Jumat, 29 Juni 2012

16 Faktor yang Berbahaya Bagi Libido Pria & Wanita

imgBanyak hal yang bisa menurunkan atau menghilangkan hasrat bercinta, baik secara fisik maupun psikologis. Dari banyaknya penyebab, para ahli seksologi merangkum 16 faktor paling utama yang membuat pasangan menikah enggan bermesraan di tempat tidur.
 
1. Tidur Hanya 6 Jam Sehari
Kurang tidur tidak hanya memberi efek negatif terhadap penampilan, kesehatan dan kemampuan untuk menghadapi stres setiap hari. Tapi juga 'membunuh' hasrat bercinta. Menurut Dr. Robert D. Oexman, direktur Sleep to Live Institute di Joplin, Missouri, kekurangan tidur yang parah bisa menurunkan level testosteron --hormon seks pada pria dan wanita. Sedikitnya, orang dewasa harus punya waktu tidur tujuh jam sehari.

2. Mendengkur
Masalah mendengkur ini tak hanya mengganggu penderita, tapi juga orang yang tidur di sebelahnya. Mengalami sleep apnea, atau kondisi yang menyebabkan pernapasan tidak normal sepanjang malam bisa menyebabkan kurangnya jam tidur. "Tidak hanya mengganggu dorongans eks tapi juga meningkatkan hasrat makan, menyebabkan kenaikan berat badan," ujar Dr. Robert, seperti dilansir Shape.

3. Depresi
Faktor psikologis seperti takut, stres, depresi atau frustasi juga bisa menyebabkan libido turun. Stres di tempat kerja, banyak tugas yang harus diselesaiakan dalam waktu bersamaan atau masalah keuangan bisa menyebabkan tekanan secara psikis yang berujung pada berkurangnya gairah seks.

4. Kegemukan
Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menyurvei 3.000 wanita berusia 20-40 tahun. Dari survei tersebut terbukti 73 persen wanita sengaja menunda kegiatan bercinta mereka dengan pasangannya, hanya karena merasa tubuhnya kurang seksi. Tumpukan lemak di pinggul, paha yang besar serta perut buncit adalah beberapa hal yang membuat wanita tak mau bercinta.

5. Jantung Bermasalah
Cully Carson, MD, profesor Urology di University of North Carolina, Amerika menjelaskan, hal pertama yang dilakukan dokter pada pasien yang mengalami disfungsi ereksi biasanya memeriksa kemungkinan adanya penyakit pembuluh darah atau gangguan jantung. Kenapa?

Penis pria dipenuhi pembuluh vena, dan aliran darah yang baik akan menghasilkan ereksi yang sempurna. Jantung, merupakan organ paling penting dalam proses peredaran darah. Jika terjadi gangguan pembuluh arteri, maka aliran darah yang menuju jantung tersendat, menghalangi peredaran darah ke area genital sehingga ereksi tidak sempurna. 

6. Obat-obatan
Ironisnya, beberapa jenis obat yang seharusnya menyembuhkan penyakit justru bisa menimbulkan masalah baru. Obat-obatan untuk mengatasi depresi dan beberapa pengobatan untuk gangguan tekanan darah tinggi bisa mengurangi hasrat bercinta. Dr. Cully mengatakan, segala jenis obat yang mempengaruhi sistem syaraf pusat juga bisa berefek pada libido.

7. Masalah pada Leher
Bagian bawah leher terdapat kelenjar thyroid yang berfungsi meregulasi metabolisme melalui hormon thyroid. Kelenjar thyroid yang tidak normal bisa mengurangi hasrat seksual secara signifikan, terutama pada wanita yang telah mengalami menopause, seperti dijelaskan Karen Boyle, MD, ahli bedah urology dan ahli kesehatan seksual pria dan wanita. 

8. Olahraga Berlebihan
Sama halnya seperti kurang tidur, segala kondisi yang menyebabkan kelelahan bisa menurunkan hormon seks dan meningkatkan hasrat makan. Dalam kasus ini, adalah olahraga yang berlebihan. Bekerja di kantor seharian lalu pergi fitnes di malam harinya usai kerja, akan mengakibatkan kelelahan yang teramat sangat sehingga libido pun berkurang.


9. Smartphone Anda
"Keberadaan smartphone dipastikan dapat membunuh gaira," ujar Sharon Gilchrest O'Neill, seorang terapis pernikahan dan keluarga yang menulis 'A Short Guide to a Happy Marriage'. "Laptop dan smartphone bisa mengalihkan Anda dari satu sama lain. Dan tentunya menjadi sangat tidak mungkin untuk otak memikirkan seks ketika dua detik sebelumnya, Anda membalas email dari atasan," tambahnya.

10. Rokok dan Alkohol
Cully Carson, MD, profesor Urology di University of North Carolina, Amerika, mengatakan rokok bukan hanya bisa membunuh jantung dan paru-paru, tapi juga berefek pada kesehatan pembuluh darah. Di sinilah rokok bisa mempengaruhi kehidupan seks karena menyebabkan aliran darah ke area intim menjadi tidak lancar. Sementara alkohol bisa mengurangi kemampuan pria maupun wanita untuk orgasme.

11. Tidak Pernah Berlibur
Menjalani kehidupan ini dengan berbagai tekanan yang ada bisa menyebabkan orang merasa stres. Stres ini lah yang sering disebut sebagai musuh seks nomer satu. Oleh karena itulah untuk melawan stres tersebut, Anda dan pasangan perlu liburan bersama. 

12. Penis Bengkok
Seringkali masalah penis bengkok atau disebut Peyronie membuat pria merasa rendah diri, minder dan takut tidak bisa menjalani kehidupan seksual secara normal. Peyronie ditandai oleh plak atau benjolan keras, yang terbentuk pada jaringan ereksi penis. Plak sering terbentuk karena adanya peradangan yang dapat berkembang menjadi jaringan fibrosa.

Meskipun penyebab Peyronie tidak diketahui pasti, beberapa dokter berteori bahwa kelengkungan atau bengkok terjadi akibat adanya trauma pada penis. Adanya gesekan secara tidak langsung yang menyebabkan cedera atau pendarahan ringan. Sepertiga laki-laki dengan Peyronie merasakan rasa sakit pada saat ereksi, dan beberapa lainnya menjadi impoten. Dalam beberapa kasus, kepala penis tidak terisi darah.

Pasien penis bengkok direkomendasikan minum vitamin E tiga kali per hari. Vitamin E dapat meningkatkan penyembuhan dan mencegah jaringan parut. Selain itu, ada juga Advil atau Aleve untuk efek anti-inflamasi.

13. Melahirkan
O'Neill mengatakan setelah melahirkan wanita akan merasakan menurunnya libido. Hal itu karena berbagai hal mulai dari kurang tidur, hormon yang fluktuatif hingga perubahan berat badan pasca melahirkan. Karen Boyle, MD, ahli bedah urology dan ahli kesehatan seksual pria dan wanita, menambahkan melahirkan juga bisa menyebabkan wanita merasakan perubahan pada Miss.V, misalnya menjadi kurang sensitif dan sulit untuk orgasme.

14. Pertengkaran
Perselisihan dengan pasangan yang tidak diselesaikan dengan tuntas, menuru O'Neill, juga bisa menyebabkan turunnya libido pasangan. Ketika kemarahan dan dendam menumpuk selama berminggu-minggu, ini bisa muncul ke permukaan ketika pasangan berada di tempat tidur. 

15. Pasangan yang Menyebalkan
Poin ke-15 ini tentu Anda sudah mengetahui maksudnya seperti apa. Ketika menikah, Anda dan suami seharusnya saling mencintai di masa susah maupun senang. Namun kalau salah satu pihak mau senangnya saja, pihak lainnya akan merasa marah dan bukan tidak mungkin rasa ketertarikan atau gairah menjadi hilang.

16. Perselingkuhan Emosional
Keberadaan Facebook dan situs jejaring sosial lainnya bisa membahayakan Anda dan pasangan, begitu menurut O'Neill. Ketika salah satu pihak melihat pasangannya 'merayu' orang lain di Facebook atau Twiter, itu bisa membuatnya didera cemburu. Apalagi jika dilakukan cukup sering, 'perselingkuhan' itu bisa membunuh gairah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar