Kamis, 03 Mei 2012

4 Langkah Cegah Hiperpigmentasi

Wanita sering mengeluh tentang kulit wajah yang putih tidak merata akibat terdapatnya flek alias noda hitam. Dalam dermatologi, kondisi ini diberi nama hiperpigmentasi dan terjadi akibat adanya sel melanosit yang memproduksi pigmen atau melamin secara berlebihan.

Namun ternyata tidak hanya itu, bahaya hiperpigmentasi juga dapat menyebabkan kerutan, penuaan dini, kulit lebih sensitif dan yang paling mengerikan adalah tumor kulit. Meski pada umumnya hal ini lebih banyak terjadi pada wanita, namun hiperpigmentasi juga bisa terjadi pada pria.

Tanda awal yang paling banyak ditemukan adalah noda hitam. Walaupun terkesan remeh, jangan pasrah saja jika flek mulai mengganggu penampilan Anda. Menurut Dr. Abraham Arimuko. Sp.KK yang ditemui saat peluncuran produk perawatan wajah dari The Body Shop, ada 4 langkah untuk mencegah hiperpigmentasi:

1. Menghindari penyebabnya

Salah satu alasan mengapa tubuh memproduksi pigmen secara berlebihan adalah untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu, kesalahan pemilihan kosmetik dan faktor genetik juga menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi. 

2. Perawatan yang benar dan rutin
Kulit wajah merespon berbeda dari setiap jenis kosmetik yang dibubuhkan ke wajah, maka pilihlah yang paling tepat untuk kulit Anda. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan membersihkan wajah usai menggunakan kosmetik secara rutin.

3. Mengonsumsi makanan sehat
Mengonsumsi makanan yang mengandung antiradikal bebas tak hanya dapat mencegah flek atau noda hitam saja, tetapi juga menunda proses penuaan dini pada kulit.

4. Konsultasi ke dokter

Jika noda hitam tampak mulai serius mendominasi wajah Anda, segeralah konsultasikan masalah ini ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar