Jumat, 04 November 2011

4 Cara Buat Suami Bersikap Lebih Terbuka




img
Dok. Thinkstock
Banyak pria yang merasa segan dan tertutup saat membicarakan masalah perasaan. Padahal komunikasi dua arah adalah kunci utama sebuah hubungan, terutama pernikahan. Lalu bagaimana cara agar suami mau lebih terbuka pada Anda? Simak empat tips yang dikutip dari sheknows di bawah ini.


1. Pilih Waktu yang Tepat
Jika ada sesuatu hal yang mengganggu pikiran, rasanya Anda siap mengutarakan hal tersebut pada pasangan tanpa peduli ia sedang sibuk atau tidak. Tentu itu adalah hal yang wajar, namun berbicara saat pasangan sedang santai adalah yang terbaik.


Saat si dia merasa tenang dan fokus, maka saat itulah kesempatan Anda untuk melakukan pendekatan terbuka lebar. Mengajaknya berbicara saat pasangan sedang stres hanya akan membuat ia semakin tertutup pada Anda. Ketika ingin melakukan diskusi serius mengenai apa yang dirasakan seseorang atau keadaan hubungan yang dijalin, waktu adalah segalanya.


2. Pilih Tempat yang Tepat
Sama seperti waktu, lokasi juga memberikan pengaruh ketika seseorang ingin membicarakan hal-hal serius. Jika memungkinkan, Anda bisa mengajak pasangan pergi ke tempat yang membuat Anda berdua merasa nyaman dan kondusif untuk berdiskusi. Jauhi tempat dengan musik keras, televisi, handphone, majalah atau tempat ramai. Cobalah coffee shop, taman terdekat atau sebuah resto kecil dekat rumah yang jarang dikunjungi orang.


3. Ajukan Pertanyaan Terbuka
Hindari mengajukan pertanyaan dengan jawaban 'ya' atau 'tidak'. Sebaiknya, ajukan pertanyaan yang membuatnya lebih terbuka, seperti "Apa yang kamu rasakan mengenai hal itu?", "Apa yang membuat kamu mengambil keputusan itu?", atau "Bagaimana hal ini bisa terjadi?". Dengan pertanyaan yang terbuka, pasangan pun mau tak mau akan menceritakan apa yang ia rasakan dan menjadi lebih terbuka pada Anda.


4. Jadilah Pemegang Kendali
Jika Anda ingin pasangan lebih terbuka, maka ambil kendali pembicaraan dan jangan lupa untuk memancing si dia dengan menceritakan perasaan Anda terlebih dulu. Berlakulah adil sehingga Anda menunjukkan padanya bahwa Anda pun bisa terbuka dalam setiap permasalahan. Sekali Anda bersikap terbuka padanya, tak menutup kemungkinan si dia juga akan melakukan hal yang sama.


sumber:wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar