Rabu, 09 November 2011

Yuk, Makan Sayur dan Buah Segar Agar Jantung Sehat!









Yuk, Makan Sayur dan Buah Segar Agar Jantung Sehat!
Foto : lifesourceintervention.com
- Sayuran dan buah segar harganya relatif murah. Kaya serat, vitamin dan mineral. Karenanya dianjurkan makan 5 porsi per hari. Bukan hanya tubuh jadi sehat dan ramping, resiko penyakit jantung bisa dikurangi. 


Sayuran dan buah segar menjadi sumber serat yang penting dalam proses pencernaan. Buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral tinggi. Buat penggemar sayuran dan buah segar bisa berlega hati karena sejumlah khasiat hebatnya bakal didapat. 


Sebuah penelitian di Eropa menyebutkan bahwa orang yang banyak makan sayur dan buah memiliki resiko lebih rendah terhadap kematian yang disebabkan serangan jantung iskemik (SJI) atau penyakit jantung koroner (PJK).


Penyakit jantung iskemik (PJI) ini ditandai dengan berkurangnya pasokan darah ke jantung dan menunjukan gejala-gejala seperti nyeri atau rasa sakit pada dada. Biasanya diawali dengan serangan jantung sebelum terkena panyakit jantung.


Penelitian yang dipimpin Dr Francesca Crowe dari Cancer Epidemiology UnitUniversity of Oxford, UK ini, melibatkan lebih dari 300.000 orang di 8 negara Eropa yang berbeda. 1.636 diantaranya meninggal terkena serangan jantung akibat kurangnya asupan buah dan sayur pada menu harian mereka.


Data dari studi jantung yang dilakukan European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) menunjukkan mereka yang makan sedikitnya 8 porsi buah serta sayuran segar, memiliki resiko 22% lebih rendah terkena penyakit jantung dibanding mereka yang makan kurang dari tiga porsi sehari sayur dan buah.Satu porsi 80 gram atau setara dengan 1buah pisang kecil, setengah apel dan wortel berukuran kecil.


Penelitian yang telah dipublikasikan dalam European Heart Journal ini, menunjukan adanya kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral tinggi pada sayur dan buah yang baik untuk memperlancar saluran pembuluh darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung serta stroke.


'Makani 5 porsi buah dan sayur-sayuran segar setiap hari secara rutin bisa memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung sebanyak 4%, dibanding mereka yang hanya mengkonsumsi empat porsi sayur dan buah setiap harinya', ungkap para peneliti.


sumber:detikFood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar