Sabtu, 28 Juli 2012

Mudah Merasa Lelah? Ini Cara untuk Meningkatkan Energi

img Lemah, lesu, mudah ngantuk di siang hari dan cepat lelah merupakan tanda-tanda Anda kurang energi. Lelah bisa disebabkan karena banyak hal, seperti kurang tidur, anemia, diet yang salah atau terlalu banyak mengonsumsi gula. 
 
Banyak dari Anda yang berusaha meningkatkan energi dengan mengkonsumsi kafein. Padahal kafein bukan cara sehat untuk mengatasi rasa lelah. Dilansir Live Strong, ini dia cara mengatasi lelah dengan meningkatkan energi. 

Berolahraga
Menurut Healthbeat, sebuah media publikasi yang dimiliki oleh Harvard Medical school menyatakan bahwa hormone pinefrin dan norepinefrin yang dihasilkan selama dan setelah berolahraga adalah cara alami untuk mendapatkan energi tambahan. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke gym, jalan cepat bisa menjadi solusinya.

Minum Banyak Air Putih
Dengan banyaknya kandungan air putih dalam tubuh akan membantu Anda menjadi lebih semangat untuk menghadapi hari-hari yang padat kegiatan. Mayo Clinic, sebuah klinik ternama di Minnesota ini menyarankan kepada seluruh pasiennya untuk minum sedikitnya 8 gelas perhari, dan jika Anda yang berkegiatan disuhu yang lebih panas maka dibutuhkan lebih dari 8 gelas air putih setiap harinya.

Makan dengan Porsi Kecil
Makanan adalah sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Namun, cara Anda makan memainkan peran besar dalam pemenuhan energi dalam sehari. Menurut HealthGuidance, situs tentang kesehatan ini menginformasikan makan dengan porsi yang lebih kecil akan membuat pencernaan Anda mencerna lebih maksimal dan memberikan energi secara bertahap kepada tubuh Anda. Konsumsilah makanan sehat, dan bila Anda memerlukan snack, pilihlah yang sehat seperti buah-buahan segar dan hindari konsumsi gula berlebihan. 

Hindari Tembakau
Selain dapat menggangu kesehatan, tembakau yang masuk kedalam darah juga dapat menggangu aktifitas gelombang otak, mempercepat denyut jantung karena memiliki efek stimulan yang menyebabkan Anda susah tidur. Ketika Anda kurang tidur, maka kondisi keesokan harinya menjadi tidak prima. Efek yang sama dirasakan ketika Anda minum kopi di siang hari. Malamnya, Anda menjadi sulit tidur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar