Minggu, 19 Februari 2012

Menambahkan Saus Buat Anak Doyan Makan Sayur

img Kebanyakan anak-anak lebih menyukai makanan manis atau cepat saji, ketimbang harus memakan sayuran. Cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan menambahkan saus.
 
Keengganan anak-anak untuk memakan sayuran bukan tanpa alasan. Menurut Picky Eaters Clinic Jakarta ditemukan sekitar 30 persen anak yang mengalami gangguan saat mengunyah dan menelan. Gangguan disebabkan karena makan makanan yang berserat.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menambahkan 2,5 ons saus dapat meningkatkan konsumsi brokoli hingga 80 persen pada anak-anak. Para peneliti tersebut menggunakan saus 'Ranch Dressing'. 

Ranch dressing sendiri merupakan saus yang terbuat dari campuran mentega, mayones, garam, bawang putih, daun bawang, lada, dan paprika. Saus ini mungkin cukup jarang di Indonesia, sebagai alternatif lain Anda bisa menggantinya dengan lelehan keju, yang mengandung protein, vitamin, mineral, kalsium, dan fosfor.

"Anak-anak dengan kepekaan terhadap rasa pahit menyebabkan mereka menghindari sayuran tertentu, tetapi dengan memberikan saus rendah lemak bisa membuat mereka lebih mudah menerima makanan," ujar Jennifer Orlet Fisher dari Temple University, dalam jurnal American Dietetic Association.

Penelitian yang dipimpin oleh Fisher mensurvei 152 anak-anak pra-sekolah untuk program Head Start. Anak-anak tersebut diberi brokoli selama seminggu berturut-turut pada waktu makan camilan.

"Kita tahu bahwa anak-anak bisa belajar menyukai sayuran jika mereka sering ditawarkan, tidak memaksanya," jelas Fisher lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar