Senin, 12 Maret 2012

10 Cara Agar Karir Anda Semakin Berkembang

img Setiap tahun, Anda tentu memiliki harapan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Salah satunya mungkin ingin karir mengalami peningkatan. Jika memang hal itu harapan Anda, berikut ini bagian pertama dari 10 cara agar karir Anda semakin berkembang, tidak berhenti di satu titik saja.
 
1. Tetapkan Tujuan
Seperti dikutip dari iDiva, membuat daftar tujuan penting untuk dilakukan. Dengan mencatat apa yang ingin dicapai, dapat membuat Anda termotivasi untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Temukan Solusi Alternatif untuk Setiap Masalah
Ketika dihadapi masalah, Anda harus menemukan sekurang-kurangnya dua solusi alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut secara tenang. Biasanya solusi ke dua selalu lebih baik ketimbang daripada yang pertama.

3. Rapikan Ruang Kerja
Hindari hiasan yang terlalu ramai di meja maupun ruang kerja. Karena hal tersebut hanya dapat membuat Anda menjadi tidak fokus dalam bekerja. Letakkan pula segala file kerja di dalam laci sehingga jadi lebih tertata rapi. Semua ini akan membantu Anda tetap fokus pada pekerjaan, sehingga Anda dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan efisien.

4. Mengetahui Perkembangan Terbaru di Bidang Anda
Jika Anda bekerja di bagian IT kemudian memiliki pengetahuan yang baru tentang perkembangan dunia tersebut, maka Anda memiliki kesempatan untuk lebih unggul ketimbang rekan kerja lainnya dalam bidang yang sama.

5. Memiliki Role Model
Biasanya selalu saja ada rekan kerja atau senior yang membuat Anda merasa iri atas hasil kerjanya? Ketimbang rasa iri tersebut berdampak negatif, coba jadikan perasaan iri itu sebagai motivasi. Jadikan rekan kerja atau senior itu sebagai panutan untuk Anda. Nantinya, Anda bisa membandingkan bagaimana prestasi, pencapaian dan kemajuan Anda dengan mereka. Cara ini cukup mampu membuat Anda termotivasi untuk menjadi karyawan yang lebih baik.
6. Jangan Membawa Pulang Pekerjaan
Tak sedikit dari Anda biasanya membawa pulang pekerjaan yang belum selesai ke rumah. Padahal hal tersebut bisa membuat Anda menjadi lelah, frustasi dan stres. Untuk itu sebaiknya selesaikan semua pekerjaan Anda di kantor. Pada saat di rumah nanti saatnya menghabiskan waktu dengan keluarga dan beristirahat. Ini akan membantu Anda menjadi lebih rileks dan tenang.

7. Membuat Daftar
Biasakanlah untuk membuat daftar apa saja yang akan dilakukan setiap harinya. Misalnya hari ini Anda berencana menyelesaikan dua pekerjaan sekaligus dengan tepat waktu. Selain pikiran akan menjadi lebih jernih, Anda juga tahu butuh waktu berapa lama untuk menyelesaikan kedua tugas tersebut. Sehingga segala aktivitas yang dilakukan setiap harinya akan menjadi lebih produktif.

8. Seimbang
Apabila atasan menyuruh Anda untuk menyelesaikan tiga pekerjaan sekaligus dalam satu jam, jangan sampai Anda hanya bisa menuruti perintahnya. Katakanlah tidak jika memang keadaan tak memungkinkan. Anda juga tidak perlu menuruti segala perintah rekan kerja senior. Yang harus dilakukan yaitu seimbangkan keputusan untuk mengatakan antara 'Ya' dan 'Tidak' di tempat kerja. Karena kalau selalu menolak perintah mereka, Anda bisa dicap sebagai rekan kerja yang pemalas.

9. Membina Hubungan yang Baik dengan Senior
Membina hubungan yang baik dengan senior di kantor merupakan hal yang penting. Yang harus Anda lakukan adalah memberikan pekerjaan Anda tepat waktu dan bersikap santai.

10. Terorganisir
Aturlah segalam macam file kerja Anda sesuai abjad. Sehingga semuanya menjadi lebih terorganisir. Anda juga perlu membuat jadwal untuk menyelesaikan pekerjaan agar tidak keteteran.
sumber:wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar