Kamis, 07 Juni 2012

Tips Agar Anak Tidak Takut Lagi Pada Hewan

imgBinatang peliharaan merupakan salah satu teman bermain yang menyenangkan untuk anak. Tetapi bagaimana bila balita Anda sangat takut atau bahkan sampai bermimpi buruk tentang binatang peliharan seperti kucing atau anjing? Adakah cara untuk mengatasinya?
 
Dr. Sears, seorang professor dokter anak asal Amerika Serikat yang telah mengeluarkan 30 buku tentang pengasuhan anak menjelaskan anak balita memang sangat rentan terhadap rasa takut. Anak-anak dalam usia dini belum mengetahui apa yang menyenangkan dan apa yang mengerikan, termasuk dalam hal ini binatang. Di sinilah peran orangtua diperlukan, karena Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk membangun kepercayaan anak.

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk memperkenalkan anak terhadap hewan-hewan yang dapat dijadikan teman bermainnya, seperti dipaparan dr. Sears di situs Parenting USA:

Ajak ke toko mainan
Saat pergi ke toko maianan, anak biasanya akan langsung menuju ke tempat yang disukainya. Untuk mengenalkannya pada binatang, cobalah ajak dia ke area boneka. Anda bisa memulai dengan memilih apa yang anda kehendaki dan biarkan dia memilih boneka hewan kesayangannya, kucing atau anjing. Dengan begitu Anda memperkenalkan binatang-binatang lucu kepada anak tanpa menimbulkan rasa takut.

Kenalkan binatang melalui buku
Anda bisa pergi ke toko buku dan membiarkan si kecil memilih buku mengenai binantang yang dia suka. Saat Anda membacakan buku kepadanya bisa ditambahkan pertanyaan atau kalimat yang mendukung untuk mendekatkan si kecil kepada binatang peliharaan, seperti "kucing yang mana yang bagus?" atau "Anjingnya sangat pemberani ya." Hindari cerita-cerita yang menakutkan, karena ini akan memicu dia kembali untuk memiliki rasa takut kepada hewan peliharaan atau bahkan bermimpi buruk.

Kunjungilah Pet Shop
Berikutnya Anda bisa mencoba untuk melihat hewan-hewan lucu di pet shop atau toko yang menjual hewan peliharaan. Pertama-tama Anda kenalkan dahulu hewan-hewan peliharaan yang ada di sana, akan sangat membantu apabila anda mengenalkan sekaligus memegangnya. Ketika Anda lihat dia mulai tertarik, ajaklah untuk ikut memegang juga. Jika ia melihat Anda tidak takut anjing atau kucing, maka dia akan merasakan hal yang sama.

Datangi rumah teman yang punya hewan
Sesekali ajak anak mendatangi rumah teman yang punya anak dan juga memiliki hewan peliharaan. Biarkan anak melihat bagaimana teman-teman seusianya bermain dan bersenang-senang dengan binatang tersebut. Dengan memperhatikan hal itu, bisa membantu anak mengatasi rasa takutnya pada anjing atau kucing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar