Kamis, 22 Maret 2012

Ini Makanan Terbaik untuk Redakan Sakit Perut

img Apakah sakit perut, mual dan gangguan perut lainnya sering mengganggu aktivitas Anda? Sakit perut karena makanan yang tidak higienis atau akibat perjalanan jauh memang sangat membuat tidak nyaman. Mungkin dokter hanya menyarankan untuk minum obat dan meminta Anda menunggu sampai mual hilang. Tapi ternyata ada cara mudah untuk meredakan sakit perut atau mual, yaitu dengan makanan. Seperti yang dilansir Health Me Up, ada sembilan makanan yang dapat mengatasi masalah ringan pada perut.
 
1. Pisang
Pisang sudah terkenal sebagai buah yang bisa mengatasi sakit perut. “Pisang mengandung potassium yang Anda butuhkan jika mengalami kekurangan cairan karena muntah atau diare,” ujar Robynne Chutkan, M.D., seorang asisten profesor Gastroenterology di Georgetown University Hospital, Washington, DC. Pisang juga mengandung gula yang bisa menambah energi.

2. Nasi atau Makanan Berkarbohidrat
Nasi putih, kentang dan gandum bisa meredakan rasa mual. Makanan berkarbohidrat dapat melancarkan pencernaan dan memiliki efek penenang sakit perut. “Makanan yang mengandung karbohidrat tidak terpendam dalam jangka waktu yang lama di dalam tubuh dan tidak menyebabkan asam refluks (pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkongan),” papar Amit Bhan, M.D., seorang kepala pelayanan Gastroenterology di Henry Ford Health System, West Bloomfield.

3. Selai Apel
Selai apel dapat meredakan mual karena mudah dicerna, mengobati diare dan menambah kalori. Apel mengandung pektin yang bagus untuk kulit serta memberikan serat bagi Anda yang susah buang air besar.

4. Roti
Roti tidak akan menimbulkan refluks asam sehingga Anda akan merasa lebih baik. Sajikan roti dengan mentega atau selai. Buat menu ini untuk mengurangi rasa mual di perut Anda.

5. Sup Hangat
Sup yang hangat bisa menjadi solusi bila Anda mengalami gangguan pada perut. Kuah yang mengandung air dan garam sangat bagus untuk menambah cairan dalam tubuh. “Sup yang mengandung banyak garam dapat membantu mengambil cairan ketika terserap oleh darah,” ucap dokter Chutkan. Jika Anda memiliki darah tinggi, kurangi pemakaian garam pada sup.

6. Biskuit
Biskuit mudah diserap oleh tubuh dan mengurangi mual. Bahkan, dokter menyarankan banyak makan biskuit bagi wanita yang sering mengalami sakit perut di pagi hari. Selama Anda tidak mempunyai darah tinggi, biskuit asin lebih diutamakan sebagai obat sakit perut.

7. Teh Herbal
Teh herbal bisa menenangkan perut bermasalah. Chamomile paling sering digunakan untuk teh herbal karena bisa menyembuhkan sakit perut, radang usus, dan sebagai obat tidur. Namun, jangan berlebihan mengonsumsi minuman herbal, terutama teh peppermint. Di balik manfaatnya, peppermint bisa menyebabkan gejala peningkatan mulas.

8. Air Kelapa
Air kelapa juga membantu redakan sakit perut. Kandungan airnya yang berisi gula alami penambah kalori serta elektrolit, seperti kalium untuk mengendalikan tekanan darah. Selain itu, air kelapa tidak terbuat dari bahan buatan, kayak pewarna makanan atau sejenisnya yang dapat menyebabkan sakit perut.

9. Jahe
Jahe telah dikenal sebagai cara meredakan mual. Anda dapat membuat ramuan sendiri dari jahe. Sediakan beberapa irisan dari jahe, lalu masukkan ke dalam teh hangat. Teh tersebut bisa mengurangi rasa mual Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar