Jumat, 13 Januari 2012

7 Perlengkapan Menyusui untuk Ibu Bekerja

 Bagi Anda yang sedang hamil, menyiapkan perlengkapan untuk mendukung ibu menyusui juga perlu dilakukan. Apa saja? Tujuh peralatan ini tentunya tidak wajib semuanya Anda miliki. Anda sendiri yang menentukan apa saja dari tujuh peralatan di bawah ini yang Anda butuhkan:
1. Pemompa ASI
Bagi Anda ibu bekerja, pemompa ASI pastinya sangat dibutuhkan. Pilih pemompa yang paling membuat ibu merasa nyaman dan tidak sakit. Pemompa ini ada dua pilihan, elektrik dan manual. Tips memompa ASI, pernah wolipop tuliskan di sini.

2. Apron/Nursing Cover
Sejak beberapa tahun belakangan ini, apron menyusui semakin tren di kalangan ibu-ibu. Anda pun bisa menggunakannya saat akan memerah ASI di kantor atau dimanapun Anda berada.
3. Freezer
Freezer ini sangat penting untuk Anda yang memiliki stok ASI berlimpah. Ketimbang freezer di dalam lemari es, freezer khusus bisa menampung lebih banyak ASI Perah (ASIP) dan lebih tahan lama dinginnya. Sekarang ini Anda pun tidak perlu membelinya, ada beberapa orang yang menyewakan freezer tersebut.

4. Botol atau Plastik ASI
Setelah dipompa atau diperah, ASI sebaiknya disimpan di botol kaca yang tertutup rapat sebelum disimpan di freezer. Selain botol kaca, ibu juga bisa menggunakan plastik ASIP (ASI Perah).

5. Cooler Bag
Tas ini penting untuk membawa ASI yang sudah diperah saat ibu pulang dari kantor ke rumah. Pilih cooler bag yang bisa memuat semua perlengkapan ibu, seperti pemompa dan botolnya, botol tempat ASIP serta ice pack.
6. Ice Pack atau Gel Pack
Benda ini berguna agar ASIP lebih awet dinginnya. Langsung taruh ice pack atau gel pack begitu ibu tiba di kantor. Saat ibu pulang, taruh ice pack di dalam cooler bag bersama ASIP (ASI Perah).
7. Breast Pad
Breast pad dibutuhkan untuk menyerap ASI ibu yang berlebihan dan bisa kerap keluar secara tiba-tiba. Dengan menggunakan breast pad ini, baju kantor ibu bisa terhindar dari basah. Breast pad biasanya dilengkapi bantalan yang dapat menyerap ASI dan digunakan sekali pakai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar