Rabu, 11 April 2012

6 Kesalahan Keuangan yang Biasa Dilakukan Pengantin Baru

imgUang merupakan barang yang paling sensitif dibicarakan. Tidak hanya dengan orang lain, dengan pasangan pun juga bisa menjadi bumerang. Bagi pengantin baru, mengatur keuangan bersama tidaklah mudah. 

Banyak pasangan yang baru menikah tidak mengontrol pengeluaran mereka dengan baik. Bisa jadi Anda dan pasangan lupa kalau kalian sudah tidak lagi single dan sedang membina rumah tangga. Dengan sedikit kesadaran, Anda bisa terhindar dari kesalahgunaan pemakaian uang setelah menikah. Lalu, apa kesalahan saat mengatur uang yang sering dilakukan oleh pengantin baru? Berikut enam kesalahan, dilansir dari Newlyweds.

1. Menghabiskan Uang seperti Masih Single
Ketika masih single, semua keputusan ada di tangan Anda. Begitu pula saat melakukan pengeluaran, Anda berhak memakai uang sesuka hati. Tidak sedikit wanita yang masih membawa kebiasaan tersebut setelah menikah. Tentu, hal ini tidak boleh dibiarkan. Anda harus sadar kalau sekarang Anda hidup berdua dengan pasangan. Semua keputusan serta pengeluaran lebih baik diskusikan bersama. Buat rekening bersama untuk mengatur uang kalian. Semua pengeluaran harus diketahui oleh kedua belah pihak demi keharmonisan rumah tangga Anda dan pasangan.

2. Makan Keluar Terlalu Sering
Makan di luar terlalu sering bisa menghambur-hamburkan uang Anda dan pasangan. Hal itu biasa dilakukan oleh pengantin baru. Mereka memilih makan di luar karena aktivitas keduanya begitu padat serta masih dalam tahap perubahan hidup dari single menjadi berkeluarga. Tidak salah memang, tapi kalau terus-menerus dilakukan, pengeluaran pun semakin membengkak. Lebih baik mencoba hemat dengan belajar masak di rumah. Ingat, banyak kebutuhan lain yang perlu dipikirkan untuk ke depannya. 

3. Gagal Menabung
Mungkin Anda sudah mempersiapkan pernikahan secara matang dan mempertimbangkan pengeluaran kalian. Setelah semua siap, Anda merasa akan berjalan lancar ke depannya. Pada kenyataannya, tidak demikian. Anda harus memikirkan biaya tidak terduga karena hidup memang tidak pasti. Bahkan, jika Anda sudah mengatur keuangan demi masa depan, Anda berdua masih butuh menabung, seperti biaya untuk hari tua atau mengirimkan anak ke perguruan tinggi.

4. Membiarkan Hutang
Materi sangat penting dipersiapkan sebelum menikah. Mungkin ada sebagian pasangan yang menikah karena biaya dari orang lain sehingga membuat mereka harus berhutang. Jika Anda salah satunya, jangan menimbun hutang tersebut. Anda membiarkan hutang karena ada kebutuhan yang lain yang lebih penting. Justru, hutang yang akan membebani hidup kalian. Selesaikan segera hutang Anda supaya tidak ada lagi beban yang harus ditanggung. 

5. Pengeluaran yang Tidak Penting
Mungkin sewaktu single, Anda banyak membeli aksesori serta majalah atau buku demi hobi Anda. Pengeluaran yang tidak penting harus diminimalkan setelah menikah. Coba mengurangi pembelian tersebut supaya kebutuhan yang lebih penting dapat diutamakan. Lebih baik, investasikan uang untuk kebutuhan hidup jangka panjang. 

6. Tidak Membuat Anggaran
Kesalahan yang dilakukan oleh pengantin baru salah satunya adalah hidup tanpa anggaran. Padahal anggaran rumah tangga sangat penting demi kelangsungan hubungan pernikahan. Anggaran dibuat demi mendahulukan kebutuhan utama dan membatasi pengeluaran. Jika tidak membuat anggaran biaya, Anda tidak bisa mengontrol keluar-masuknya uang kalian berdua. Hal itu bisa memicu pertengkaran antara Anda dan pasangan karena pengeluaran yang tidak terkendali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar