Rabu, 11 April 2012

Kalimat-kalimat yang Bisa Menjaga Keutuhan Rumah Tangga

img Banyak anggapan serta penelitian yang menjelaskan bahwa pernikahan yang awet harus didasari dengan komunikasi yang baik. Memberikan pujian atau simpati bisa menjadi contoh yang tepat.
 
Menurut konsultan pernikahan Randi Gunther, Ph.D, pasangan yang berkomunikasi dengan lancar biasanya menggunakan kata-kata yang sama ketika sedang berbicara. Jika Anda ingin agar hubungan pernikahan berjalan sukses dan awet, cobalah untuk melatih kebiasaan mengatakan lima hal ini kepada pasangan.

1. "Kita bisa menghadapinya bersama"
Gunther mengatakan bahwa "pernikahan penuh akan cobaan". Jika pasangan memberitahu Anda bahwa dirinya telah kehilangan pekerjaan, sebaiknya reaksi Anda adalah menenangkannya dengan menjelaskan, sesulit apapun keadaan, Anda dan pasangan bisa menghadapinya bersama.

2. "Kamu bisa mengerjakan ini lebih baik dari saya"
"Ini merupakan aset yang besar dalam sebuah hubungan jika kedua pasangan bisa mengetahui kelemahan mereka. Jika suami lebih baik dari Anda saat di dapur, jangan coba mengaturnya. Lebih baik biarkan ia mengerjakannya dan berterima kasih telah memasak makanan lezat untuk Anda," ujar Gunther.

3. "Saya marah"
"Orang sering mengatakan bahwa mereka tidak marah demi menghindari argumentasi, tapi hal itu justru memperburuk situasi. Dapat mengekspresikan emosi Anda secara tepat dan jujur menjadikan hubungan lebih dewasa," jelas Gunther lagi.

4. "Tolong katakan apa yang sedang terjadi"
Perkataan ini menyiratkan bahwa Anda peduli dengan pasangan. Gunther mengatakan bahwa kata-kata tersebut juga menyatakan kehadiran Anda, menjelaskan bahwa Anda mendengarkan dan ingin agar pasangan berbicara pada Anda.

5. Katakan Secara Langsung
"Kita hidup di era dimana orang cenderung berkomunikasi lewat laptop dan smartphone mengenai perasaan mereka. Membaca 'saya minta maaf' tidak memiliki efek yang sama ketika kalimat tersebut diucapkan secara langsung. Pasangan yang selalu bersama secara fisik dan emosional, jauh lebih dekat satu sama lain," tutup Gunther.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar