Selasa, 21 Agustus 2012

Agar Suami Mau Bantu Bersihkan Rumah Saat Pembantu Mudik

imgMenjelang lebaran kesibukan mulai terasa ketika harus membersihkan rumah saat menyambut tamu-tamu yang datang. Namun pembantu rumah tangga pulang kampung, dan Anda harus mengerjakan semuanya sendirian.
 
Untuk situasi seperti ini, coba kerahkan tenaga orang-orang tersayang seperti suami untuk membantu. Ingin tahu caranya agar suami mau melakukan pekerjaan rumah tangga harian? Ini dia tipsnya.

1. Buat Daftar Pekerjaan
Untuk memulainya, buatlah sebuah daftar yang berisi tugas harian dan siapa yang bertanggung jawab mengerjakannya. Dari mencuci baju hingga membuang sampah, daftar ini akan membuat suami sadar mengenai banyak tugas yang perlu diselesaikan secara bersama.

2. Bagi Pekerjaan Sesuai Tingkat Kesulitan
Setelah membuat daftar pekerjaan rumah tangga, mulailah membagi-baginya menjadi tingkat mudah, sedang, atau sulit dilakukan. Anda bisa membaginya berdasarkan berapa lama waktu dan tenaga yang dibutuhkan dan seberapa sering tugas dilakukan.

Misalnya saja Anda bisa menempatkan 'membersihkan lantai' adalah tugas yang tergolong sulit, karena termasuk menyapu, mengepel dan tergantung dari luas rumah. Tulis juga pekerjaan diluar rumah seperti belanja bulanan, mengantar anak ke tempat les, membersihkan taman dan lain-lain.

3. Minta Bantuan
Kadang pria tidak sadar bantuannya sangat diperlukan sebelum Anda sendiri yang bicara dengannya. Ketika sedang waktu santai, mulailah dengan pembicaraan yang ringan terlebih dulu sebelum masuk pada topik pekerjaan rumah tangga, agar suami tidak merasa didesak atau dipaksa.

4. Ungkapkan Bahwa Anda Menghargai Semua Bantuannya
Ketika berbicara dengan suami soal saling membantu ini, ungkapkan bahwa kontribusinya akan memberi perubahan besar bagi pekerjaan rumah tangga. Katakan pula, Anda tidak mampu mengerjakan semuanya sendiri dan lebih baik bekerja sebagai satu tim agar lebih cepat selesai. 

Tunjukkan juga daftar pekerjaan yang telah dibuat dan tanyakan pendapatnya. Jangan memaksanya dengan berkata tidak adil jika Anda harus melakukan hampir semua tugas sendirian, mengeluh hanya akan membuat pasangan merasa terpaksa saat membantu Anda.

5. Pendekatan Sebagai Satu Tim Untuk Bekerja
Cari waktu dimana Anda dan suami dapat bekerja sebagai satu tim dan menyelesaikan pekerjaan dalam daftar seharian. Setelah itu, bersantailah dengan menonton film bersama atau pergi makan malam diluar. Akhir pekan sepertinya waktu yang tepat untuk memulai pendekatan sebagai tim ini.

6. Lebih Fleksibel dan Sabar
Bukan hal yang mudah untuk mengubah kebiasaan lama dengan kegiatan bekerja seperti ini. Jika suami tidak melakukan pekerjaan sebaik yang Anda harapkan, jangan menginterupsi dan langsung mengajarinya. Lebih baik biarkan ia melakukan sebisanya, kemudian Anda bisa mengevaluasinya saat waktu santai. Jika ingin suami terus menolong, Anda harus menerima cara yang dia lakukan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

7. Biasakan Berterima Kasih
Setiap suami selesai melakukan suatu hal, biasakan untuk memberi apresiasi agar dia merasa dihargai. Semakin Anda menunjukkan rasa terima kasih kepada pasangan, hal ini akan menjadi kebiasaan yang baik. Anda bisa tunjukkan rasa terima kasih dengan memasak makanan spesial favoritnya, atau berikan ciuman hangat setelah dia selesai melakukan tugasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar