Rabu, 09 November 2011

Teknik Relaksasi yang Mudah untuk Kurangi Stres Sehari-Hari


img
(Foto: thinkstock)
 Teknik relaksasi dapat mengurangi gejala stres dan membantu seseorang untuk menikmati kualitas hidup yang lebih baik, terutama jika memiliki penyakit tertentu. Teknik relaksasi dapat dilakukan dengan mudah untuk membantu mengatasi stres sehari-hari.


Baik itu karena stres yang terkait dengan berbagai masalah kesehatan seperti kanker dan nyeri maupun pekerjaan. Dengan mempelajari teknik relaksasi dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari untuk membantu mengelola stres.


Menerapkan teknik-teknik relaksasi dalam kehidupan sehari-hari dapat mengurangi gejala stres dengan mekanisme, antara lain:


  1. Memperlambat detak jantung
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Memperlambat laju pernapasan
  4. Meningkatkan aliran darah ke otot-otot utama
  5. Mengurangi ketegangan otot dan sakit kronis
  6. Meningkatkan konsentrasi
  7. Mengurangi kemarahan dan frustrasi
  8. Meningkatkan kepercayaan diri untuk menangani masalah


Untuk mendapatkan manfaat positif yang paing efektif adalah dengan menggunakan teknik relaksasi bersama dengan kegiatan positif lain, seperti berolahraga, cukup tidur, dan memiliki waktu yang berkualitas bersama keluarga dan teman-teman yang mendukung.


Jenis teknik relaksasi


Teknik relaksasi dapat diajarkan oleh dokter, terapis, dan petugas kesehatan lainnya. Namun mempelajari beberapa teknik relaksasi juga dapat dilakukan dengan belajar sendiri. Seperti yang dikutip dari MayoClinic, Rabu (9/11/2011), ada beberapa jenis utama teknik relaksasi yang mudah dilakukan sehari-hari, antara lain:


1. Autogenic relaxation
Relaksasi jenis ini dilakukan dengan menggunakan kedua bayangan visual dan kesadaran tubuh untuk mengurangi stres. Seseorang dapat mengulangi kata-kata atau saran dalam pikiran untuk merilekskan dan mengurangi ketegangan otot.


2. Progressive muscle relaxation
Teknik relaksasi ini dilakukan dengan cara fokus pada kontraksi dan relaksasi pada otot-otot tubuh. Latihan ini membantu seseorang untuk fokus pada perbedaan antara ketegangan dan relaksasi otot.


Salah satu metode relaksasi otot progresif adalah dengan menegangkan dan mengendurkan otot-otot jari-jari kaki dan secara progresif bekerja hingga leher dan kepala. Teknik ini juga dapat dimulai dari kepala dan leher dan bekerja turun ke jari-jari kaki.


3. Visualisasi
Dalam teknik relaksasi, dapat dilakukan dengan membentuk citra mental untuk mengambil sebuah perjalanan visual untuk situasi dan kondisi yang damai. Selama visualisasi, cobalah untuk menggunakan indera sebanyak mungkin.


sumber:detikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar