Selasa, 17 Juli 2012

Ini Dia Penyakit Paling Menghantui Wanita

Headline
 Selama ini isu-isu seputar penyakit dan kesehatan wanita lebih sering diangkat dibanding dengan kesehatan pria.
Nah, dilansir Dailymail, berikut beberapa penyakit yang sering mengincar dan jadi 'musuh' besar wanita.
Depresi
Baru-baru ini diketahui adanya ketidakseimbangan hormonal setelah menopause bisa menjadi penyebab utama depresi, yang memicu risiko ledakan psikotik dan keinginan bunuh diri. Lakukan kegiatan dengan berinteraksi aktif dengan orang lain.
Osteoporosis
Tak hanya menyerang orang tua, osteoporosis kini mulai gemar menghampiri kaum muda. Gaya hidup tidak sehat dan mengonsumsi nutrisi kurang tepat, disebut-sebut sebagai biang keladinya. Persepsi bahwa penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang merupakan penyakit orang yang sudah tua, sebaiknya segera ditinggalkan.
Faktanya, saat ini wanita di usia yang lebih muda telah menunjukkan gaya hidup yang berpotensi terhadap meningkatnya gejala osteoporosis pada tulang mereka. Ini tentu merupakan bentuk peringatan tersendiri.
Penyakit jantung
Selama ini sebagian besar orang percaya bahwa penyakit jantung hanya diderita orang tua, padahal faktanya tidak demikian. Saat ini justru ada banyak kasus penyakit jantung yang menyerang perempuan berusia 35. Dan kasus itu dari tahun ke tahun terus meningkat secara signifikan.
Setidaknya itu dibuktikan dari data yang diperoleh American Heart Association. Lembaga itu mencatat sejak 1984 perempuan yang meninggal akibat penyakit jantung terus meningkat.
"Meskipun telah terjadi penurunan dalam kematian yang disebabkan penyakit jantung, tapi dalam dekade terakhir ini telah terjadi peningkatan yang stabil di kalangan perempuan muda berusia antara 35 sampai 44 tahun, " kata Dr Holly Andersen, director of education Ronald O. Perelman Heart Institute at New York-Presbyterian Hospital.
Di kalangan kaum Hawa, kanker payudara dan serviks merupakan penyakit yang mengancam. Disarankan melakukan deteksi dini jika terdapat benjolan pada payudara. Sedangkan untuk pencegahan kanker serviks, bisa dilakukan pemberian vaksin serviks yang sebelumnya perlu pemeriksaan pap smear.
Plantar fasciitis
Pada umumnya, nyeri tumit disebabkan oleh peradangan dari plantar fascia – suatu jaringan di sepanjang bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit dengan ibu jari kaki kita. Keadaan ini disebut plantar fasciitis yang sebagian besar diderita oleh kaum wanita karena kesalahan dalam memilih alas kaki.
Penyebab penyakit ini adalah nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar yang biasanya bertambah buruk pada pagi hari karena fascia mengencang (berkontraksi) sepanjang malam. [mor]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar