Jumat, 24 Agustus 2012

Tanda-tanda Rumah Tangga Anda Dalam Masalah

Setiap hubungan pernikahan mempunyai keunikan masing-masing. Begitu pula dengan rumah tangga Anda dan pasangan. Namun, jika sudah ada tanda-tanda pernikahan mulai goyah, ada baiknya Anda menyadari hal tersebut agar cepat diatasi. Apa saja tandanya? Bacalah 19 poin-poin berikut yang dirangkum dari About.
img 
1. Sering Bertengkar
Jika Anda dan pasangan tidak jarang berdebat karena suatu hal yang terkadang sepele berarti rumah tangga kalian mulai rapuh. Hal ini perlu segera diatasi agar hubungan tidak semakin retak.

2. Menarik Diri Satu Sama Lain
Bila Anda telah berjauhan satu sama lain, bahkan kurang peduli dengan pasangan, itu tanda pernikahan dalam masalah. Segera evaluasi hubungan agar bisa menciptakan solusi bersama.

3. Tidak Adil
Pernikahan yang sedang bermasalah salah satu tandanya ialah tidak ada lagi keadilan antara kedua belah pihak. Sebagai contoh, suami selalu melarang Anda pergi bareng teman pria sedangkan dia sering sekali jalan dengan teman wanitanya.

4. Sering Menyindir
Bila Anda dan pasangan suka saling menyindir kesalahan-kesalahan yang telah lalu berarti hubungan pernikahan Anda dalam masalah.

5. Jarang Pergi Berdua untuk Bersenang-senang
Kalau Anda dan suami jarang pergi berdua untuk bersenang-senang, tandanya ada yang tidak beres dengan pernikahan kalian. Contohnya, pasangan Anda lebih suka menghabiskan waktu dengan teman bisnisnya daripada kencan bersama Anda.

6. Tidak Mau Mendengar Perkataan Pasangan
Tidak mau mendengarkan nasihat atau omongan pasangan berarti hubungan kalian sedang bermasalah. Cepat selesaikan hal tersebut sebelum terlambat.

7. Tidak Membicarakan Masalah Anda
Suami berperan sebagai orang yang paling dipercaya dalam hidup Anda. Kalau sudah tidak mau membicarakan berbagai masalah yang ada, hal ini menandakan pernikahan kalian mulai retak.
img 
8. Tidak Menghormati Satu Sama Lain
Setiap pasangan menikah harus menghormati satu sama lain. Jika sudah tidak peduli dengan sikap hormat, itu tanda rumah tangga bermasalah.

9. Tidak Memiliki Tujuan yang Sama
Pasangan seharusnya bisa membangun tujuan bersama untuk menciptakan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera. Kalau tidak memiliki tujuan yang sama, tanda ini penting diperhatikan.
10. Saling Curiga
Curiga wajar saja, tapi jangan berlebihan. Curiga yang keterlaluan akan menimbulkan masalah. Mulai saling mencurigai merupakan tanda pernikahan rapuh.

11. Tingkat Keintiman Berkurang
Pernikahan yang memiliki 'goncangan' bisa ditandai oleh gairah seksual yang menurun.

12. Rayuan Bisa Menyakiti Hati
Pria suka merayu wanitanya dengan lembut. Akan tetapi, bila cara menggodnya sudah menyakitkan berarti hubungan kalian mulai bermasalah.

13. Ada Rahasia
Salah satu dari Anda berdua memiliki rahasia pribadi yang tidak mau diberitahukan kepada pasangan. Ketidakjujuran itu sebab timbulnya masalah.

14. Pasangan Menjalin Komunikasi Kembali dengan Mantannya
Bila pasangan mulai berkomunikasi lagi dengan mantannya, tapi tidak memberitahukan Anda, berarti ada yang disembunyikan. Ini juga tanda rumah tangga tidak harmonis.

15. Pasangan Menjauhkan Anda dari Keluarga dan Teman-teman
Jika dia mengisolasi Anda dari semua kerabat terdekat, itu tanda hubungan yang tidak sehat. Anda perlu kompromi dengannya mengenai hal ini.

16. Berbohong Tentang Uang
Jika pasangan sudah berbohong tentang uang, baik menyembunyikannya maupun berubah menjadi hemat, berarti ada sesuatu yang dirahasiakan.

17. Merasa Bahagia Bila Pasangan sedang Pergi
Jika Anda merasa bahagia saat pasangan sedang pergi, tandanya Anda tidak lagi ingin bersama dia. Maka dari itu, coba bicara berdua pasangan untuk mendapatkan jalan keluar terbaik.

18. Ada Kekarasan Fisik atau Mental Dalam Pernikahan
Kalau pasangan tiba-tiba berubah menajdi kasar sehingga sering melakukan kekerasan mental bahkan fisik, berarti keharmonisan rumah tangga kalian telah hancur. Sebaiknya, minta bantuan anggota keluarga terdekat.

19. Tidak Setia
Ketidaksetiaan jelas merupakan tanda dari retaknya sebuah hubungan. Bila pasangan sudah tidak setia, Anda perlu bicara serius dengannya hingga mendapatkan kepastian dengan pernikahan kalian.

Menurut psikolog asal Amerika Serikat Scott Haltzman, "Jika Anda mengalami kesulitan dalam pernikahan, lihatlah bagaimana hubungan pernikahan Anda dan bicara kepada pasangann untuk menemukan solusi yang terbaik."

Saran juga diberikan oleh seorang konselor pernikahan, Silvana D. Raso. Dia menjelaskan kalau pernikahan tidak ada yang sempurna. Namun, Anda harus pintar menjaga hubungan tersebut serta memperhatikan tanda-tanda yang bisa menghancurkan pernikahan Anda bila tidak segera diselesaikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar