Kamis, 19 April 2012

Tips Diet Sehat untuk Wanita 30 Tahun Keatas

imgDiet yang sehat pada dasarnya memasukkan berbagai jenis makanan seperti sayuran, buah segar, sereal, gandum utuh dan protein ringan (ikan, ayam, telur). Namun bagi wanita dia atas usia 30 yang ingin diet, perlu beberapa makanan khusus yang kaya akan vitamin dan protein.
 
Makanan-makanan tersebut penting untuk melawan penyakit, menjaga kesuburan dan yang terpenting, kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bila Anda berusia 30 tahun atau lebih dan ingin menjalani pola diet yang sehat, ikuti tips berikut ini, yang dikutip dari Boldsky.

1. Makanan Kaya Zat Besi
Setiap bulannya, wanita kehilangan banyak zat besi dari tubuh karena menstruasi. Kekurangan zat besi akan membuat tubuh Anda lemah dan mengurangi pembentukan darah merah. Maka dari itu, konsumsilah makanan kaya zat besi untuk melawan kelelahan, mencegah anemia, kerontokan rambut dan sakit kepala. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, asparagus dan biji-bijian merupakan sumber zat besi terbaik, begitu juga hati ayam dan ikan tuna.

2. Buah Segar
Buah-buahan yang dimakan mentah menyediakan nutrisi yang cukup untuk wanita di atas 30 tahun, di mana pada usia ini, mereka membutuhkan lebih banyak zat besi dan kalsium. Masukkan buah pepaya, peach, stroberi, jeruk dan cranberry dalam menu harian Anda.

3. Kalsium
Nutrisi ini akan bermanfaat lebih maksimal bagi tubuh jika dikonsumsi bersama Vitamin D dan magnesium. Pilihlah produk-produk olahan susu (keju, yoghurt) rendah lemak. Rajin juga mengonsumsi bayam, ikan salmon atau tuna panggang, telur, susu skim dan gandum utuh yang kaya kalsium. Protein hewani bisa menyerap kalsium dalam tubuh, jadi sebaiknya kurangi konsumsinya. Sebagai pengganti protein, pilih yang berasal dari nabati seperti tahu, biji-bijian dan brokoli.

4. Lemak
Untuk mengurangi kolesterol jahat, wanita 30 tahun atau lebih harus mencukupi asupan lemak tak jenuh. Jenis lemak ini melindungi Anda dari penyakit jantung, menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah tinggi. Lemak sehat juga meningkatkan pembentukan sel darah merah dan sirkulasi darah di dalam tubuh. Kacang almond, mede, oatmeal, pasta, roti gandum, wijen dan biji labu merupakan sumber lemak sehat. Begitu juga dengan minyak tumbuh-tumbuhan dari zaitun, canola dan biji anggur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar