Kamis, 05 Juli 2012

Tips Terhindar dari Jerawat Jelang Menikah

imgSemua wanita ingin tampil maksimal saat menikah. Tidak sedikit dari mereka yang melakukan berbagai program sebelum hari pernikahan. Namun terkadang, hal kecil seperti jerawat cukup mengganggu penampilan. 

Jerawat bisa disebabkan karena stres, ketidakseimbangan hormon, atau pola makan yang tidak sehat. Untuk itu, simaklah cara supaya terhindar dari masalah jerawat menjelang hari bahagia Anda, seperti yang dikutip dari Getwed.

1. Hindari Makanan Pemicu Timbulnya Jerawat Sebelum Hari Pernikahan
Bagi beberapa orang, produk sehari-hari yang biasa dikonsumsi, seperti susu, mentega, keju, atau kafein, bisa menimbulkan jerawat. Kandungan kafein menyebabkan jerawat karena adanya ketidakseimbangan kimiawi dalam kulit. Jika Anda selalu minum kopi setiap hari, coba gantikan kebiasaan tersebut dengan teh hijau atau peppermint. Kalau Anda tidak suka mengonsumsi teh, mungkin bikin kopi tanpa kafein merupakan cara terbaik untuk menghindari jerawat saat menikah.

2. Tambahkan Sayuran dan Buah ke Menu Makanan Anda
Pola makan yang sehat dapat memerangi jerawat. Oleh sebab itu, calon pengantin disarankan agar memilih makanan yang baik untuk kulit dan tubuh. Anda bisa konsumsi sayuran hijau, seperti kangung dan bayam, buah-buahan, dan biji-bijian. Pilihlah makanan yang alami sebelum hari pernikahan supaya kesehatan kulit tidak bermasalah.

3. Tenang dan Jangan Stres
Kebanyakan wanita stres menjelang hari pernikahan. Stres malah menjadi faktor utama tumbuhnya jerawat. Agar beban pikiran bisa teratasi, lakukan beberapa latihan, seperti yoga, latihan pernapasan, dan olahraga teratur. Selain sehat, olahraga juga bisa memperbaiki kulit Anda. Tambahkan pula asupan vitamin C untuk menghilangkan stres dan membuat tubuh lebih sehat.

4. Pilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat
Setiap orang mmepunyai jenis kulit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pilih produk perawatan kulit yang tepat untuk Anda. Jika jerawat muncul sebelum Anda bisa mencegahnya, cari produk penghilang jerawat yang cocok bagi kulit. Produk yang ‘salah’ akan mengakibatkan masalah pada kulit.

5. Jangan Pecahkan Jerawat dengan Paksa
Jika Anda menekan jerawat supaya cepat hilang dapat menyebabkan infeksi sehingga membuat jerawat tumbuh lebih banyak. Selain itu, jerawat yang ditekan secara paksa bisa menimbulkan bekas dan flek.

6. Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari
Rutin membersihkan wajah dua kali sehari untuk mencegah datangnya jerawat. Jika Anda berpergian dengan mengenakan make up, pastikan hapus riasan wajah semua sebelum tidur. Bersihkan menggunakan kapas dan pembersih wajah supaya benar-benar bersih secara keseluruhan. Make up yang tidak dibersihkan juga dapat menimbulkan bintik merah mengganggu.

7. Ganti Handuk Setiap Hari
Bila Anda sedang jerawatan, jangan mengeringkan kulit dengan cara menggosokkan handuk, tapi lebih baik ditepuk-tepuk agar jerawat tidak menyebar. Anda pun harus mengganti handuk setiap hari supaya bakteri dan kuman yang menempel pada handuk tidak menyebar ke bagian kulit lainnya.

8. Ganti Seprai Semingggu Sekali
Mengganti seprai seminggu sekali merupakan solusi yang baik untuk menghindari jerawat. Tambahkan juga handuk bersih di atas bantal untuk mengurangi kemungkinan bakteri atau kuman yang bisa menimbulan masalah kulit pada wajah Anda.

9. Gunakan Krim Malam
Jangan takut kulit semakin berminyak karena menggunakan krim malam. Bila Anda memakai produk yang tepat, krim dapat merawat kulit dengan baik. Di samping itu, krim wajah melindungi kulit dari jerawat dan cahaya yang menyinari permukaan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar