Minggu, 29 Januari 2012

Cara Aman Pakai Make-up untuk Kulit Berjerawat

imgSaat jerawat menyerang, ia akan meninggalkan noda berupa bintik kecil, noda kemerahan atau kehitaman – yang sungguh tidak mengenakkan untuk dipandang. Anda tentu saja perlu ‘bekerja keras’ untuk menutupi atau bahkan menghilangkannya.
 
Namun, sebelum memakai make-up untuk meminimalisir tampilan jerawat di wajah Anda, jangan lupa perhatikan make-up yang cocok untuk kulit wajah Anda yang berjerawat. Berbagai jenis make-up yang dapat menutupi jerawat mungkin sangat Anda butuhkan, tapi jangan sampai justru memperparah tumbuhnya jerawat. Berikut tips make-up untuk kulit yang berjerawat, seperti yang dilansir Type F :

1. Gunakan Face Primer
Menggunakan face primer terlebih dahulu sesudah menggunakan pelembab dan sebelum menggunakan foundation merupakan cara untuk memulai menggunakan make-up yang tepat untuk menyembunyikan bekas jerawat. Face primer dapat menutupi bekas jerawat dengan sempurna karena di dalamnya terkandung silicone dan bahan-bahan sejenisnya.

2. Concealer 
Berikan perhatian ekstra terhadap bintik-bintik dan bekas kemerahan akibat jerawat pada wajah dengan memakaikan concealer. Sebaiknya, pakai concealer dengan warna satu kali lebih terang dari warna kulit wajah Anda agar dapat menutupi bekas jerawat. Namun, pastikan concealer yang Anda pakai adalah concealer yang bebas minyak karena minyak dapat memicu jerawat. Concealer dengan warna kuning atau hijau cocok untuk kulit wajah Anda yang berjerawat.

3. Bedak Tabur
Jika kulit Anda berminyak, bedak tabur bisa membantu mengurangi kilap pada wajah. Pilih jenis bedak tabur yang mengandung mineral agar tidak memicu tumbuhnya komedo dan jerawat. Bedak mineral juga tidak banyak mengandung zat kimia dan pengawet (dua bahan yang bisa memperparah jerawat). Hindari menggunakan bedak padat, karena biasanya mengandung lebih banyak minyak dan bisa menyumbat pori.

4. Make-up yang Mengandung Salicylic Acid
Jika Anda tidak hanya ingin menyembunyikan jerawat, tapi juga merawatnya, make-up dengan kandungan mineral cenderung aman untuk digunakan pada wajah Anda. Pilih produk make-up yang bisa menghilangkan minyak dan bakteri penyebab jerawat. Produk tersebut biasanya mengandung salicylic acid dan terkandung di beberapa jenis concealer dan foundation. Salicylic acid juga dapat mengurangi bekas jerawat dan menyembuhkan kulit yang teriritasi, sehingga kulit wajah Anda dapat kembali bersih dan bersinar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar