Minggu, 06 November 2011

Awas, Bencana di Balik Waxing dan Botox

Sejumlah metoda perawatan dan produk kecantikan ini dinilai berbahaya oleh para ahli.

i Dwi Puji Astuti
Wanita melakukan waxing (doc. Corbis)

- Melakukan perawatan kecantikan tubuh seolah menjadi ritual yang harus dijalani kebanyakan kaum wanita. Mereka bahkan rela mengeluarkan anggaran yang tak sedikit demi tampil cantik. Mulai dari waxing, manikur dan pedikur, penyamakan kulit hingga botox, ritual kecantikan itu banyak dilakoni kaum hawa.
Namun, tahukah Anda  bencana kosmetik mengintai saat sebagian besar kaum wanita melakukan perawatan kecantikan mahal tersebut. Untuk itu, Anda perlu waspada sebelum melakukannya. Bukan tidak mungkin penggunaan bahan kimia dan penggunaan alat canggih dalam metode perawatan tubuh bisa menimbulkan bencana.
Anda perlu tahu efek buruknya sebelum memutuskan melakukan botox atau perawatan kecantikan lainnya. Berikut adalah beberapa produk dan perawatan kecantikan yang dinilai berisiko seperti diberitakan Times of India:

Laser hair removal

Teknik menghilangkan rambut tubuh secara permanen menggunakan laser kini banyak diminati kaum wanita. Kedengarannya menarik. Demi tampil mulus tanpa bulu, banyak wanita melakukannya.
Namun, prosedur laser hair removal efektif dan bermanfaat hanya jika dilakukan oleh seorang praktisi yang berpengalaman. Penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan hiper pigmentasi, kulit melepuh, timbul jaringan parut, bahkan bisa menimbulkan luka bakar.
Untuk menghindari kecelakaan seperti ini, penting untuk membatasi paparan sinar matahari beberapa minggu setelah menjalani prosedur ini. Saat menggunakan alat ini pun perlu diperhatikan  pengaturan laser yang tepat  yang cocok dengan jenis kulit dan pertumbuhan rambut.

Manikur dan pedikur

Manikur dan pedikur di salon memang bisa membuat tubuh merasa santai. Namun, sebuah laporan yang dirilis oleh Professional Beauty Association, the National Cosmetology Association and the Nail Manufacturers Council, mengatakan bahwa sangat penting untuk mengevaluasi kebersihan tempat  di mana Anda melakukan teknik kecantikan ini.
Salon kecantikan yang tidak memperhatikan kebersihan bisa menimbulkan bencana. Sejumlah infeksi dan kecelakaan bisa saja terjadi karena tidak melakukan pedoman perawatan kecantikan yang benar. Tanda-tanda umum infeksi, termasuk rasa sakit, kutikula merah bengkak serta perubahan dalam bentuk kuku. Sering kali, prosedur salon yang tidak sesuai standar dapat menyebabkan infeksi jamur dan bakteri yang mungkin sulit untuk diobati.

Tanning bed (penyamakan kulit)

Sangat sering orang menggunakan tanning bed untuk tujuan kosmetik agar kulit terlihat sehat dan berkilau. Tapi, sejumlah organisasi seperti American Academy of Dermatology dan Organisasi Kesehatan Dunia telah menyarankan agar tidak berlebihan dalam menggunakan teknik perawatan kecantikan ini. Mereka meyakini bahwa bahaya dari over-exposure metode penyamakan kulit ini dapat menyebabkan kerusakan kulit dan kanker mata. Selain itu, penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa penyamakan juga menyebabkan penuaan dini.

Botox
Dianggap sebagai salah satu penemuan kosmetik yang paling revolusioner untuk meminimalkan efek keriput. Prosedur ini melibatkan pemberian toksin botulinum tipe A dengan melumpuhkan sementara otot-otot wajah. Jika tidak disuntikkan dengan benar, efek sampingnya bisa menimbulkan kemerahan sementara di kulit, memar, serta bisa menyebabkan terjadinya kelemahan otot. Biasanya, komplikasi ini terjadi karena terlalu banyak toksin botolinum tipe A yang disuntikkan.

Waxing daerah intim

Meskipun jarang, ada bahaya tertentu yang berkaitan dengan prosedur waxing bikini atau waxing daerah intim. Beberapa efek samping yang paling umum termasuk infeksi bakteri dan ragi. Selain itu, ada juga kasus penyakit menular seksual seperti herpes yang terjadi karena lilin bikini.
Namun, untungnya, potensi bahaya ini dapat dihindari, asalkan dilakukan dengan prosedur yang benar dan menggunakan tenaga profesional berpengalaman. Dan pastikan pula. produk yang digunakan dari sebuah perusahaan terkenal dan bermerek.

Waxing alis
Sama seperti prosedur kecantikan lainnya yang berbahaya, melakukan waxing alis juga perlu dilakukan oleh ahli kecantikan berlisensi. Dan pastikan juga, bahwa Anda menggunakan krim berbasis lilin untuk menghindari segala jenis kulit lecet atau kemerahan.

Pewarnaan rambut
Memilih  produk pewarnaan rambut juga tidak boleh sembarangan. Pastikan produk yang digunakan adalah produk pewarnaan rambut bebas amoniak. Amoniak pada produk perawatan rambut Anda dapat menyebabkan kerusakan dan rambut mudah rapuh. (kd)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar