Selasa, 10 April 2012

4 Cara Untuk Mencegah Kanker Kandungan

imgKanker merupakan tumor ganas yang bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, misalnya pada kandungan (uterus) yang terdiri dari tiga bagian; leher rahim, badan rahim dan dua saluran telur.
 
Selain dapat menyebabkan kematian, kanker jenis ini bekerja dengan sangat cepat karena sel-sel kanker itu sendiri dapat menyebar dan merusak organ maupun jaringan yang berada di dekatnya.

Dalam acara Talkshow Kesehatan dan Kecantikan bersama Dewi Sri Spa dan Rudy Hadisuwarno Cosmetic, seorang ahli onkologi, Dr. Toto Imam, Sp. OG (K) Onk mengatakan, "Penyebab kanker umumnya datang dari lingkungan (carcinogens). Misalnya chemicals yang bisa datang dari bahan kosmetik maupun makanan. Kemudian virus dan radiasi ultra violet."

Sel-sel yang tadinya normal, bisa rusak akibat pengaruh bahan-bahan tersebut. Namun, sel tersebut tidak hanya bisa rusak bahkan bisa membuat sel menjadi tidak berfungsi lagi (mati). Lalu bagaimana carcinogens tersebut bisa masuk ke tubuh?

- Penyerapan melalui tubuh, seperti di usus (akibat makanan dan minuman)
- Inhalasi, karena menghirup gas, asap dan uap air (polusi udara).
- Kontak seksual (virus)

Ada beberapa penyebab terjadinya kanker kandungan, yaitu karena riwayat kesehatan (pernah terkena kanker payudara sebelumnya), bisa juga karena riwayat keluarga (ada keluarga yang terkena kanker kandungan), virus dan karena penggunaan pil kontrasepsi. Simaklah beberapa cara untuk mencegah kanker kandungan di bawah ini:

1. Jauhi Rokok
Apabila Anda salah satu wanita yang suka merokok, maka mulai sekarang jauhilah rokok tersebut. Selain dapat mengakibatkan penyakit pada jantung dan paru-paru, kandungan nikotin pada rokok dapat menyebabkan kanker.

2. Pencucian Vagina
Jika terbiasa mencuci vagina dengan menggunakan antiseptik, sebaiknya mulai saat ini harus dihindari. Cucilah dengan air biasa. Pencucian vagina dengan bahan-bahan kimia jangan dilakukan secara rutin kecuali bila ada saran dari dokter.

3. Hindari Hubungan Seksual Terlalu Dini
Wanita di bawah usia 16 tahun yang melakukan hubungan seks rawan terkena kanker ini. Hubungan seks idealnya dilakukan pada umur 20 tahun ke atas, karena alat reproduksi wanita belum matang sebelum mencapai usia tersebut.

4. Setia Pada Pasangan
Berganti-ganti pasangan juga sangat berbahaya, karena selain bisa menularkan penyakit kelamin, juga bisa memicu kanker. Oleh karena itu setialah pada pasangan Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar