Jumat, 03 Agustus 2012

Ini Makanan yang Paling Baik Dikonsumsi Saat Sarapan

img Mengawali hari dengan sarapan sangat penting untuk kesehatan maupun bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Pada pagi hari, orang membutuhkan makanan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Selain itu dengan sarapan, keinginan makan siang dengan porsi besar pun bisa dikurangi.
 
Sarapan memang penting, namun apa yang Anda makan untuk sarapan tak kalah pentingnya. Kebanyakan orang suka meraup dan memasukkan apa saja ke dalam mulutnya saat sarapan dengan alasan terbatasnya waktu untuk menyiapkan makanan. Namun seringkali yang disantap adalah makanan yang tinggi karbohidrat, gula dan di waktu yang sama rendah lemak juga protein (misalnya: sereal berlapis gula, roti putih isi selai cokelat). 

Seperti diketahui, gula menaikkan gula darah dengan cepat namun lekas juga menurunkannya. Akibatnya, tubuh jadi cepat lemas dan mudah lapar sehingga hasrat makan jadi berlebihan ketika jam makan siang. Begitu juga dengan karbohidrat sederhana seperti nasi uduk atau roti putih, akan menaikkan gula darah dengan cepat dan memberi efek serotonin (hormon senang) sehingga hasrat makan akan terus muncul dan muncul lagi.

Memulai hari dengan sarapan sehat bernutrisi tinggi akan mendorong Anda untuk mengonsumsi makanan yang sehat pula ketika makan siang dan malam. Anda juga mengirim pesan pada tubuh bahwa Anda akan melakukan cara apapun agar tetap bugar dan sehat.

Konsultan nutrisi Dr. Mark Roussell, PhD seperti dikutip dari Shape mengatakan, "Kesamaan karakteristik dari sebagian besar orang yang bertubuh langsing dan sehat yang saya kenal dan pandu (asupan nutrisinya), mereka semua makan sarapan sehat."

Oleh sebab itu, pilihlah sarapan yang rendah gula, tinggi serat dan sedikit mengalami proses pengolahan (hindari nugget, sosis, kentang goreng beku, gorengan) agar perut terasa kenyang lebih lama dan hasrat makan pun tertahan hingga menjelang makan siang. Sarapan sehat bisa berupa yoghurt tawar dengan buah berry segar, roti gandum dengan isian selada dan tuna atau telur, bubur oatmeal (pastikan berasal dari gandum utuh) atau salad dengan dressing minyak zaitun dan sedikit taburan garam serta merica.

Selain karbohidrat sehat, perbanyak asupan protein. Sarapan dengan makanan tinggi protein merupakan strategi utama dalam menjaga berat badan dan membantu pembakaran kalori oleh otot. Sebuah studi menemukan bahwa sarapan adalah satu-satunya waktu makan dalam sehari yang meningkatkan kemampuan protein untuk menimbulkan rasa kenyang dan penuh lebih lama.

Pastikan sarapan Anda kaya akan protein sehat seperti telur rebus, yoghurt, salmon, selai kacang murni (tanpa tambahan gula, garam atau penguat rasa) atau protein shake untuk meningkatkan metabolisme dan menjaga berat badan tetap ideal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar