Jumat, 24 Februari 2012

Cara Menjadi Dokter Bagi Diri Sendiri Saat Sakit


img
(Foto: thinkstock)
 Seseorang bisa miskin mendadak ketika jatuh sakit, mengingat ongkos berobat ke dokter sangat mahal. Agar tidak sedikit-sedikit harus ke dokter, jadilah dokter untuk diri sendiri untuk keluhan-keluhan ringan seperti meriang dan flu.

Selama tidak ada komplikasi atau riwayat penyakit serius, keluhan-keluhan ringan seperti itu umumnya akan sembuh sendiri. Banyak yang bisa dilakukan untuk mempercepat kesembuhannya, namun perlu diingat jika dalam beberapa hari tidak sembuh maka sebaiknya tetap diperiksakan ke dokter.

Cara menjadi dokter untuk diri sendiri seperti dikutip dari eHow, Jumat (24/2/2012) adalah sebagai berikut.

1. Minum air putih sebanyak-banyaknya
Tubuh yang sedang sakit butuh cukup cairan untuk memerangi penyakit dan infeksi. Meski tidak suka, paksakan terus untuk minum dan jika perlu gunakan cairan elektrolit sebab rasanya yang lebih variatif biasanya bisa mengatasi rasa eneg di perut.

2. Istirahatlah di tempat tidur
Pada saat sakit, gunakan seluruh cadangan energi untuk memerangi penyakit dan infeksi. Izin untuk tidak masuk kerja atau sekolah bukanlah kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci dan mengepel rumah, tetapi manfaatkan untuk istirahat.

3. Obati gejala
Beberapa jenis obat-obatan seperti misalnya antibiotik hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Namun obat-obatan untuk mengatasi gejala banyak yang dijual bebas, sehingga bisa dibeli sendiri. Gunakan obat-obat bebas yang sesuai untuk mengatasi nyeri kepala, pegal-pegal, demam dan kalau ada alergi.

4. Mandi air hangat
Sentuhan air hangat di kulit membantu menjaga kecukupan cairan terutama di permukaan tubuh, sekaligus melancarkan peredaran darah karena air panas membuat pembuluh darah melebar. Mandi juga membuat badan lebih bersih dan bisa meredakan stres.

5. Sesedikit apapun, paksakan untuk tetap makan
Nafsu makan selalu berkurang saat sedang sakit, namun bukan berarti boleh tidak makan. Tubuh butuh bahan bakar, jadi jangan sampai tidak makan.

6. Tidur siang
Istirahat malam saja tidak cukup bagi orang yang seadng sakit. Secara teratur, matikan televisi dan perangkat elektronik lain termasuk ponsel di siang hari lalu tidurlah senyenyak mungkin.

7. Jaga kebersihan
Daya tahan tubuh yang menurun saat sakit sering membuat orang terinfeksi kuman baru, ketika penyakit yang lama sudah hampir sembuh. Untuk mencegah terjadinya infeksi baru, pastikan saran klasik namun sangat berguna yakni cuci tangan sebelum makan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar