Senin, 16 Januari 2012

4 Perbedaan Pasangan Baru & Sudah Lama Menikah

 Banyak hal yang membedakan pasangan yang baru menikah dengan pasangan yang sudah lama menjalin hubungan rumah tangga. Anggapan yang sering beredar, pasangan yang baru menikah memiliki kehidupan seks yang lebih hebat. Sedangkan pasangan yang telah lama menikah, lebih mengenali pasangan dengan baik. Apakah anggapan itu benar? Simak empat perbedaannya, seperti yang dikutip dari Ehow.

1. Frekuensi Seks
Pasangan muda diketahui lebih sering melakukan seks ketimbang pasangan yang telah lama menikah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasangan menikah dengan rentang usia 12 sampai 29 tahun mampu melakukan hubungan seks sekitar 10 hingga 12 kali sebulan. Untuk pasangan berusia tua (40 sampai 50 tahun) rata-rata hanya bercinta sebanyak 4-7 kali tiap bulannya. Sementara pasangan menikah yang berusia di atas 70 tahun, cenderung melakukan hubungan intim kurang dari dua kali dalam sebulan.

2. Pengetahuan Mengenai Pasangan
Anggapan bahwa pasangan yang telah lama menikah lebih mengenali pasangan mereka, tampaknya tidak selalu benar. Sebuah penelitian menemukan bahwa pengantin baru justru lebih baik dalam mengetahui kepribadian, sifat dan segala hal mengenai pasangannya.

Dalam penelitian yang melibatkan 38 pasangan muda (usia 19-32 tahun) dan 20 pasangan yang lebih tua (usia 62-78 tahun), para peserta diminta untuk memprediksi preferensi pasangan mereka. Hasilnya, pasangan pengantin baru memiliki jawaban yang lebih akurat daripada pasangan yang sudah lama bersama.

Hasil tersebut cukup mengejutkan, karena pasangan yang telah lama menikah awalnya diperkirakan telah memiliki waktu 'mengenal' lebih lama. Namun akhirnya hasil tersebut dikaitkan dengan adanya 'white lies' yang dilakukan oleh pasangan pengantin lama demi menghindari konflik.

3. Ekspresi Cinta
Kebanyakan orang berasumsi bahwa pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahannya jauh lebih bergairah dan romantis, lalu kemudian rasa cinta tersebut memudar dan menjadi stabil karena usia pernikahan. Hal itu diamini oleh sebuah studi yang menunjukkan, wanita akan mengalami puncak gairah cinta saat setelah menikah, dan mengalami penurunan yang tetap selama 33 tahun ke depan.

4. Faktor Kehidupan yang Buat Stres
Pasangan yang baru menikah seringkali memiliki dukungan dari pihak keluarga dan teman sehingga membuat mereka tak sulit menghadapi tekanan hidup seperti yang dialami pasangan yang sudah lama menikah. Beberapa penyebab stres yang biasanya dihadapi adalah cara membesarkan anak, menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi dan rencana pensiun. Sebagai pasangan yang mulai mengarah pada kehidupan usia senja, stres ini juga diakibatkan oleh berkurangnya dukungan yang didapat dari teman dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar