Rabu, 18 April 2012

Cara Mengendalikan Kolesterol


cara mengendalikan kolesterol
Di dalam tubuh kita terdapat lemak yang terdiri dari kolesterol jahat yang Low Density Lipoprotein, dimana lemak ini menempel pada pembuluh darah. Sedangkan kolesterol baik yang dikenal dengan High Density Lipoprotein, merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh.
Kolesterol normal dalam tubuh adalah 160-200 mg, maka penumpukan kandungan LDL harus dicegah agar tetap dalam keadaan normal. Kolesterol yang ada pada tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Kolesterol tidak hanya dialami oleh orang gemuk, tapi orang yang kurus tidak berarti kolesterolnya rendah.
kolestrol juga dapat menimpa orang-orang yang masih muda seperti kita. Untuk mengendalikan kolestrol, kita harus berusaha menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kolestrol dalam darah agar tetap normal.

Berikut beberapa tips agar Anda dapat mengendalikan dan mengontrol kolesterol dalam darah.

1. Diet
Diet artinya melengkapi dan menyeimbangkan. Makanlah makanan yang bergizi lengkap serta sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak dan kolesterol. Makanlah makanan yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Memakan nasi saja dengan porsi lebih banyak dari sayur akan menambah karbohidrat yang nantinya berpotensi menjadi lemak dan meningkatkan kolesterol Anda. Cobalah menyeimbangkan antara karbohidrat dan makanan lainnya.
2. Jangan menggunakan minyak goreng lebih dari 3 kali pakai.
Ada beberapa orang yang masih menggunakan minyak goreng meskipun sudah dipakai berulang-ulang kali dengan alasan membuang minyak goreng yang masih sisa tersebut merupakan pemborosan. Padahal, minyak yang digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Masa Anda mau mempertaruhkan kesehatan Anda hanya demi minyak goreng? Alternatifnya, Anda sebaiknya mengurangi penggunaan minyak goreng ketika memasak sehingga tidak akan menyisakan banyak minyak untuk dipakai selanjutnya. Kurangi juga mengkonsumsi makanan yang digoreng karena makanan yang digoreng juga berpengaruh terhadap peningkatan kolesterol.
3. Konsumsi makanan berserat
Sebaiknya daripada mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan, perbanyaklah makanan yang mengandung banyak serat seperti misalnya gandum, kacang-kacangan, sayur, dan buah-buahan. Selain melancarkan pencernaan, makanan berserat dapat menyerap kolesterol dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.
4. Makanan sehat, hati-hati, berbahaya atau pantang?
Kalimat di atas memaksudkan agar sebaiknya Anda mengetahui makanan mana saja yang sehat, makanan yang sebaiknya dihindari atau dikurangi jumlah dalam mengkonsumsinya. Sebab makanan merupakan faktor penting sebagai penyumbang datangnya kolesterol. Telitilah dalam memilih makanan, terutama jika Anda bermaksud menjadikannya sebagai camilan. Jangan hanya memilih berdasarkan rasanya saja tetapi juga pengaruhnya terhadap kesehatan Anda sendiri.
5. Olahraga
Ayo bangun pagi dan lakukan olahraga rutin! Olahraga ringan namun dilakukan secara rutin lebih bermanfaat ketimbang melakukan olahraga yang berat, menguras banyak keringat serta lama namun mungkin hanya dilakukan sekali dalam sebulan. Yang terpenting, Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum henak berolahraga seperti lari, lompat, dan sebagainya. Lakukan olahraga setiap hari untuk menjaga berat badan tetap ideal.
6. Hindari alkohol dan merokok
Mengapa kita dianjurkan untuk menghindari alkohol dan juga merokok? Ya, tentu karena dua kebiasaan tersebut akan membuat kolesterol dengan mudah menumpuk dalam aliran darah dan cepat atau lambat akan menimbulkan penyakit pada tubuh Anda.
7. Konsumsi antioksidan
Antioksidan dapat kita temukan di buah-buahan seperti jeruk, strawbery, pepaya, wortel, atau labu. Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buah-buahan secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih juga diyakini dapat menurunkan kadar koleterol. Jadi, mulai sekarang, sertakan bawang putih dalam setiap masakan Anda!

Tidak begitu rumit dan tidak begitu sulit untuk dilakukan, bukan? Hal yang simple dan mudah, namun jika dilakukan dengan rutin akan memberikan manfaat yang sangat bernilai harganya. Semoga tips ini dapat membantu anda mengendalikan dan mengontrol kolesterol yang berlebihan pada tubuh Anda. Jangan biarkan kolesterol merusak kesehatan tubuh anda. Selamat mencoba ya :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar