Sabtu, 03 Maret 2012

6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

imgKetika Anda sedang haus, segelas penuh minuman dingin sangat menggoda. Ternyata, tidak hanya minuman yang bisa jadi alternatif untuk merehidrasi tubuh saat kekurangan cairan, tapi juga makanan.
 
“Buah dan sayuran mengandung 90 persen air. Meskipun tidak cukup besar kadar airnya untuk tubuh kita, tapi menjadi sumber yang baik saat sedang butuh cairan,” ungkap Roberta Anding, seorang juru bicara Akademi Gizi dan Diet, serta direktur nutrisi olahraga di Texas Children's Hospital.

Seperti yang dilansir dari The Huffington Post, berikut ini enam makanan dengan kadar air tinggi yang baik untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

1.Semangka
Semangka mempunyai tingkat hidrasi yang tinggi, sekitar 92 persen air. Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi beta karoten (nutrisi yang akan menjadi vitamin A), likopen, dan vitamin C. Buah merah dan segar ini kaya elektrolit natrium dan kalium sehingga dapat dijadikan pengganti cairan tubuh setelah olahraga.

2.Ketimun
Sebagian besar kandungan dari ketimun adalah air. Ketimun juga mengandung vitamin C dan dapat membuat kulit lebih cerah. Kandungan serat makanan di dalamnya dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga melancarkan proses pencernaan.

3.Bubur Gandum (Havermut)
Buatlah semangkuk bubur gandum untuk menambah cairan tubuh Anda. Bubur ini memiliki kadar air lebih banyak dari ketimun dan jeruk. Hal itu disebabkan karena gandum mampu menyerap air atau susu yang digunakan saat memasak havermut.

4.Blewah
Kandungan airnya sangat tinggi yang dapat mengatasi dehidrasi setelah tubuh 12-14 jam tidak mengonsumsi air. Tingginya kadar air blewah membuat buah ini sangat baik bagi penderita asam urat karena membantu pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.

5.Daging
Daging sepertinya tidak mempunyai kadar hidrasi, tapi ternyata terdapat kadar air di dalamnya. Menurut CNN, 4 ons steak panggang memberikan 2,2 ons air.

6.Apel
Buah apel ataupun saus apel mempunyai kadar hidrasi yang baik. Sebutir apel mengandung 110 mililiter air. Apel juga merupakan sumber vitamin C serta dapat memerangi kolesterol. Buah ini juga mengandung banyak mineral antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar