Kamis, 23 Februari 2012

Ini Dia Cara Agar Dapat Tidur Tepat Waktu

 Anda sudah melakukan bayak cara agar bisa tidur tepat waktu. Mulai dari mematikan lampu hingga mendengarkan alunan musik yang menenangkan Namun hal tersebut tak kunjung membuat Anda mengatuk.

Tidur tepat waktu dapat membuat siklus tidur lebih tertarur. Hal itu berdampak positif bagi kualitas tidur serta kondisi tubuh yang segar ketika bangun di pagi hari. Seperti yang dikutip dari Huffingtonpost, berikut ini tujuh cara yang perlu diketahui agar dapat tidur tepat waktu.
1. Ketahui Waktu Tidur
Hal pertama yang harus diketahui adalah, waktu tidur yang cukup untuk tubuh dan pikiran Anda. Walau tiap orang memiliki waktu tidur yang berbeda-beda, namun kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam untuk tidur tiap malamnya. Bagaimana dengan Anda?

2. Jangan Tunggu Sampai Ngantuk
Jangan menunggu sampai Anda mengantuk, baru berpikir: "Oh, mungkin ini sudah waktunya tidur." Pemikiran itu bisa membuat Anda menunda-nunda untuk tidur. Jika Anda pikir bisa terjaga hingga pagi buta, cobalah duduk bersandar di sebuah ruangan dengan penerangan redup, apakah Anda masih mengantuk?

3. Jauhkan Diri dari Internet
Hindari pemakaian internet paling tidak satu jam sebelum waktu tidur Anda, begitu juga dengan televisi. Layar komputer atau TV yang terlalu terang dapat merangsang otak, menjadi lebih sulit tidur.
4. Hindari Mengonsumsi Kafein sebelum Tidur
Hindari mengonsumsi kopi atau minuman lain yang mengandung kafein. Kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi. Efek negatif dari kafein yaitu ketergantungan, serta ketidakmampuan untuk tertidur jika dikonsumsi pada malam hari atau yang biasa disebut insomnia, dan kegelisahan.

5. Bangun Tidur secara Alami Itu Menyenangkan
Ingatkan diri pada konsep 'bangun tidur secara alami itu menyenangkan' karena tidak perlu terkejut dengan suara alarm. Jika suatu saat Anda berpikir, "Saya akan bergadang demi menonton film", sebaiknya tanyakan lagi pada diri apakah film itu lebih baik dari kesegaran yang Anda dapat di pagi hari ketika bangun secara alami.

6. Bersiap-siap untuk Tidur
Perlu Anda sadari bahwa menunda tidur merupakan akibat dari rasa malas Anda untuk melepas lensa kontak, menggosok gigi dan mengganti baju. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda dengan baik ketika waktu tidur akan tiba.

7. Rancang Ritual Tidur
Buatlah ritual tidur yang membuat Anda nyaman dan lakukan tiap saat akan tidur. Misalnya, meminum teh herbal hangat, membaca buku ringan, menulis jurnal atau mendengarkan alunan lagu yang menenangkan. Hal-hal itu akan menjadi isyarat pada tubuh bahwa waktu tidur telah tiba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar