Selasa, 17 April 2012

Trik Atasi Keluarga Suami yang Suka 'Menusuk' dari Belakang

imgKeluarga suami menjadi keluarga Anda setelah menikah. Namun, tidak mudah beradaptasi dengan lingkungan keluarga yang berbeda. Mungkin ada beberapa saudara dari suami yang kurang menyukai Anda sehingga mereka sering membicarakan Anda dari belakang. Anda pasti merasa sangat terganggu. Lalu, bagaimana mengatasinya? Padahal Anda tidak ingin terjadi selisih dengan keluarga pasangan.
 
Berikut trik yang bisa digunakan saat menghadapi anggota keluarga yang suka menjelek-jelekan Anda dilansir dari Live Strong.

1. Tetap Bersikap Tenang
Jangan marah atau malah berlaku kasar ketika Anda mendengar komentar tidak enak dari salah satu anggota keluarga suami. Ambil napas sedalam mungkin, lalu buang untuk menetralisir rasa emosi Anda. Jangan melibatkan pihak yang tidak berkepentingan atau bisa menjadi masalah serius. Konflik Anda hanya kepada orang yang menyebarkan gosip tersebut. Langkah pertama, mengklarifikasi masalah dengan fakta yang sebenarnya.

2. Bertanya Secara Pribadi kepada Pihak yang Menyebarkan Gosip
Meminta waktu berdua dengan orang yang menyebarkan gosip tentang Anda. Cari tahu dari mana dia bisa berkata seperti itu. Mungkin dia tidak tahu kebenaran informasi yang dia katakan. Percakapan sebaiknya dilakukan hanya berdua, tanpa campur tangan orang lain, serta di tempat yang tenang.

3. Berbicara Langsung dengan Pihak yang Menjelekkan Anda
Setelah mengetahui siapa sumber masalah Anda, temui dan bicarakan semuanya dengan tenang tanpa emosi. Cari tahu alasan mengapa dia ‘menusuk’ Anda dari belakang. Dia mungkin pernah sakit hati dengan perkataan atau perbuatan Anda. Atau bisa saja alasannya kurang rasional, seperti cemburu karena keluarga dia lebih memperhatikan Anda. Jangan terbawa amarah ketika si ‘penusuk’ terbawa emosinya. Tetap bersikap lembut dan tenang supaya masalah tidak menjadi panjang.

4. Meminta Maaf
Mungkin Anda merasa tidak berada di posisi yang salah, tapi minta maaf bukan suatu tindakan yang memalukan. Walaupun dia yang seharusnya meminta maaf, tidak ada salahnya menyatakannya duluan. Tanpa sadar, Anda juga pernah menyakiti perasaannya. Kata maaf akan mendamaikan suasana. Mintalah agar dia berhenti menjelek-jelekan Anda. Dekati dia, lalu berikan dia kasih sayang yang tulus supaya dia mau terbuka serta jujur jika ada hal yang menyinggung dirinya.

5. Keluar dari Masalah
Keluar dari masalah merupakan jalan terakhir sebelum Anda mengalami masalah keluarga yang berkelanjutan. Sulit memang harus menerima omongan jelek tentang Anda dari orang lain. Akan tetapi, Anda harus bisa mengontrol perasaan agar tidak terpancing berkata kasar atau melakukan tindakan lain yang dapat merugikan diri sendiri. Berikan diri Anda waktu untuk mendinginkan pikiran agar tetap terkendali ketika bertemu dengan si 'penusuk'.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar