Rabu, 09 November 2011

Makan Tomat Jantung Lebih Sehat




Makan Tomat Jantung Lebih Sehat
Foto : firehow.com
- Sayuran ini dikenal memiliki antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas. Ternyata kandungan nutrisinya yang kaya bisa juga menangkal beragam penyakit serius termasuk penyakit jantung dan kanker. 


Buah yang warnanya merah cantik ini mengandung banyak lycopene yang dikenal sebagai antioksidan. Rasanya asam segar, dengan kandungan air yang cukup banyak. Pertama kali ditemukan di sekitar Peru, Ekuador dan juga Bolivia. Tidak hanya enak, tapi mengandung manfaat besar buat tubuh. 


Baru-baru ini sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi tomat atau produk olahannya secara rutin memiliki resiko rendah terhadap serangan penyakit mematikan. Misalnya, kanker, osteoporosis, kerusakan kulit akibat radikal bebas, bahkan penyakit jantung atau kardiovaskular.


Sebuah studi yang dipimpin oleh Britt Burton-Freeman dan Kristin Reimers dari National Centre for Food Safety and TechnologyIllinois Institute of Technology and ConAgra Foods, Inc., pun turut menyebutkan bahwa, tomat memiliki peranan penting untuk tubuh. Karena tomat mengandung lycopene, antioksidan, antitrombotik dan anti inflamasi.


Dalam studi ini, para peneliti menemukan hubungan antara makan tomat dengan tingkat resiko yang rendah terhadap kanker, penyakit jantung, osteoporosis, kerusakan sel-sel kulit mati akibat paparan sinar matahari dan gangguan fungsi kognitif.


'Dengan hasil penelitian yang didapat mengenai manfaat tomat dan produk olahanya ini, bisa dipakai sebagai langkah sederhana atau sebagai obat alami untuk setiap orang agar terhindar dari sejumlah penyakit kronis lainnnya,' komentar para peneliti.


Selain itu, adanya penelitian ini bisa membuat orang beralih ke pola hidup yang lebih sehat. Dengan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan secara teratur. Terutama bahan makanan dengan jumlah lycopene atau antioksidan yang tinggi seperti tomat. 


Tomat bisa diolah menjadi sup, atau soto serta salad. Sayuran ini juga aman dikonsumsi segala usia, baik orang tua, remaja, maupun anak-anak. Semakin cerah (merah) warna tomat, semakin banyak kandungan lycopenenya.
sumber:detikFood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar