Minggu, 12 Agustus 2012

5 Makanan Untuk Tingkatkan Energi Saat Berpuasa

 Sering lemas ketika berpuasa? Mungkin Anda kekurangan vitamin dan mineral dalam santapan sahur Anda. Berikut adalah jenis makanan yang bisa tingkatkan energi, seperti yang dikutip dari iDiva.
img 
1. Oatmeal
Dibanding makan nasi putih saat sahur, mengkonsumsi oatmeal akan membuat Anda kenyang lebih lama karena jenis makanan ini dicerna perlahan oleh tubuh. "Oatmeal akan menyediakan energi berjam-jam karena kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi. Makanan ini juga menjaga gula darah pada tingkat yang optimal," seperti yang diungkapkan Smruti Gokhale, seorang ahli gizi.

2. Pisang
Pisang akan menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh, dan disarankan untuk konsumsi buah ini beberapa jam sebelum Anda berpuasa agar tetap berenergi. Selain menjadi sumber karbohidrat, pisang juga efektif untuk memicu pelepasan dopamin atau zat kimia yang dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda.

3. Kacang-kacangan
Tambahkan kacang-kacangan dalam menu sahur Anda. Kacang yang mengandung mineral dan zat besi ini akan membantu tubuh menghasilkan sel darah merah, yang akan membawa oksigen ke otot ketika Anda beraktifitas dan juga membangun stamina.

4. Sayuran Hijau
Selain sehat, sayuran hijau juga akan membantu tubuh Anda terhindar dari lemas saat berpuasa. Sayuran mengandung mikronutrien yang penting dalam pembentukan stamina dan sel darah merah. Selain itu, sayuran juga mengandung serat sehingga dicerna perlahan dan tetap mempertahankan tingkat glukosa darah tetap imbang.

5. Daging Tanpa Lemak, Ikan, dan Telur
Konsumsi daging tanpa lemak jika Anda ingin kuat berpuasa. Daging membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna sehingga perut akan merasa kenyang lebih lama. Gokhale menambahkan, "Konsumsi makanan mengandung protein seperti daging, ikan dan telur sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan juga memperbaiki dan membangun otot-otot tubuh Anda".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar