Kamis, 16 Agustus 2012

VIDEO: Jembatan Layang Tertinggi di Indonesia


Kelok Sembilan, Sumatera Barat

Jembatan ini memiliki ketinggian 65 meter.


 Jembatan layang tertinggi di Indonesia akhirnya rampung dan sudah bisa dilewati kendaraan. Jembatan ini bukan berada di Pulau Jawa, tetapi di Sumatera, tepatnya di Sumatera Barat. 

Jembatan layang ini diberi nama Jembatan Kelok Sembilan yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Uji coba jembatan yang sempat tertunda ini akhirnya berhasil dilakukan setelah dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Jembatan ini memiliki ketinggian 65 meter dan menjadi jembatan layang tertinggi di Indonesia. Dengan adanya jembatan ini, ratusan pengendara dari arah Riau bisa melintas dan tiba di Sumatera Barat dengan nyaman.

Sesuai dengan namanya, jembatan layang ini juga memiliki sembilan belokan. "Ini untuk membantu masyarakat Riau yang pulang kampung ke Sumatera Barat," kata Irwan Prayitno.
Lihat VIDEO: Jembatan Layang Tertinggi di Indonesia.

Jembatan ini dibuka untuk mengurai jalan agar tidak terjadi kemacetan. "Ini akan dibuka sementara sampai H+7 Lebaran," kata gubernur yang juga politisi PKS itu. Selama uji coba ini, pengemudi hanya diperbolehkan menggeber kendaraannya maksimum 40 kilometer perjam.

Jembatan yang dibangun sejak 2004 ini terdiri dari dua tahap. Pertama, dengan anggaran Rp350 miliar untuk empat jembatan sepanjang 720 meter dan jalan 2.000 meter. Tahap kedua dengan anggaran Rp180 miliar untuk 250 meter dan jalan 1.000 meter.  (umi)


© VIVA.co.id 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar