Kamis, 22 Maret 2012

3 Kebiasaan yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan

img Kini semakin banyak pasangan suami-istri yang memutuskan untuk bercerai, karena ketidakcocokan. Nyatanya, memang tidak ada seorangpun yang sempurna dan kita semua juga memiliki kebiasaan buruk. Namun ada kebiasaan buruk yang dapat merusak hubungan pernikahan. Ini dia tiga kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari, seperti dilansir She Knows.
 
1. Argumentasi untuk Menang
Tidak ada orang yang suka mengakui kesalahan, namun dengan melakukannya akan meningkatkan hubungan Anda. Jika Anda selalu berpikir kalau Anda selalu benar, bisa membuat pasangan merasa kesal dan marah. Hal tersebut tidak baik untuk hubungan Anda. Daripada berargumen untuk menang, fokuslah pada kebutuhan orang lain, bukan diri Anda sendiri. Ingatlah bahwa argumentasi dilakukan untuk menguatkan hubungan dan membantu Anda menemukan solusi atau kompromi untuk membuat kalian berdua merasa dimengerti dan didengarkan.

2. Komunikasi yang Buruk
Komunikasi merupakan kunci untuk hubungan yang langgeng dan sehat. Agar ada kedekatan, Anda harus mampu membagi hal-hal yang terjadi dalam kehidupan Anda kepada pasangan, baik positif maupun negatif. Jadikan ini sebagai kebiasaan antar Anda dan pasangan. 

Jika Anda merasa tidak dimengerti atau pasangan Anda tidak mendengarkan Anda, maka kemungkinan besar akan muncul masalah. Untuk menghindarinya, cobalah untuk selalu terbuka dan jujur kepada pasangan. Tanyakan kepada pasangan apa yang menyebabkan komunikasi Anda berdua tidak berjalan baik. Dengan begitu Anda dapat membuka dialog tentang bagaimana cara meningkatkan komunikasi dengan pasangan.

3. Tidak Bisa Menerima Perbedaan
Meskipun mungkin saja Anda dan pasangan saling jatuh cinta karena memiliki banyak kesamaan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa pasti Anda berdua juga memiliki perbedaan. Perbedaan ini seharusnya tidak dianggap sebagai sesuatu yang negatif atau salah. 

Justru hargailah perbedaan yang dimiliki, dengan begitu Anda berdua dapat saling belajar. Jika Anda tidak bisa menerima perbedaan, maka setiap orang tidak dapat benar-benar menjadi dirinya sendiri dan tidak bisa memenuhi kebutuhannya. Menerimanya pasangan apa adanya merupakan cara untuk membuat hubungan yang sukses. Cobalah untuk menerima perbedaan yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar