Rabu, 11 Januari 2012

Tips Mendekorasi Rumah Sesuai Tren Interior 2012

img Ingin mengganti tampilan interior rumah di awal tahun ini? Mungkin Anda bisa mengambil inspirasi dari tren interior 2012 yang diprediksi akan booming. Perkembangan tren interior tahun ini lebih mudah digabungkan dengan dekorasi rumah yang telah ada sebelumnya.

Artinya, Anda tidak perlu mengganti semua furnitur atau komponen yang telah ada hanya untuk memberi nuansa baru dalam rumah. Cukup dengan menambahkan atau mengganti warna dinding sesuai dengan tren yang berkembang. Ini dia tips mendekorasi rumah sesuai tren interior 2012, yang dikutip dari Times of India.

1. Ganti Warna 
Tak ada salahnya jika Anda mengganti tema interior dengan warna-warna yang menjadi tren tahun ini, seperti emerald (hijau), ruby (merah), amethyst (ungu), safir (biru) atau coral. Kombinasikan warna-warna terang ini dengan palet yang lebih lembut seperti ivory, coklat, silver, abu-abu muda atau off white. 

Tren warna tahun ini merepresentasikan tiga kategori; earthy, gelap dan batu perhiasan. Jika memilih palet netral, Anda bisa menggunakan khaki, taupe (abu kecoklatan), camel (coklat muda) atau abu-abu kehitaman. Sementara untuk nuansa earthy, bisa memilih merah dan kuning. Untuk menghangatkan suasana rumah, bisa memadukan palet kuning dan merah. Sementara warna tosca akan membuat aura rumah lebih bernergi.

2. Permainan Tekstur
Permainan tekstur juga salah satu yang akan menjadi tren dalam interior rumah di 2012 ini. Jangan ragu untuk mengombinasikan dua macam bahan sekaligus, misalnya sutera yang dilapisi wool untuk tirai dan interior kamar. Gabungan dua tekstur yang kontras (lembut dan tegas) akan membuat tampilan rumah lebih unik dan menarik, namun tetap sedap dipandang mata.

3. Material Mewah & Elegan
Tren interior untuk 2012 lebih condong ke tampilan yang mewah sekaligus elegan. Anda mungkin perlu mempertimbangkan marmer, elemen kayu, kulit atau wool. Material tersebut mudah diaplikasikan ke ruangan manapun dan bisa memberi nuansa mewah serta nyaman secara instan. Misalnya saja, karpet wool di ruang keluarga, meja makan dari marmer atau sofa kulit. Anda juga bisa menempatkan cermin besar, wallpaper bermotif atau pajangan perak untuk menambah cahaya pada ruangan.

4. Furnitur
Furnitur berlapis kain akan lebih banyak tekstur dibandingkan motif. Sofa-sofa berukuran besar akan tergantikan dengan kursi-kursi untuk menciptakan ruang yang lebih fleksibel dan memudahkan tiap komponen dalam ruangan untuk 'berinteraksi. Elemen kayu masih akan disukai, tapi terjadi pergeseran warna dari mahogany gelap dan espresso ke kayu-kayuan yang lebih ringan dan berwarna terang.

5. Aksen
Apakah Anda penyuka gaya klasik dan elegan atau clean dan modern, penempatan aksesori memiliki pengaruh besar dalam menciptakan tampilan ruangan yang diinginkan. Jangan membiarkan ruangan Anda kosong, tempatkan hiasan seperti cermin, wall-art, meja dan bantal hias atau vas bunga untuk mengubah dekorasi dan suasana secara instan.

Jangan takut memadukan material dan gaya. Cermin berbingkai kuningan dan berukir bunga cocok ditempatkan dalam ruangan berdesain minimalis. Jangan lupa untuk memilih dua material yang saling bertolak belakang untuk menciptakan keseimbangan penataan interior. Pastikan juga tidak ada barang yang tercecer dengan menempatkan keranjang atau rak cantik untuk menaruh majalah, buku dan barang-barang lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar