Sabtu, 10 November 2012

Hal-hal yang Boleh & (Sebaiknya) Tidak Diceritakan kepada Suami

img Kejujuran adalah hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap pasangan, terlebih jika sudah menikah. Namun meski berada dalam satu atap, tidak semua hal dapat diceritakan kepada pasangan. Ada beberapa hal yang memang harus didiskusikan, tetapi beberapa hal lainnya lebih baik disimpan sendiri.

Penting bagi Anda untuk mengetahui dan memastikan kapan waktu untuk berbicara dan kapan waktunya harus bersikap tenang, karena selain dapat menjaga hubungan Anda dengan pasangan, merahasiakan beberapa hal juga dapat membantu Anda untuk meminimalisir masalah rumah tangga. Seperti yang dikutip oleh Canadian Living, berikut adalah 10 hal yang boleh dan tidak boleh diceritakan kepada suami.

Hal yang boleh diceritakan kepada suami:

1. Rincian Keuangan
Membicarakan masalah keuangan adalah hal penting dalam sebuah pernikahan. Anda dan pasangan dapat berdiskusi mengenai pemasukan dan barang-barang apa saja yang boleh dibeli untuk kebutuhan rumah. Berdiskusi adalah hal penting untuk merekatkan hubungan Anda dengan pasangan.

Seperti yang dikatakan Terri Orbuch dalam bukunya 5 Simple Steps to Take Your Marriage from Good to Great. "Ketika kedua pasangan terlibat dalam suatu diskusi untuk pembelian besar, masing-masing dari mereka akan merasa menjadi bagian dari suatu tim. Hal itu penting dilakukan untuk kebahagiaan pernikahan.”

2. Apa yang Anda Suka dan Tidak Saat di Tempat Tidur
Mungkin agak sulit bagi Anda untuk membicarakan kehidupan seks dengan pasangan, tetapi itu adalah hal penting yang harus dibicarakan berdua. Temukan waktu yang tepat untuk mengatakannya dan pastikan hal tersebut tidak akan menyakiti hatinya. Ingatlah, bahwa selalu ada beberapa cara untuk mengatakan sesuatu.

3. Pertemuan Keluarga yang Tidak Menyenangkan
Anda pasti ingin selalu menjaga perasaan pasangan Anda, tetapi jika setiap pertemuan keluarga membuat Anda tak nyaman, sampaikan kepadanya. Katakan bahwa salah seorang keluarganya ada yang mengganggu Anda. Mintalah ia untuk menyampaikan beberapa ide yang dapat membantu mengatasi hal tersebut, dan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan saat berada di kondisi yang sama di kemudian hari.

4. Masalah Kesehatan
Hal lain yang perlu Anda bicarakan kepada pasangan adalah masalah kesehatan. Jika Anda memiliki masalah kesehatan, pasangan akan membantu Anda mencari beberapa alternatif dan membuat keputusan.

5. Rincian Pekerjaan dan Kehidupan Sosial
Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa 98% pasangan yang bahagia mengatakan bahwa mereka saling mengenal dan memahami pasangannya. Menceritakan tentang pekerjaan dan kehidupan sosial kepada pasangan merupakan salah satu indikator yang membuat hubungan menjadi lebih intim.

Hal yang Tidak Harus Diceritakan Kepada Suami:

1. Komentar Negatif
Pasangan Anda tidak perlu mendengar komentar-komentar negatif dari keluarga dan teman-teman Anda tentang dirinya. Anda tentu menginginkan keluarga dan teman-teman menyukai pasangan Anda dan sebaliknya, bukan? Jadi, simpanlah segala komentar tidak menyenangkan itu dan bersikaplah seperti biasa.

2. Mengatakan Hal-hal yang Tidak Bisa Diubah
Beberapa wanita ingin sekali pasangannya terlihat menarik di depan orang banyak, salah satunya dengan memberikan kritik. Jika hal itu yang Anda lakukan, berhentilah. Selalu mengomentari rambut yang mulai rontok dan membuat si dia tampak botak, serta mempermasalahkan tinggi badannya adalah sikap yang tidak baik. Bersikaplah terbuka dan menerima setiap kekurangan yang dimiliki pasangan Anda.

3. Menceritakan Rahasia Teman
Jika seorang teman menceritakan sesuatu dan meminta untuk merahasiakannya, simpanlah baik-baik rahasia tersebut, termasuk kepada suami. Anda sama sekali tidak berkewajiban untuk berbagi rahasia orang lain dengan pasangan, terlebih apabila yang diceritakan merupakan pengalaman pribadinya.

4. Perasaan Negatif Tentang Keluarganya
Anda mungkin tidak menyukai keluarganya, tapi sebaiknya simpanlah komentar-komentar negatif tentang mereka untuk diri Anda sendiri. Jika ternyata Anda memiliki masalah terhadap salah seorang anggota keluarganya, mintalah beberapa saran untuk mengatasi masalah tersebut. Tapi, jangan terlalu berlebihan. Hindari mengungkapkan perasaan negatif yang berlebihan kepada pasangan.

5. Menyukai Seseorang
Tidak masalah jika Anda mengagumi seseorang, tetapi Anda tidak perlu memberi tahu pasangan, terlebih jika ia mengenal orang tersebut. Bukan hanya akan membuatnya cemburu, mengatakan bahwa ada seseorang yang telah membuat Anda tertarik juga akan membahayakan hubungan Anda dan pasangan. Lagipula bisa jadi itu adalah perasaan sesaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar