit Bie berikut ini, tak ada alasan bagi Anda untuk bermalas-malas menerapkan gaya hidup sehat.

1. Kondisi Gigi yang Lebih Baik
Menurunkan berat badan dapat membantu menjaga warna putih alami gigi. Penderita obesitas dengan penyakit gusi rentan mengalami pembengkakan, kemerahan dan perdarahan dibandingkan, menurut penelitian yang dilakukan di Case Western Reserve University. Para peneliti percaya bahwa penyakit gusi dalam bentuk peradangan didorong oleh sel lemak. Oleh karena itu semakin sedikit lemak juga akan membantu Anda memiliki senyum yang sehat.

2. Pikiran yang Lebih Tajam
Jika Anda malas diet sehat dan mengurangi rutinitas olahraga, maka waspadalah karena kelebihan berat badan akan menyebabkan Anda susah fokus. Berdasarkan studi, mereka yang obesitas akan memiliki performa yang buruk dalam pengambilan keputusan dan perencanaan ke depan dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal.

Menurunkan berat badan berlebih akan membuat pikiran lebih tajam. Penelitian di Kent State University menunjukkan sekitar 12 minggu setelah penurunan berat badan yang signifikan, partisipan memiliki konsentrasi dan daya ingat yang jauh lebih baik.

3. Mengurangi Stres
"Obesitas dapat membuat Anda berpikir berlebihan akan hal kecil sehari-hari, yang tidak pernah dipikirkan oleh mereka yang memiliki berat badan normal," kata Rubino Domenica, MD, direktur Pusat Washington untuk Manajemen Berat dan Penelitian di Arlington, VA.

Menurut penelitian yang dilakukan Rubino, mereka yang berhasil menurunkan berat badan jauh lebih santai berpikir mengenai aktivitas sehari-hari. Selain itu, mobilitas dan daya tahan juga jauh lebih baik, begitu pula kualitas hidupnya.

4. Kehidupan Sosial yang Lebih Spontan
Dengan berkurangnya kekhawatiran mengenai berat badan, Anda akan mendapatkan kebebasan untuk melakukan sesuatu dengan spontan. Dibandingkan harus ketakutan tidak muat ketika melewati pintu atau kursi di stadium misalnya, orang dengan berat normal akan lebih nyaman melakukan apapun. Baik itu bermain bola atau menaiki wahana di taman hiburan.

5. Kepuasan Bercinta
Anda bisa merasa lebih seksi jika terlihat dengan perut rata dan paha yang kencang. Tidak perlu menurunkan berat badan yang dramatis untuk membantu memompa gairah bercinta dengan pasangan Anda. Mengurangi sekitar 10% dari berat badan sudah cukup untuk menambah tingkat kepuasan seksual secara signifikan. Para ilmuwan di Duke University Medical Center menemukan bahwa sekitar 25% orang yang obesitas, lebih sering memgeluh tidak puas dengan kehidupan seks mereka.

6. Meningkatkan Kesuburan
"Perempuan yang mengalami obesitas dapat memiliki masalah dengan kesuburan karena jaringan estrogen berdarah lemak, dan estrogen terlalu banyak melempar keseimbangan antara estrogen-progesteron," jelas Lawrence Cheskin, MD, direktur Pusat Manajemen Berat Hopkins Johns.

Setelah menurunkan berat badan, banyak wanita yang mampu mengakhiri perawatan kesuburan dan hamil. Ia menambahkan, mengurangi berat badan juga dapat meningkatkan jumlah sperma dan mengurangi gejala disfungsi ereksi.

7. Tidur Lebih Nyenyak
Sleep apnea, suatu kondisi yang menyebabkan orang berhenti bernapas untuk jangka pendek sepanjang malam, telah dikaitkan dengan obesitas. Hal itu disebabkan lemak tambahan di sekitar leher dapat menghambat saluran udara ketika Anda mendengkur. Tidak mengherankan, kehilangan beberapa kilogram berat badan membantu Anda bernapas lebih baik, sehingga tidur lebih nyenyak.

8. Kebal Terhadap Penyakit
Obesitas menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan melemahkan pertahanan seseorang terhadap infeksi bakteri dan virus. Singkatnya, tubuh menyerang sel-sel lemak seolah mereka penyerbu berbahaya. Oleh karena itu, Setelah penurunan berat badan, mereka yang tadinya obesitas akan lebih jarang sakit dan tak rentan terhadap infeksi.

9. Mengurangi Sakit Persendian
Dengan mengurangi beberapa kilogram, berarti Anda mengurangi tekanan berat bagi persendian. Hal itu dapat meringankan rasa sakit sehari-hari. Selain itu, dengan berkurangnya sel-sel lemak akan mempermudah proses pembakaran pada tubuh juga mengurangi gejala radang persendian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Lawrence Cheskin, setelah orang yang obesitas mengurangi sekitar 10 pon dari beratnya, keluhan kaki dan sendi yang sakit juga berkurang.

10. Kandung Kemih Berfungsi Lebih Baik
Kandung kemih yang tidak terkontrol adalah efek samping dari obesitas. Susah mengontrol keluarnya urin sering dianggap sebagai tanda penuaan. Tapi berat badan berlebih juga bisa jadi penyebabnya. Berat badan yang berlebih memberikan tekanan pada kandung kemih dan melemahkan otot-otot di sekitarnya, sehingga kemungkinan air seni akan menyelinap keluar ketika Anda tertawa, bersin atau batuk.

Penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan, (walaupun hanya sedikit) bisa membantu mengurangi masalah tersebut. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Brown University, wanita yang kehilangan sekitar 5 sampai 10% berat badan secara signifikan mengurangi resiko mereka dari periode inkontinensi urin atau ketidakmampuan menahan air kencing.
sumber:wolipop.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar