Senin, 26 September 2011

Sabtu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sabtu adalah hari ketujuh dalam satu pekan. Kata sabtu diambil dari bahasa ibrani, sabbat (שבת) yang berarti "dia berhenti".
Nama lain lagi untuk hari ini adalah Saniscara, yang diambil dari bahasa Sansekerta dan berarti planet Saturnus, mirip dengan pengertian dalam beberapa bahasa-bahasa di Eropa
Selain itu ada lagi kata dalam bahasa jawa, yaitu tumpek. Di Bali tumpek adalah hari sabtu kliwon
Hari Sabtu adalah hari istirahat dan hari beribadatnya umat yahudi. Sabtu adalah Hari Ketujuh Sabat. Hari perhentian Tuhan setelah menciptakan bumi dan seisinya [Alkitab] Hari sabat diciptakan untuk umat Kristiani dan Yahudi (Keluaran 20:8-11). Pada abad pertama Umat Kristen menguduskan Sabtu. Semua itu mulai dilupakan sejak Constantin mengubah Hari sabat dari Hari Sabtu ke Hari Minggu. Constantin membuat Hari Minggu sesuai kepercayaan Romawi (Hari penyembahan Dewa Matahari). Itulah sebabnya Umat Kristen sekarang menguduskan Hari Minggu. Hanya ada beberapa denominasi Kristen yang menguduskan Hari Sabtu (Sabat) yaituGereja Masehi advent hari ketujuh, Gereja Yesus sejati, Babtis Hari ketujuh, united church of god, an international association, messianic Judaism, (Yahudi yang percaya bahwa Yesus adalah Mesias Yahudi/Tuhan), Gereja ortodoks Ethiopia Tewahedo, dan Gereja Jemaat Allah Global Indonesia (Gereja Unitarian Indonesia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar