Senin, 26 Desember 2011

7 Cara Mudah Atasi Hangover Usai Pesta

imgMeminum banyak minuman beralkohol saat pesta, kerap kali membuat Anda merasa pusing dan mual keesokan harinya. Inilah yang disebut hangover. Seperti yang dikutip dari Menshealth, berikut tujuh cara untuk mengatasi hangover.
 
1. Minum Air
Alkohol merupakan diuretik yang dapat membuat dehidrasi, itulah alasan mengapa Anda seringkali buang air kecil setelah meminum alkohol. Menurut Daniel K. Hall-Flavin, M.D., seorang konsultan psikiatri kecanduan di Mayo Clinic, menyarankan agar meminum setengah liter air sebelum tidur. Selain itu, ia juga merekomendasikan agar Anda memesan segelas air saat meminum bir. Hal ini berguna untuk menggantikan cairan yag hilang akibat alkohol.

2. Hindari Minuman Berenergi
"Meskipun efek diuretik alkohol dapat menyebabkan tubuh kehilangan elektrolit, tapi tidak harus digantikan dengan segera,"ujar Samir Zakhari, direktur divisi metabolisme dan kesehatan di National Institute. Penelitian juga menunjukkan bahwa minuman penambah energi tidak lebih baik daripada air.

3. Minum Air Setelah Meminum Kopi
Banyak orang yang mengalami hangover dan memilih kopi untuk membuat mereka tetap terjaga di kantor. Walau kopi dapat membantu mengurangi sakit kepala dan migrain, tetapi manfaat ini tidak berlangsung lama. Para peneliti mengatakan bahwa kopi sama seperti alkohol, bisa sebabkan dehidrasi. Jika Anda memilih kopi untuk mengatasi hangover, jangan lupa untuk meminum air setelahnya.

4. Makan Roti atau Biskuit
Saat perut Anda terasa tidak nyaman, kadar gula dalam darah kembali normal. Biasanya ketika kadar gula dalam darah menurun, hati akan bereaksi dan memproduksi lebih banyak glukosa dari karbohidrat yang tersimpan. Tetapi jika Anda terlalu banyak minum, hati akan sangat sibuk memetabolismekan alkohol sehingga kadar gula menjadi menurun dan Anda merasa mudah marah serta lelah. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti gandum atau biskuit.

6. Makan Sebelum Minum Alkohol
Jangan minum alkohol dengan perut kosong. Isilah perut dengan makanan yang mengandung karbohidrat, ini akan membantu Anda mengatasi hangover keesokan harinya. Makanan dapat memperlambat penyerapan alkohol ke dalam tubuh sebelum akhirnya masuk ke dalam aliran darah.

7. Hati-hati Ketika Minum Obat Penghilang Rasa Sakit
Anda boleh saja menghilangkan rasa pusing di kepala dengan meminum obat penghilang sakit seperti aspirin, ibuprofen dan naproxen tapi hindari obat asetaminofen seperti Tylenol. "Meskipun baik untuk sakit kepala, namun bila dikombinasikan dengan hati yang bekerja ekstra untuk memetabolismekan alkohol maka dapat menyebabkan kerusakan hati dan kematian," ujar Dena Davidson, mantan profesor asosiasi di Indiana University School of Medicine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar