Kamis, 29 Desember 2011

4 Cara untuk Dapatkan Tidur yang Berkualitas

imgTidur merupakan waktu istirahat untuk organ-organ internal seperti mata dan otak. Tidur yang berkualitas sangatlah penting karena dapat mengembalikan pasokan energi yang telah habis digunakan sehari-hari. Seperti yang dikutip dari Health, simak empat aturan untuk dapatkan waktu tidur yang berkualitas.
 
1. Buat Kamar Tidur Anda Gelap
Tubuh manusia telah diprogram untuk bisa tertidur ketika hari sudah gelap. Adanya cahaya justru bisa menghambat produksi melatonin, hormon yang membuat orang tertidur. Bahkan jika sedang tidur, cahaya pun dapat dideteksi menembus kelopak mata.

Menurut Joyce Walsleben, PhD, profesor di New York University School of Medicine, "Otak yang memproduksi melatonin akan bingung antara siang dan malam. Anda butuh kegelapan yang cukup di kamar tidur."

Selain itu, penelitian di Amerika membuktikan bahwa paparan cahaya yang terlalu banyak di malam hari bisa membuat seseorang depresi. Menurut Profesor Psikolog dan Neuroscience Randy Nelson, cahaya lampu bisa membuat sel-sel tidak bisa beristirahat dengan baik.

"Banyak orang sering menggunakan lampu di malam hari, padahal itu bisa meningkatkan energi panas dalam tubuh yang akan membuat sel-sel tubuh yang harusnya beristirahat menjadi stres dan efeknya adalah perilaku depresi yang buruk bagi kesehatan," jelas Nelson.

2. Buat Suhu Kamar Tidur Anda Dingin
Suhu tubuh akan mengalami penurunan ketika tidur, oleh karena itu pendingin kamar atau AC bisa membuat Anda lebih mudah ngantuk dan tidur dengan lelap. Kebanyakan para ahli menyarankan agar mengatur suhu kamar 5 hingga 10 derajat lebih rendah, dari suhu rata-rata ruangan Anda di siang hari.

"Hal ini berbeda-beda bagi setiap orang, tetapi suhu kamar tidur Anda harus lebih dingin dari suhu ruangan pada siang hari," terang Joyce Walsleben lagi.

3. Buat Kamar Anda Tenang
Jika suara bising seperti suara mobil, lolongan anjing, suara obrolan orang atau angin jelas terdengar dari kamar Anda, maka menaruh karpet tebal atau tirai yang berat di kamar tidur bisa menjadi alternatif peredam suara. William C. Dement, MD, profesor di Stanford University dan penulis buku 'The Promise of Sleep' menyarankan, jika Anda mudah tertidur dengan alunan lagu, gunakan alat pemutar yang memiliki fitur 'sleep' sehingga bisa mati secara otomatis setelah 30 atau 60 menit.

4. Buat Kamar Anda Nyaman
Singkirkan semua hal yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari fungsi utama kamar, tidur dan bercinta. Hindari menaruh treadmill, televisi, komputer atau benda-benda lain yang mengingatkan Anda pada tekanan dan stres. Menambahkan barang-barang yang mengingatkan pada kenangan indah, warna-warna yang menenangkan, atau alunan suara air mengalir dari CD, akan membuat Anda mudah mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar