Kamis, 29 Desember 2011

Tips Aman Berolahraga Saat Hamil

imgSaat hamil bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga. Kegiatan tersebut justru banyak manfaatnya untuk wanita hamil.
 
Kegunaan yang bisa didapat dengan berolahraga saat hamil di antaranya:

1. Membantu mengurangi sakit punggung, sembelit dan kembung pada perut.
2. Meningkatkan energi sehingga tetap bisa aktif menjalani aktivitas.
3. Membantu Anda merasa sedikit lelah untuk membuat Anda bisa tidur lebih cepat sehingga mendapatkan pola tidur yang baik.
4. Memperkuat otot-otot pada tubuh. Hal ini akan membantu Anda saat persalinan berlangsung.

Berkaca pada manfaat olahraga di atas, tentu Anda tidak ragu lagi untuk melakoni kegiatan tersebut bukan? Sebelum melakukannya, sebaiknya beberapa hal berikut ini Anda perhatikan, seperti dikutip dari Female First:

1. Selalu lakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya.
2. Minum banyak air putih.
3. Kalau Anda terdaftar di pusat kebugaran, katakan pada instruktur Anda tentang kondisi kehamilan Anda.
4. Olahraga renang dan yoga, paling baik untuk ibu hamil. 
5. Cobalah untuk tetap aktif dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, Anda bisa menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan selama 30 menit - 1 jam.
6. Hindari olahraga di tengah udara panas, aktivitas berat dan olahraga ekstrim.
7. Detak jantung ibu hamil sebaiknya tidak melebihi 140 kali per menit.
8. Untuk Anda yang usia kehamilannya berada di trimester pertama, hindari olahraga yang membuat Anda berbaring di lantai. Olahraga tersebut dapat membuat aliran darah terganggu karena adanya tekanan di perut. 
9. Jangan lakukan olahraga yang membutuhkan keseimbangan lebih. Perut yang membesar bisa membuat ibu mudah jatuh.
10. Konsultasikan ke dokter atau bidan jika memang Anda memiliki riwayat keguguran atau kehamilan yang bermasalah. Jika Anda merasa tidak nyaman, bicara ke dokter atau bidan adalah solusi yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar