Kamis, 02 Agustus 2012

20 Cara Mengurangi 100 Kalori


1. Jangan mengoleskan mentega

20 Cara Mengurangi 100 Kalori (© Getty Images) Daripada mengoleskan mentega atau margarin di alat panggang dan sandwich Anda, jangan tambahkan apapun. Percaya kepada kami, Anda akan terbiasa dengan itu dan sekali Anda menambahkan selai, telur kocok atau sandwich kesukaan Anda, sebenarnya mentega juga sudah tidak terlalu penting lagi. Mengolesi alat panggang dengan mentega bisa menambah 50 samapi 100 kalori (tergantung dari cara mengolesinya).

2. Kurangi campuran dalam kopi

Ketika kopi menjadi lebih seperti camilan dalam gelas daripada secangkir minuman hangat, secangkir kopi latte bisa mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi. Mari kita anggap bahwa minuman mocha dengan krim sama dengan 550 kalori, untuk dapat tetap menikmatinya tanpa merasa bersalah maka Anda harus mengganti jenis susu dari whole fat (300) menjadi semi-skimmed (200 kalori) atau skimmed (100 kalori). Atau, pilihlan alternatif lain, seperti teh herbal atau air putih.

3. Hold the mayo

Sebagian besar sandwich yang dibeli dari toko mengandung banyak mayones, selain bisa merusak rasa, hal ini juga meningkatkan kadar lemak dan kalori dalam satu porsi sandwich yang Anda makan. 15g penyajian mayones mengandung 50 kalori, yang mayoritasnya adalah lemak. Lain kali, buatlah sandwich sendiri tanpa menggunakan mayones.

4. Atur porsi makan

Peningkatan porsi makan berpengaruh besar pada kelebihan berat badan, dan penyajian makanan restoran dengan porsi besar mulai mempengaruhi pola makan orang di rumah. Sebagai contoh, apakah Anda tahu bahwa penyajian pasta kering itu hanya sekitar 70g, atau secangkir penuh? Memang tidak terdengar terlalu banyak, tapi ketika Anda mempertimbangkan bahwa 100g mengandung 350 kalori, manfaat untuk mengurangi atau tidak mengulanginya lagi akan menjadi jelas.

5. Ganti telur arik dengan telur rebus

Kami menganjurkan mengonsumsi telur dengan sehat. Telur mengandung lemak dan kalori yang rendah namun memiliki protein yang tinggi, hal yang membuat Anda bisa merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Namun, hati-hati dengan cara Anda memasaknya. Telur kocok yang sering kita masak dengan mentega, mengandung sekitar 200 kalori. Untuk menguranginya menjadi 70, cobalah untuk merebusnya.

6. Makan buah zaitun

Kita mungkin suka dengan semangkuk hummus (sejenis bubur dari kacang), tapi sayangnya tiga sendok makan hummus mengandung lebih dari 300 kalori dan itu belum ditambah dengan roti yang Anda makan. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi buah zaitun dan yang hanya mengandung tidak lebih dari 100 kalori. Namun, jangan dipadukan dengan minuman anggur sauvignon blanc, maka perhitungan kalorinya akan jauh berbeda.

7. Ganti kacang dengan kismis

Kacang goreng atau kacang panggang adalah camilan yang lezat, tapi itu akan mengubah bentuk lingkar pinggang Anda. 50g kacang mengandung lebih dari 300 kalori dan kandungan lemak yang banyak (untuk lemak yang baik makan kacang mete tawar, walnut atau almond), sementara penyajian kismis dalam porsi yang sama hanya mengandung 120 kalori. Jika anda masih menginginkan campuran kacang, coabalah untuk mencampur kacang dengan kismis, karena kalorinya hanya akan mencapai 200.

8. Makan buah-buahan, jangan diminum

Itu semua menjadi rumus matematika sederhana, yang menunjukkan bahwa jus buah mengandung jauh lebih banyak kalori daripada buah murni. 12 ons jeruk atau apel mengandung sekitar 165 kalori, di mana satu gelas jus jeruk mengandung 60 kalori dan apel 45 kalori.

9. Jaga dan kurangi asupan roti

Terlalu banyak karbohidrat berarti meningkatkan berat badan, terutama jika Anda tidak terlalu aktif, jadi pastikan Anda menghindari roti putih dan coba untuk beralih ke pilihan yang lebih sehat seperti roti yang terbuat dari gandum. Dan untuk mengurangi kalori lebih banyak, kurangi helai roti Anda, dengan mengurangi satu helai roti maka Anda akan mengurangi sekitar 90-sampai 100 kalori.

10. Gunakan sedikit Minyak

Minyak zaitun sangat baik bagi kesehatan Anda - perhatikan betapa sehatnya orang-orang mediterania - karena minyak itu mengandung lemak tak jenuh, atau biasa disebut lemak baik. Namun, minyak tersebut mengadung 120 kalori setiap sendoknya, jadi jika Anda sedang mencoba mengurangi berat badan Anda, gunakanlah jus lemon dan sedikit cuka untuk salad Anda.

11. Kurangi asupan daging

Anda sebaiknya selalu mencoba dan memilih potongan daging yang rendah lemak (seperti fillet atau steak) tapi cara mudah untuk mengurangi kalori di piring Anda adalah dengan membuang setiap lemak yang terlihat. Aturan ini berlaku untuk lemak pada daging sapi, babi, kambing, dan bebek, serta kulit pada ayam dan kalkun.

12. Uapkan sayuran Anda

Menggoreng sayuran Anda dalam minyak atau mentega mungkin dapat memuaskan selera makan anda, tapi mungkin itu adalah cara terburuk untuk memasak sayuran jika Anda mencoba untuk mendapatkan tubuh yang langsing. Merebus juga sebenarnya bagus, meskipun Anda akan kehilangan banyak vitamin penting dalam nutrisi sayuran. Untuk menghindari hal ini, cobalah berinvestasi dengan membeli sebuah mesin penguap (steamer) yang dapat Anda gunakan juga untuk memasak ayam dan kalkun.

13. Makanlah kentang dengan yoghurt

Daripada menggunakan mentega dan mayones yang tinggi akan lemak jahat dan kalori, gunakanlah satu sendok yoghurt alami di atas kentang bakar Anda. Dengan kandungan sekitar 50 kalori dalam 100gr yoghurt, pilihan ini akan jauh lebih baik, selain itu yoghurt juga mengandung bakteri baik yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.

14. Kurangi kalori yang berasal dari minuman

Ini merupakan sebuah kesalahan yang sederhana, tetapi dengan minuman juga mengandung kalori, hal ini adalah salah satu alasan mengapa satu dari empat orang dewasa di Inggris mengalami kelebihan berat badan. Daripada minum minuman alkohol atau bersoda, lebih baik beralih ke air mineral. Waspadalah berapa banyak alkohol yang Anda minum - satu gelas anggur putih mengandung sekitar 120 kalori.

15. Pizza bebas daging

Jika anda membeli, memesan atau membuat pizza sendiri, pastikan Anda memilih topping yang sehat seperti sayuran paprika, bawang bombay dan lainnya. Coba hindari daging atau pilihan lain yang memeliki kadar lemak dan kalori yang tinggi. Buatlah pizza Anda setipis mungkin dan gunakanlah sedikit keju di atasnya, hal tersebut merupakan pilihan yang menyehatkan. Anda juga dapat menaburi pizza anda dengan bubuk cabai kering untuk melancarkan metabolisme tubuh Anda.

16. Lewati roti gratis di restoran

Sulit memang untuk menolak ketila Anda baru saja duduk di restoran dan perut sudah keroncongan, namun menyelipkan roti gratis ke dalam mulut sebelum pesanan utama Anda dating justru dapat menambah 100-200 kalori yang seharusnya tidak diperlukan tubuh. Minumlah air dengan cepat untuk meredakan rasa lapar anda.

17. Hindari minyak dari ikan kalengan

Lemak omega 3 pada ikan tuna dan minyak ikan lainnya sebenarnya sangat baik untuk jantung dan otak Anda, tapi saat membeli ikan kalengan pastikan Anda membeli ikan kaleng yang dikemas di dalam air daripada ikan kaleng yang direndam dengan minyak zaitun. Hal tersebut penting, karena minyak mengandung 350 kalori sementara ikan yang direndam di air hanya mengandung 250 kalori.

18. Bagilah puding Anda

Tidak masalah untuk memesan hidangan penutup, namun cobalah untuk berbagi dengan teman atau pasangan, selain Anda dapat mengurangi asupan kalori, Anda juga bisa lebih hemat pada saatnya harus membayar di restoran. Ingatlah untuk selalu meminta dua sendok saat hidangan penutup Anda datang.

19. Pilih buah segar, bukan yang dikeringkan

Buah yang dikeringkan merupakan sumber energi yang besar, namun jika ingin menurunkan asupan kalori Anda, lebih baik Anda mulai beralih dengan memilih buah segar sebagai camilan. Buah yang dikeringkan memiliki kandungan gula yang lebih banyak dan sedikit air, jadi meskipun buah aprikot hanya memiliki 75 kalori, berat yang sama dalam aprikot kering memiliki kalori sebesar 160. Sementara itu, menyingkirkan satu porsi kismis untuk buah anggur segar akan menghemat tubuh Anda lebih dari 150 kalori.

20. Hindari makan kuning telur

Sarapan seharusnya sarat akan protein tinggi untuk menjaga tubuh Anda tetap kenyang hingga waktunya makan siang, Namun Anda dapat menyimpan energi Anda lebih besar dengan menyingkirkan kuning telur dan hanya memakan putihnya. Satu porsi telur arik hanya dengan putih telur memliki 180 kalori yang lebih sedikit daripada satu porsi telur arik dengan kuning telur ikut digunakan. 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar