Memiliki bentuk payudara yang indah sudah jadi dambaan wanita. Namun seringkali kita lupa untuk merawatnya. 

Payudara merupakan salah satu aset penting bagi sebagian besar wanita. Memiliki bentuk payudara yang indah sudah jadi dambaan setiap kaum hawa. Namun seringkali kita lupa untuk merawatnya. 

Merawat payudara dapat kita lakukan sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang cukup mudah diperoleh, antara lain:

1. Siapkan handuk yang sudah direndam air hangat, minyak bulus, kapas basah, masker payudara, air mawar, air hangat, es, dan kapas yang telah dibasahi penyegar.

2. Mulailah dengan berbaring dalam posisi terlentang, bersihkan payudara dengan handuk yang sudah direndam air hangat.

3. Usap lembut kulit payudara dengan handuk tersebut, lalu keringkan. Oleskan minyak bulus, lalu pijat-pijatlah payudara dengan lembut selama 10-15 menit.

4. Bersihkan kembali payudara dengan handuk basah, lalu keringkan.

5. Tutup puting susu dengan kapas basah. Setelah itu campurkan masker dengan air mawar, kemudian oleskan secara merata pada payudara dengan menggunakan kuas. Biarkan selama 10-15 menit atau sampai masker kering.

6. Selanjutnya bilas payudara dengan air hangat hingga bersih, lalu kompres dengan es. Tepuk-tepuklah payudara dengan kapas yang telah dibasahi penyegar.

Bagi ibu yang menyusui, perawatan payudara dapat dilakukan dengan hal-hal sebagai berikut:

1. Agar bentuk payudara tetap baik, hindarilah hal-hal sebagai berikut: sering berendam dalam air hangat, sering merubah bobot, kekurangan protein, berolah raga tanpa BH, BH terlalu sempit dan kebiasaan membungkuk.

2. Agar payudara dapat berisi (montok) terutama bagi kaum ibu yang menyusui, lakukan dengan jalan meminum ramuan yang terbuat dari susu panas dan sepotong jahe tua. Caranya garang jahe sebesar ibu jari hingga hangus, kerik bagian yang hitam (arangnya), kemudian gepengkan dan masukkan ke dalam segelas susu hangat. Diamkan selama 1 jam sebelum diminum. Lakukan secara rutin tiap hari selama sebulan.

3. Abses terjadi akibat infeksi yang terlokalisir dan nanah terkumpul pada satu tempat. Bila terjadi hal seperti ini :Segera pergi ke dokter, dokter akan memberi obat antibiotika. Jika sudah sangat parah, mungkin akan dilakukan pembedahan kecil untuk mengeluarkan nanah.Selama payudara sebelah sakit, susuilah bayi dengan payudara satunya yang tidak sakit.Pompalah air susu dari payudara yang sakit dan buanglah.

4. Pakailah BH yang agak kencang untuk menahan payudara dan kompreslah payudara dengan air hangat atau air dingin. Cara ini membantu mengempiskan pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit. Caranya mula-mula kompres dengan botol air hangat, kemudian kompres dengan kantung berisi es. Lakukan bergantian beberapa kali. Keluarkan air susu dengan tangan atau pompa sebelum menyusui agar beban payudara berkurang. Minumlah obat penahan rasa sakit sesuai anjuran dokter.

5. Bila ibu yang tengah menyusui payudaranya membengkak, kompreslah dengan segenggam daun cabe yang ditumbuk sampai halus dan diberi sedikit kapur sirih. Lakukan berulang-ulang selama 2 hari.

6. Untuk menghindari tersumbatnya saluran air susu:Kenakanlah BH yang agak longgar agar saluran air susu tidak tertekan.Susui bayi agak lama supaya payudara kosong. Jika bayi sudah kenyang dan payudara masih penuh dengan air susu, pompalah keluar.Urut perlahan-lahan bagian yang bengkak agar sumbatan dapat terbuka dan air susu lancar. Susuilah bayi dengan merubah posisi. Berikan payudara yang sakit terlebih dahulu, lalu ganti dengan payudara sebelahnya yang sehat.

7. Wanita yang telah berusia setengah baya kadang-kadang payudaranya mulai mengendor. Agar dapat kencang kembali caranya sebagai berikut: ambil beberapa lembar daun sirih dan olesi minyak kelapa pada permukaannya, lalu panggang diatas api sampai layu (jangan sampai kering). Setelah itu tempelkan di sekeliling payudara selagi hangat-hangat kuku. 
Bila daun sirih telah dingin, gantilah dengan yang baru. Lakukan setiap ada kesempatan. Beberapa bulan kemudian payudara akan kencang kembali.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk merawat payudara Anda. Semoga dengan mengikuti tips tersebut, payudara Anda akan tampak kencang dan yang utama adalah selalu dalam kondisi sehat. (DuniaCewe)



Read More: http://poetradeep.blogspot.com/2011/10/tips-simple-merawat-payudara.html