Rabu, 23 Mei 2012

Sakitnya Karena Hormon Ini, Obatnya dengan Makan Ini

imgHormon estrogen adalah hormon penting bagi perempuan yang berhubungan dengan kesuburan perempuan. Wanita akan mengalami beberapa masalah kesehatan karena pengaruh naik turunnya hormon estrogen.
 
Seperti hari-hari menstruasi adalah waktu yang paling menyakitkan bagi wanita setiap bulannya. Anda perlu mengatasi kondisi tubuh ketika menstruasi seperti kram perut, migrain, nyeri panggul dan pergolakan emosi dengan cara yang alami.

Berikut 10 cara alami untuk mengatasi masalah pada tubuh karena naik turunnya hormon estrogen ketika menstruasi, seperti dikutip dari ivillage, Rabu (23/5/2012) antara lain:

1. Meningkatkan Libido Dengan Roti Pisang

Naik turunnya hormon seks dapat menyebabkan kurangnya aliran darah ke alat kelamin, sehingga gairah menurun dan vagina kering. Namun sebuah studi menunjukkan roti pisang dapat meningkatkan aliran darah panggul sebanyak 40 persen dalam 10 menit.

"Para peneliti belum yakin mengapa, namun penelitian telah menunjukkan bahwa bau menarik roti pisang sebenarnya beralih pada pusat gairah di otak," kata Alan Hirsch, MD, direktur Chicago’s Smell and Taste Treatment and Research Foundation.

2. Meringankan Periode Berat Menstruasi Dengan Daging Sapi

Periode berat menstruasi membuat tubuh kehilangan banyak zat besi, sehingga dapat menyebabkan anemia. Kondisi ini dapat membuat pembuluh darah uterus lebih rapuh, memicu periode menstruasi yang lebih berat.

"Lebih dari 50 persen wanita dapat mematahkan siklus berat menstruasinya dalam waktu tiga bulan, hanya dengan menambah asupan zat besinya," kata peneliti UCLA.

Jadi, makanlah 4 ons daging sapi yang kaya zat besi setiap harinya. Jika Anda lebih suka makanan vegetarian, makanlah sereal, roti, biji-bijian lainnya dan makanan asam, seperti jeruk.

3. Mencegah Nyeri Panggul Dengan Air Mineral

Satu dari lima wanita merasakan nyeri panggul ketika menstruasi dan salah satu pemicunya adalah kekurangan magnesium. Magnesium sangat penting untuk relaksasi otot, mengurangi peradangan, menenangkan sistem saraf dan mencegah rasa sakit selama menstruasi

Namun magnesium dari makanan dapat berbahaya, tergantung dari tanah tempat tumbuhnya makanan tersebut. Tetapi untungnya magnesium ditemukan secara alami dalam air mineral yang mudah diserap.

Hanya minum dua gelas 12 sehari dapat membantu kekurangan mineral dan mengurangi nyeri panggul dalam waktu dua bulan.

3. Meringankan Migrain Karena Menstruasi Dengan Sayuran

Kemungkinan sakit kepala pada wanita selama menstruasi hingga 70 persen. Migrain ketika menstruasi tiga kali lebih parah daripada sakit kepala pada hari-hari biasa.

Dengan menambahkan sayuran ke dalam menu makanan Anda, migrain akan berkurang menjadi 66 persen lebih tidak sakit dalam waktu tiga bulan.

Itu karena, sayuran dikemas dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu otak saraf dan pembuluh darah berfungsi dengan baik, bahkan saat kadar hormon berfluktuasi.

4. Mencegah Mudah ​​Marah Dengan Kentang Panggang

Lonjakan hormon mempengaruhi fungsi sel otak dan meredam kemampuan otak untuk menghasilkan hormon serotonin yang berfungsi meningkatkan suasana hati. Sehingga Anda akan mudah marah dan dilanda kecemasan.

"Dengan makan kentang panggang akan menenangkan saraf Anda yang tegang hanya dalam waktu 10 menit dan membantu Anda merasa lebih tenang hingga enam jam," kata para peneliti di Massachusetts Institute of Technology.

Kandungan triptofan ditemukan dalam kentang, yang dibutuhkan untuk menghasilkan serotonin di otak.

5. Halau Kesedihan Dengan Gandum Murni

Perempuan rentan terhadap serangan emosional seperti bersedih ketika menstruasi. Gandum murni yang dikemas dengan vitamin B, mineral dan karbohidrat kompleks yang diperlukan otak akan membangkitkan suasana hati dan meningkatkan hormon, seperti dopamin, endorfin dan oksitosin.

7. Usir Kembung Menstruasi Dengan Kacang

Kembung ketika menstruasi mempengaruhi sekitar 60 persen wanita setiap bulannya. Produksi estrogen yang naik turun dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dari senyawa prostaglandin, yang kemudian beredar ke seluruh tubuh Anda.

Sehingga jaringan tubuh Anda akan menyerap kelebihan cairan, bukannya membuangnya keluar tubuh dan menyebabkan kembung.

Makanlah setengah cangkir kacang-kacangan jenis apapun setiap hari untuk mengurangi kembung. Kacang-kacangan kaya alfa-linolenat dan vitamin E yang menurunkan pembentukan prostaglandin dan menjaga retensi cairan yang lebih rendah sepanjang bulan.

8. Hindari Jerawat Dengan Sereal

Setidaknya satu dari empat wanita bermasalah dengan jerawat selama periode menstruasinya. Hal ini disebabkan karena siklus lonjakan hormon yang membuat kulit wajah memproduksi minyak berlebih dan mendorong pertumbuhan bakteri di dalam pori-pori.

Untuk mencegah masalah ini, cobalah mengalihkan menu sarapan telur ke sereal, seperti sereal jagung atau kismis.

Masing-masing porsi sereal berisi 15 miligram seng, mineral yang mempercepat pertumbuhan sel kulit baru yang sehat, membunuh bakteri, membantu menormalkan produksi hormon dan mencegah jerawat.

9. Atasi Kram Perut Dengan Yogurt

Rata-rata wanita mendapatkan sekitar 750 miligram kalsium dalam makanan sehari-hari, namun konsumsi kalsium sampai 1.200 miligram setiap hari dapat mengurangi intensitas kram menstruasi Anda.

Inflamasi prostaglandin yang menyebabkan kembung menstruasi, memicu kejang rahim yang menyakitkan. Tapi kalsium bertindak sebagai penenang otot yang kuat dan menjaga otot panggul rileks.

Makanlah secangkir yogurt setiap hari yang dikemas dengan 450 miligram kalsium.

10. Melawan PMS parah Dengan Minyak Ikan

Makan delapan ons ikan tiga kali seminggu mengurangi perubahan suasana hati bahkan melemahkan rasa sakit akibat PMS (pre menstruasi) yang begitu parah pada wanita. Hal itu juga dapat mengurangi risiko depresi ketika menopause.

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang mengurangi produksi senyawa pemicu nyeri, yaitu prostaglandin. Ikan juga meningkatkan kadar hormon antidepresan pada otak yang memberi efek menenangkan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar