Jumat, 03 Februari 2012

5 Tips Memilih Bra untuk Ibu Menyusui

Saat ini banyak pilihan warna dan model bra. Namun, untuk ibu menyusui sebaiknya pilihlah bra yang nyaman untuk memudahkan Anda dalam memberikan ASI.

Bra menyusui memiliki perbedaan dengan bra pada umumnya. Bra menyusui biasanya memiliki celah yang memungkinkan payudara dikeluarkan tanpa membuka pengait bra.

Agar bra yang Anda pakai nyaman saat menyusui, berikut ini tips dalam memilih bra menyusui, seperti dikutip AskDrsears.
1. Memiliki penutup
Pilihlah bra yang bisa dibuka dan ditutup di tengah-tengah bra. Pilihlah, penutup bra yang mudah dibuka, agar Anda tidak perlu kerepotan saat membukanya.

2. Nyaman dikenakan
Bra harus pas, nyaman dan dapat menopang payudara Anda. Bra yang terlalu ketat dapat menyumbat pembuluh darah dan menghalangi aliran ASI.
3. Hindari bra kawat
Kawat yang mengelilingi bra dapat mempengaruhi aliran ASI. Produksi aliran ASI terletak pada payudara hingga ke belakang tulang rusuk dan ketiak, jadi hindarilah mengenakan bra underwire (bra berkawat).

4. Berbahan katun
Pilih bra yang berbahan 100 persen katun, agar kulit payudara dapat bernafas. Bahan sintetis dapat memungkinkan payudara bernafas, tapi ada beberapa bahan sintetis yang tidak dapat menyalurkan sirkulasi udara  dengan baik sehingga payudara menjadi lembab dan mendorong pertumbuhan bakteri.

5. Ukuran yang tepat
Untuk mendapatkan ukuran bra yang tepat adalah dengan mengaitkan pengait bra pada baris ke dua. Hal ini dilakukan agar memiliki ruang yang tersisa apabila payudara dan tulang rusuk membesar atau mengecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar