Senin, 21 Mei 2012

5 Cara untuk Mengatasi Masa Sulit dalam Pernikahan

img Melalui masa sulit dalam kehidupan rumah tangga, jelas bukan sesuatu yang mudah. Terlilit hutang, PHK atau perselingkuhan, misalnya. Tetapi menurut Dr Phil, psikolog yang dikenal lewat talkshow Oprah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk atasi masa sulit. Ini dia cara tersebut, seperti yang dikutip dari situs resmi Dr Phil.

1. Memperbaiki Masalah
Ketika sedang berada dalam masalah, biasanya seseorang akan melampiaskan kemarahan kepada orang lain. "Anda mendapat tekanan, dan Anda pun secara reflek akan mulai membentai orang di sekitar. Saat itu Anda akan mulai merasa terisolasi dan sendirian," jelas Dr Phil. Ketimbang melakukan hal itu, sebaiknya selesaikan masalah dengan berbicara "kita sedang alami masalah yang buruk, tapi kita bisa menghadapinya bersama" kepada pasangan.

2. Cari Sumber Masalah
Saat dihadapi oleh masa yang sulit, tak jarang Anda atau pasangan akan saling menyalahkan satu sama lain. Bukannya memperbaiki, kebiasaan itu justru memperburuk keadaan. "Indentifikasi masalah dengan tepat, cobalah bekerja sama untuk menemukan solusi yang bijak," ujar Dr Phil.

3. Berkomitmen
"Jika Anda mengatakan akan mencari pekerjaan yang layak dengan sunguh-sungguh, maka lakukanlah. Apabila tidak serius, jangan mengatakannya! Jadilah menuasia yang terbuka dan mau menerima masukan dari pasangan, bahkan dengan mengorbankan ego Anda," kata Dr Phil lagi.

4. Mau Meminta Bantuan
Sesuatu yang dikerjakan bersama-sama, hasilnya akan jauh lebih baik. Oleh karena itu, jangan takut mengatakan bahwa Anda tidak bisa mengatasi masalah keuangan sendiri. "Selain terlalu mengeluarkan banyak energi, menyelesaikan masalah sendirian terkadang tidak memberikan hasil apapun," jelas Dr Phil.

5. Buat Daftar & Beraksi
Agar perencanaan dalam kehidupan rumah tangga dapat tertata dengan baik. Buatlah daftar rencana berdua. Setelah itu, lakukan satu persatu rencana yang telah disepakati bersama. "Perbedaan antara mimpi dan rencana adalah 'timeline'. Anda harus mengecek diri sendiri dan bertanya "Apakah saya sudah melakukannya?". Melakukan hal tersebut, tentu akan membuat pasangan merasa aman dan tenang.
sumber:wolipop.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar