Kamis, 15 Maret 2012

7 Langkah Cepat Menghilangkan Komedo

img Selain jerawat, masalah wajah yang mengganggu adalah timbulnya komedo. Komedo terjadi karena beberapa sebab seperti; keturunan, bakteri, makanan yang tidak terkontrol atau pengaruh hormon.
 
Anda pasti ingin komedo segera hilang, terutama jika ingin pergi ke suatu acara tertentu, yang dituntut tampil cantik. Berikut tujuh cara untuk membersihkan komedo lebih cepat, dilansir dari eHow.

1. Bersihkan wajah 2-3 kali sehari
Khususnya, pada bagian yang berkomedo dengan menggunakan pembersih anti bakteri. Komedo akan bertambah kalau Anda membiarkan debu, riasan wajah, atau keringat menempel terus seharian. Jadi, sangat disarankan untuk membersihkan wajah dua hingga tiga kali sehari.

2. Lakukan pengelupasan di daerah yang berkomedo memakai facial scrub
Hal itu akan menghilangkan sel kulit mati dan menumbuhkan sel kulit yang baru. Sel kulit mati dapat memperburuk keadaan komedo jika tidak segera diangkat. Anda bisa scrub wajah di bagian dahi, hidung dan dagu. Ketiga daerah tersebut merupakan tempat tumbuhnya komedo. 

3. Handuk Hangat
Letakkan kain yang telah direndam air panas ke atas permukaan wajah berkomedo. Panas akan membantu menghilangkan perih saat mengelupaskan komedo. Selain itu, handuk panas juga mengurangi adanya infeksi akibat pengangkatan tersebut.

4. Oleskan krim penghilang jerawat di atas kulit berkomedo 
Pilih krim yang mengandung benzoil peroksida. Benzoil peroksida adalah bahan yang baik untuk membunuh bakteri, menyerap minyak, serta cepat menghilangkan komedo dan jerawat.

5. Pergi ke salon untuk facial
Rawatlah kulit Anda di tempat facial. Dengan bantuan ahli, maka komedo akan keluar dari dalam kulit dengan cara yang lembut. Jangan mencoba mengeluarkan komedo sendiri, karena kulit dapat terinfeksi. 

6. Datang ke dokter kulit
Dalam beberapa kasus, dokter kulit dapat menyuntikkan cairan kortison langsung ke dalam komedo. Selain bisa mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada wajah, suntikan ini juga dapat membuat komedo tidak terlihat. Namun, menyuntik kortison tidak boleh terlalu sering. Anda hanya boleh menggunakannya ketika menghadiri acara penting yang mengharuskan Anda tampil maksimal saat itu.

7. Buat ramuan baking soda dan air secukupnya
Oleskan ramuan ini ke atas permukaan wajah yang berkomedo, diamkan selama 20 menit, lalu bilas. Baking soda akan menyerap kelebihan minyak yang terkandung dalam kulit wajah, menghapus bakteri, serta menghilangkan komedo yang membandel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar